Kunci Jawaban Modul 3.1 Pintar Kemenag: Penyesuaian Struktur Kurikulum MI pada EMA No. 450 Tahun 2024
Daftar Isi:
FOKUS akan mengupas lengkap mengenai kunci jawaban Modul 3.1 Pintar Kemenag yang penting untuk memahami penyesuaian struktur Kurikulum MI sesuai EMA No. 450 Tahun 2024. Artikel ini cocok untuk Bapak/Ibu Guru, pengajar, dan orang tua yang mendukung pembelajaran siswa agar lebih efektif.
Dengan mengikuti pembahasan kunci jawaban Modul 3.1, FOKUS berharap para pendidik dapat meningkatkan kompetensi sebagai tenaga profesional dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Baca juga: 10 Kunci Jawaban Part 2 Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Pintar Kemenag
Kunci Jawaban Modul 3.1 Pintar Kemenag Kurikulum Merdeka
Di bawah ini adalah jawaban dan pembahasan dari beberapa soal dalam Modul 3.1 yang mencakup penyesuaian struktur kurikulum dan tujuan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah (MI).
1. Soal 1: Beban Kerja Koordinator Projek P5RA
Pernyataan yang tepat tentang ketentuan beban kerja seorang yang bertugas sebagai koordinator adalah:
-
A. Beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 3 (tiga) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.
Jawaban: A
Penjelasan: Beban kerja seorang koordinator projek P5RA diukur dalam jumlah jam tatap muka yang disetarakan. Ketentuan ini menekankan pentingnya jam tatap muka minimal dan maksimal rombongan belajar yang dapat diampu koordinator, yaitu paling sedikit 24 jam per minggu dan maksimal 3 rombongan belajar.
2. Soal 2: Pilihan Seni Budaya di Kurikulum MI
Dalam struktur kurikulum MI, seni budaya meliputi beberapa jenis seni yang dapat dipilih oleh peserta didik. Pilihan seni tersebut TIDAK mencakup:
-
A. Seni tari
-
B. Seni musik
-
C. Seni rupa
-
D. Seni sastra
Jawaban: D
Penjelasan: Pada kurikulum MI, seni budaya meliputi seni tari, seni musik, dan seni rupa sebagai pilihan utama yang dapat dipilih siswa. Seni sastra tidak termasuk dalam pilihan seni budaya pada struktur kurikulum MI.
3. Soal 3: Tujuan Penyesuaian Struktur Kurikulum MI
Tujuan dari adanya penyesuaian Struktur Kurikulum MI pada EMA No. 450 Tahun 2024 adalah untuk…
-
A. Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi
-
B. Menyederhanakan bahan ajar
-
C. Meningkatkan waktu belajar siswa
-
D. Memperbaiki standar kompetensi lulusan
Jawaban: A
Penjelasan: Penyesuaian struktur kurikulum ini bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan di MI tetap relevan dengan perkembangan zaman, khususnya dalam hal teknologi. Dengan menyesuaikan kurikulum, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan dan peluang yang muncul dalam era digital saat ini.
Baca juga: 10 Latihan Terbaru IKM 4.28: Teknik Coaching dan Mentoring Pintar Kemenag
4. Soal 4: Komponen Utama dalam Struktur Kurikulum Merdeka
Pada Kurikulum Merdeka, struktur kurikulum dibagi menjadi dua komponen utama yaitu…
-
A. Intakurikuler dan ekstrakurikuler
-
B. Kegiatan ini dan kegiatan penutup
-
C. Kokurikuler dan ekstrakurikuler
-
D. Intakurikuler dan kukurikuler
Jawaban: A
Penjelasan: Dalam Kurikulum Merdeka, komponen intakurikuler mencakup semua kegiatan belajar yang dilakukan di dalam kelas, sedangkan ekstrakurikuler mencakup kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran reguler yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Pembagian ini membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih holistik bagi siswa.
5. Soal 5: Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Dalam Kurikulum Merdeka, bagaimana peran guru dalam implementasi kurikulum?
-
A. Guru diberikan kebebasan untuk menyesuaikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks lokal
-
B. Guru harus mengikuti setiap detail kurikulum tanpa modifikasi
-
C. Guru hanya perlu mengajar sesuai dengan buku teks yang disediakan
-
D. Guru tidak memiliki peran dalam penyesuaian kurikulum
Jawaban: A
Penjelasan: Dalam Kurikulum Merdeka, guru memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk menyesuaikan materi ajar agar lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan kondisi lokal di mana mereka mengajar. Ini memberikan ruang bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Peran aktif guru sangat penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan efektif.
Baca juga: Kunci Jawaban Terbaru Pelatihan IKM Pintar Kemenag Modul 4.28
6. Soal 6: Tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA)
Salah satu tujuan utama dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA) adalah:
-
A. Menciptakan generasi yang fokus pada kompetisi global tanpa nilai-nilai lokal
-
B. Mengutamakan pendidikan ekonomi di sekolah
-
C. Membentuk siswa yang hanya unggul di bidang akademis
-
D. Mengembangkan karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin
Jawaban: D
Penjelasan: Projek P5RA bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar mereka tidak hanya unggul dalam aspek akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral dan etika yang kuat, sesuai dengan ajaran Pancasila dan prinsip Rahmatan Lil ‘Alamin. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan siap berkontribusi positif terhadap masyarakat.
7. Soal 7: Prinsip Utama dalam Pendidikan Inklusif
Salah satu prinsip utama dalam pendidikan inklusif adalah…
-
A. Memberikan materi pembelajaran yang sama untuk semua siswa tanpa penyesuaian
-
B. Memisahkan anak dengan kebutuhan khusus dari siswa lain
-
C. Fokus hanya pada siswa dengan kecerdasan tinggi dan berprestasi
-
D. Menyediakan layanan pendidikan yang setara untuk semua anak tanpa diskriminasi
Jawaban: D
Penjelasan: Prinsip pendidikan inklusif menekankan pentingnya menyediakan akses yang setara kepada semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, untuk belajar dalam lingkungan yang mendukung dan tidak diskriminatif. Dengan demikian, setiap anak, terlepas dari latar belakang atau kemampuannya, berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Baca juga: Kunci Jawaban Lengkap Pelatihan Keluarga Sakinah PINTAR KEMENAG
8. Soal 8: Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah
Salah satu tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah adalah untuk…
-
A. Membuat siswa menjadi ahli dalam ibadah sholat dan baca Alquran
-
B. Melatih keterampilan beribadah siswa
-
C. Mengajarkan siswa untuk fasih berbicara dalam bahasa Arab
-
D. Membentuk siswa yang beriman dan berakhlak mulia berdasarkan ajaran Islam
Jawaban: D
Penjelasan: Tujuan utama dari Kurikulum Pendidikan Agama Islam di MI adalah untuk membentuk karakter siswa agar mereka menjadi individu yang beriman dan berakhlak mulia. Dengan pengajaran yang tepat, diharapkan siswa dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
9. Soal 9: Kategori Mata Pelajaran Agama Islam di MI Menurut KMA No. 450 Tahun 2024
Dalam KMA No. 450 Tahun 2024, mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah termasuk dalam kategori mata pelajaran…
-
A. Pilihan
-
B. Wajib
-
C. Pengembangan
-
D. Tambahan
Jawaban: B
Penjelasan: Mata pelajaran Agama Islam merupakan mata pelajaran wajib di Madrasah Ibtidaiyah, yang artinya semua siswa harus mengikuti pembelajaran ini sebagai bagian dari kurikulum. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua siswa mendapatkan pemahaman yang baik tentang ajaran Islam, yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian mereka sebagai umat Muslim.
10. Soal 10: Alokasi Waktu P5RA Berdasarkan Kelas
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama no. 450 tahun 2024, ada perbedaan antara struktur kurikulum kelas 1 dan kelas 2 hingga kelas 6. Jumlah alokasi waktu P5RA yaitu:
-
A. Kelas satu sebanyak 140 dan kelas dua sebanyak 108
-
B. Kelas satu sebanyak 144 dan kelas dua sebanyak 118
-
C. Kelas satu sebanyak 144 dan kelas dua sebanyak 108
-
D. Kelas satu sebanyak 140 dan kelas dua sebanyak 118
Jawaban: C
Penjelasan: Penetapan jumlah alokasi waktu untuk P5RA di kelas 1 dan kelas 2 menunjukkan upaya untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan siswa di tingkat yang berbeda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa siswa memiliki cukup waktu untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila serta karakter yang diharapkan dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah.
Kesimpulan
Pembahasan kunci jawaban ini membantu FOKUS memahami lebih dalam mengenai tujuan dan penyesuaian dalam struktur Kurikulum Merdeka MI berdasarkan EMA No. 450 Tahun 2024. Dengan penyesuaian ini, diharapkan kurikulum dapat lebih selaras dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa.
Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, peran aktif guru, penerapan prinsip inklusif, serta penyesuaian Kurikulum Pendidikan Agama Islam di MI juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan agar pembelajaran lebih berfokus pada pengembangan karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin.
Baca juga: 10 Kunci Jawaban Modul 3.1 Materi AI dalam Pembelajaran pada Pintar Kemenag
Semoga artikel kunci jawaban Modul 3.1 Pintar Kemanag Kurikulum Merdeka, tujuan penyesuaian Sturktur Kurikulum Mi pada EMA No. 450 Tahun 2024 membantu para pendidik dalam memahami setiap aspek Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah.