Selamat datang para pendidik hebat! Kali ini, kita akan membahas soal dan kunci jawaban post test PembaTIK Level 2 Implementasi Tahun 2024 (Bagian 3). Artikel ini dirancang untuk membantu Anda memahami dan menjawab soal-soal ini dengan baik, serta memanfaatkan materi sebagai referensi belajar. Ayo, simak penjelasannya dengan seksama!
Daftar Isi:
Panduan Umum
Di Level 2 Program Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis TIK–PembaTIK Tahun 2024, fokus utamanya adalah “Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka.” Pastikan Anda sudah mempelajari semua materi dan mengikuti tahapan yang ditetapkan, termasuk menyelesaikan post test, membaca materi, mengunduh modul, serta mengikuti aktivitas pembelajaran.
Soal-soal post test ini bisa dikerjakan mulai 31 Agustus hingga 1 September 2024. Program PembaTIK bertujuan agar para pendidik dapat menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran secara efektif. Pastikan Anda menggunakan akun belajar.id yang telah didaftarkan untuk menyelesaikan post test, dan ingat, ada 3 kesempatan untuk mengerjakan post test yang harus dilakukan secara mandiri. Nilai terakhir yang Anda peroleh akan dihitung.
Baca juga:
- Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 1) Inovasi Pembelajaran Digital sebagai W
- Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 2) Inovasi Pembelajaran Digital
Harap diingat, dilarang menyebarluaskan soal atau jawaban, dan pelanggar akan didiskualifikasi oleh penyelenggara. Jadi, mari kita mulai dengan membahas soal dan kunci jawaban di bawah ini!
Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024
Soal 1
Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?
- A. Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
- B. Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.
- C. Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.
- D. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.
- E. Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.
Jawaban: D. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.
Penjelasan: Sumber belajar digital memang menawarkan banyak manfaat seperti interaktivitas, pengurangan ketergantungan pada buku cetak, dan peningkatan motivasi siswa. Namun, tidak ada teknologi yang bisa sepenuhnya menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran. Guru tetap memegang peran sentral dalam memfasilitasi dan membimbing proses belajar.
Soal 2
Bu Sofia, seorang guru Bahasa Inggris, menemukan bahwa murid-muridnya kurang termotivasi karena kesulitan memahami materi. Langkah awal yang sebaiknya Bu Sofia lakukan dalam memanfaatkan PMM adalah:
- A. Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
- B. Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.
- C. Langsung membuat modul ajar menggunakan fitur Perangkat Ajar.
- D. Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.
- E. Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.
Jawaban: A. Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
Penjelasan: Langkah pertama yang bijaksana adalah menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengevaluasi pemahaman siswa. Ini akan memberikan Bu Sofia gambaran jelas tentang tantangan yang dihadapi siswa dan membantu merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Soal 3
Seorang guru IPA menyelenggarakan pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa media berbasis web. Proses pembelajaran dilakukan secara sinkronus di kelas dan asinkronus. Penerapan pendekatan TPACK yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut ….
- A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital.
- B. Kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus.
- C. Pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi.
- D. Model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered).
- E. Pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvensional.
Jawaban: A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital.
Penjelasan: Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran yang berbasis sumber digital. Penggunaan media berbasis web secara sinkronus dan asinkronus menunjukkan penerapan pembelajaran inkuiri dan pemanfaatan teknologi yang komprehensif.
Soal 4
Pendekatan TPACK diperlukan guru dalam mengembangkan pembelajaran digital maupun salah satu subsistem di dalamnya. Apabila seorang guru sudah kompeten dalam merancang strategi dan mengelola pembelajaran serta menguasai substansi pelajaran dengan baik, maka unsur TPACK yang harus ditingkatkan guru tersebut adalah ….
- A. Pedagogical knowledge
- B. Content knowledge
- C. Innovation knowledge
- D. Curriculum knowledge
- E. Technological knowledge
Jawaban: E. Technological knowledge.
Penjelasan: Technological knowledge adalah unsur TPACK yang perlu ditingkatkan jika guru sudah kompeten dalam strategi pengajaran dan pemahaman konten. Memperkuat pengetahuan teknologi akan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan alat digital secara efektif dalam pembelajaran.
Soal 5
Kelemahan lingkungan belajar luring adalah …
- A. Umpan balik langsung
- B. Kontrol kelas langsung
- C. Terbuka akan praktik langsung
- D. Biaya tinggi untuk fasilitas
- E. Konteks sosial yang kaya
Jawaban: D. Biaya tinggi untuk fasilitas.
Penjelasan: Lingkungan belajar luring sering menghadapi biaya tinggi untuk fasilitas. Ini merupakan salah satu kelemahan yang dapat menghambat implementasi pembelajaran tradisional dibandingkan dengan pembelajaran digital yang lebih fleksibel.
Soal 6
Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?
- A. Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
- B. Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.
- C. Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.
- D. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.
- E. Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.
Jawaban: D. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.
Penjelasan: Sama seperti soal pertama, sumber belajar digital memang banyak memberikan manfaat dalam meningkatkan interaktivitas dan motivasi siswa. Namun, peran guru tetap tidak bisa digantikan oleh teknologi.
Soal 7
Implementasi pembelajaran digital tidak sekadar menghadirkan penggunaan perangkat teknologi dalam proses belajar tapi perlu metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil, misalnya dalam bentuk ….
- A. memanfaatkan aplikasi rapor hasil belajar digital
- B. menerapkan fitur pengisian daftar hadir pada kelas digital
- C. menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah
- D. menggunakan aplikasi vicon untuk berdiskusi secara klasikal
- E. mengembangkan beragam media pembelajaran digital
Jawaban: C. menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah.
Penjelasan: Pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah adalah metode yang relevan dan efektif dalam pembelajaran digital. Ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan memecahkan masalah secara kolaboratif, menggunakan teknologi sebagai alat bantu.
Soal 8
Bu Anita, seorang guru SD, ingin mengajarkan konsep pecahan kepada peserta didiknya. Ia menemukan beberapa konten di Portal Rumah Belajar, seperti video pembelajaran dan permainan interaktif. Bagaimana Bu Anita dapat mengoptimalkan penggunaan konten-konten ini dalam pembelajarannya?
- A. Meminta siswa memilih konten yang mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.
- B. Membuat konten sendiri yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah Belajar.
- C. Memilih satu konten yang paling menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.
- D. Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi.
- E. Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.
Jawaban: D. Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi.
Penjelasan: Menggunakan video sebagai pengantar dan permainan untuk memperkuat konsep adalah cara yang sangat efektif untuk mengoptimalkan konten pembelajaran. Ini membuat proses belajar menjadi lebih dinamis dan menarik.
Soal 9
Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah…
- A. Tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh.
- B. Meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan.
- C. Kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan.
- D. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya.
- E. Berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah.
Jawaban: C. Kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan.
Penjelasan: Kebutuhan peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran yang kontekstual dan relevan adalah faktor utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital. Ini memastikan bahwa teknologi yang digunakan dalam pembelajaran benar-benar memenuhi kebutuhan dan preferensi siswa, membuat mereka lebih terlibat dan termotivasi.
Soal 10
Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah…
- A. Membaca buku teks dan mengerjakan soal.
- B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar.
- C. Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi.
- D. Menggambar poster pada kertas.
- E. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual.
Jawaban: E. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual.
Penjelasan: Discovery Inquiry Learning berfokus pada pembelajaran aktif di mana siswa menjelajahi dan menemukan konsep secara mandiri. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual adalah contoh kegiatan yang mendukung pembelajaran berbasis penemuan, memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Soal 11
Pak Budi mencari sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan seperti Rumah Belajar dan laman Youtube. Sumber belajar yang bermanfaat bagi Pak Budi untuk membantu peserta didiknya dalam mempersiapkan ujian adalah….
- A. Modul pembelajaran dan latihan soal berbasis web.
- B. Video tutorial tentang cara penggunaan LMS.
- C. Berita terkini tentang perubahan kurikulum.
- D. Aplikasi pembaca berita pendidikan.
- E. Forum diskusi guru tentang pelaksanaan ujian.
Jawaban: A. Modul pembelajaran dan latihan soal berbasis web.
Penjelasan: Modul pembelajaran dan latihan soal berbasis web adalah sumber belajar yang paling langsung dan relevan untuk mempersiapkan ujian. Ini menyediakan materi dan latihan yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan ujian, sehingga sangat membantu siswa dalam persiapan akademis mereka.
Kesimpulan
Demikianlah soal dan kunci jawaban post test PembaTIK Level 2 Implementasi Tahun 2024 (Bagian 3) mengenai Inovasi Pembelajaran Digital. Dengan memahami dan mempraktikkan materi ini, Anda akan lebih siap untuk mengimplementasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan memastikan bahwa pendekatan yang digunakan relevan serta efektif. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menghadapi post test dengan lebih percaya diri!