Narasi Capaian Pembelajaran Raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka Semester 2 Apa Saja?

fokus edukasi
Pendidikan

Dalam artikel ini, kita akan mengupas narasi capaian pembelajaran raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka semester 2 secara rinci. Artikel ini bertujuan membantu para guru dan orang tua memahami kemajuan yang dicapai anak-anak selama semester kedua. Dengan informasi ini, guru dapat melaporkan perkembangan murid kepada orang tua, yang pada gilirannya dapat mendukung anak lebih giat belajar.

NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI

Pada bagian Nilai Agama dan Budi Pekerti, kita akan melihat bagaimana seorang murid, Rizki Akbar, menunjukkan kemajuan dalam aspek spiritual dan moral.

  1. Kegiatan Ibadah Wajib: Rizki sudah mulai bisa mengenali berbagai kegiatan ibadah wajib.
  2. Doa Harian dan Praktik Ibadah: Dia dapat mengikuti doa harian dan praktik ibadah di sekolah dengan tertib.
  3. Perilaku Baik: Rizki menunjukkan perilaku yang baik sesuai ajaran agama, termasuk membantu teman, menunjukkan sikap hormat, dan bersyukur ketika menerima sesuatu.
  4. Permintaan Maaf: Rizki juga mau meminta maaf ketika berbuat kesalahan, menjaga kebersihan, dan menunjukkan tata krama yang baik dalam presentasi dan berbicara.
  5. Menghormati Perbedaan Agama: Selain itu, Rizki sudah mulai mengenal dan menghormati perbedaan agama lain.

Keterlibatan dalam Kegiatan Agama

Partisipasi Rizki dalam kegiatan agama sangat baik. Ia tidak hanya ikut serta, tetapi juga memahami dan menerapkan ajaran-ajaran yang diajarkan di sekolah.

Baca juga: Contoh Narasi Raport TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 2 Kelulusan

JATI DIRI

Pada bagian Jati Diri, kita akan melihat bagaimana Rizki mengembangkan kesadaran dirinya dan kemampuan motoriknya.

  1. Keterlibatan dalam Kegiatan: Rizki menunjukkan kesediaan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga dan sering berinisiatif meminta gerak dan lagu kepada gurunya.
  2. Koordinasi Motorik Kasar: Rizki sudah bisa melakukan koordinasi motorik kasar seperti melempar dan menangkap bola, lompat, berdiri satu kaki, dan berlari dengan terampil.
  3. Kemampuan Motorik Halus: Kemampuan motorik halusnya seperti meronce, mewarnai, menempel, dan menggunting juga berkembang dengan baik.
  4. Pengelolaan Emosi: Rizki mampu mengenal dan mengelola emosinya dengan baik, misalnya saat marah, dan mau bergantian saat menggunakan mainan tanpa harus bantahan.
  5. Rasa Ingin Tahu Terhadap Budaya: Rizki menunjukkan rasa ingin tahu yang besar terhadap budaya bangsa.
BACA JUGA :  Apa yang Bapak/Ibu dapat lakukan untuk membantu mengoptimalkan menghargai perbedaan individu di kelas

Peningkatan Keterampilan Sosial dan Emosional

Dengan keterlibatannya dalam kegiatan olahraga dan kesenian, Rizki mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting. Ini mencakup kemampuan bekerja sama dengan teman, menunjukkan inisiatif, dan mengelola emosi dengan baik.

DASAR LITERASI DAN MATEMATIKA, SAINS, TEKNOLOGI

Pada bagian Dasar Literasi dan Matematika, Sains, Teknologi, kita akan melihat bagaimana Rizki mengembangkan keterampilannya dalam bidang akademik dasar.

  1. Pemahaman Simbol: Rizki sudah bisa memahami gambar, tanda, atau simbol, termasuk angka dan huruf.
  2. Membaca Kata Sederhana: Dia mulai bisa membaca kata-kata sederhana dan mengenal konsep hitungan angka 1-20.
  3. Pengelompokan Benda: Rizki bisa mengelompokkan benda sesuai bentuk dan ukuran, serta membedakan berbagai macam warna dan rasa.
  4. Respons Percakapan: Rizki juga bisa merespons dengan tepat saat terlibat dalam percakapan.
  5. Aktivitas Gerak dan Lagu: Dia senang mengikuti kegiatan dengan aktivitas gerak dan lagu.

Kemajuan Akademik yang Mengagumkan

Perkembangan Rizki dalam literasi, matematika, sains, dan teknologi menunjukkan kemajuan yang signifikan. Ini adalah dasar yang kuat untuk pembelajaran lebih lanjut di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada bagian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kita akan melihat bagaimana Rizki terlibat dalam kegiatan yang memperkuat profil Pelajar Pancasila.

  1. Pelaksanaan Kegiatan HUT Kemerdekaan RI: Rizki berperan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI bulan Agustus yang lalu. Dia mengikuti lomba estafet bola dan lari kelereng dengan semangat dan ceria.
  2. Pentas Seni dan Karnaval Budaya: Meski masih malu-malu, Rizki sudah mulai menunjukkan rasa percaya diri saat mengikuti pentas seni dan karnaval budaya.
  3. Kegiatan Praktek Jamu Tradisional: Rizki sangat bersemangat saat mengikuti kegiatan praktek mengenal dan membuat jamu tradisional.
BACA JUGA :  Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD Halaman 36-46 Subtema 1 Pembelajaran 4: Kerja Keras Berbuah Kesuksesan

Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan-kegiatan ini membantu membentuk karakter Rizki sebagai pelajar yang berprofil Pancasila. Melalui keterlibatannya, dia belajar tentang kerjasama, semangat juang, dan rasa bangga terhadap budaya nasional.

MUATAN KEAGAMAAN & PENGEMBANGAN BTA

Bagian ini melihat perkembangan Rizki dalam Muatan Keagamaan & Pengembangan BTA (Baca Tulis Al-Quran).

  1. Kegiatan Murojaah: Rizki mau mengikuti kegiatan murojaah dengan tertib dan sudah bisa menghafal serta mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan.
  2. Doa Harian: Rizki sudah bisa menghafal doa untuk kedua orang tua, doa sebelum tidur, doa bangun tidur, dan doa keluar rumah.
  3. Huruf Hijaiyah dan Iqro: Dia mengenal huruf-huruf Hijaiyah dengan baik, bisa membaca Iqro jilid 1, mengamalkan, dan menghafal hadits “Larangan marah”, serta hadits tentang persaudaraan seorang Muslim.
  4. Hafalan Surat Pendek: Capaian hafalan surat pendek Rizki juga sesuai dengan sasaran.

Komitmen dalam Pembelajaran Agama

Rizki menunjukkan komitmen yang kuat dalam pembelajaran agama. Kemampuannya menghafal doa dan surat pendek menunjukkan dedikasinya yang luar biasa.

REFLEKSI ORANG TUA

Dalam Refleksi Orang Tua, kita melihat bagaimana guru dan orang tua dapat lebih mendukung perkembangan Rizki.

  1. Keterlibatan dalam Kegiatan Berkelompok: Guru dan orang tua akan lebih sering melibatkan anak dalam kegiatan-kegiatan berkelompok dan berbagai aktivitas dengan komunikasi dua arah secara intensif.
  2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri: Hal ini dilakukan agar Rizki lebih percaya diri dan lebih bersedia terbuka terhadap guru, keluarga, dan teman.

Kolaborasi antara Guru dan Orang Tua

Kolaborasi antara guru dan orang tua sangat penting untuk mendukung perkembangan anak. Dengan bekerja sama, mereka dapat membantu Rizki mencapai potensi maksimalnya.

Kesimpulan

Demikian tadi pembahasan lengkap mengenai narasi capaian pembelajaran raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka semester 2. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para guru dan orang tua dalam memahami dan mendukung perkembangan anak-anak mereka.

BACA JUGA :  Andi Adalah Siswa Kelas V SDN Pagi 09 dan Salah Satu Siswa yang Berprestasi

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *