Seni rupa adalah dunia yang kaya akan variasi, tidak hanya dari segi dimensi dan fungsi, tetapi juga dari masa pembuatannya. Memahami perbedaan ini akan memperkaya apresiasi kita terhadap karya-karya seni yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Daftar Isi:
Seni rupa menjadi favorit banyak orang, baik muda maupun dewasa, laki-laki dan perempuan. Menurut e-Modul Seni Rupa Dua Dimensi terbitan Kemendikbud oleh Muheri Palwanto, seni rupa adalah karya seni dengan media yang dapat ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.
Seni Rupa Berdasarkan Dimensi
1. Seni Rupa Dua Dimensi
Seni rupa dua dimensi terwujud dalam medium yang beragam, baik alami maupun sintetis. Objeknya bisa berupa abstrak atau menyerupai kenyataan di sekitar kita.
Contoh karya dua dimensi meliputi:
- Gambar ilustrasi
- Arsitektur
- Lukisan
- Sketsa
- Kartun
- Karikatur
- Vinyet
- Siluet
- Cetak tinggi
- Poster
- Fotografi
- Grafiti
- Kaligrafi
Teknik menggambar dua dimensi meliputi:
- Teknik linear: Menggambar dengan garis lurus atau lengkung.
- Teknik blok: Menggunakan satu warna untuk menutup objek gambar.
- Teknik arsir: Menggunakan garis sejajar atau menyilang untuk efek gelap-terang.
- Teknik dusel: Menggunakan goresan pensil yang kemudian disapu.
- Teknik pointilis: Menggunakan titik-titik untuk membentuk objek.
- Teknik aquarel: Menggunakan cat air dengan sapuan warna tipis.
- Teknik plakat: Menggunakan cat pekat seperti akrilik atau cat minyak.
- Teknik semprot (air brush): Menggunakan alat semprot khusus.
- Teknik cetak: Menggunakan peralatan cetak dan tinta.
2. Seni Rupa Tiga Dimensi
Seni rupa tiga dimensi atau trimatra memiliki panjang, lebar, dan tinggi, sehingga dapat dinikmati dari berbagai arah. Contoh seni tiga dimensi meliputi:
- Patung
- Bangunan
- Boneka
- Desain produk
3. Seni Rupa Empat Dimensi
Seni rupa empat dimensi atau seni berbasis waktu adalah fenomena baru yang mencakup:
- Video: Menampilkan gerak dan bunyi.
- Pertunjukan (happening): Melibatkan perupa yang beraksi.
- Seni media baru: Interaktif seperti digital, animasi komputer, dan robotika.
Seni Rupa Berdasarkan Fungsi: