Halo, para pelajar dan pengajar hebat! Selamat datang di artikel yang akan mengulas kunci jawaban lengkap untuk Modul 3.1, 3.3, 3.4, 3.5, dan 3.6 dari pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah oleh Pintar Kemenag. Artikel ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mengikuti pelatihan dan ingin memahami materi dengan lebih mudah. Yuk, simak pembahasannya!
Daftar Isi:
Tujuan Pelatihan
Pintar Kemenag mengadakan pelatihan ini dengan tujuan agar setiap madrasah menjadi pelopor inovasi dan berdampak pada kemajuan mutu pendidikan. Pelatihan ini menyasar kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para guru, dan pengawas agar memiliki wawasan tentang inovasi yang bisa dilakukan di satuan pendidikan masing-masing dan dapat berbagi praktik kepada orang lain.
Modul 3.1: Manajemen Berbasis Madrasah
Soal dan Jawaban
- Metode pengembangan manajemen berbasis madrasah yang dapat dilakukan adalah:Jawaban: B. Semua jawaban benar
- Manajemen berbasis madrasah adalah konsep manajemen yang berorientasi pada:Jawaban: A. Peningkatan mutu pendidikan
- Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:Jawaban: A. Melakukan evaluasi kurikulum
- Salah satu tugas kepala madrasah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:Jawaban: B. Semua jawaban benar
- Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk:Jawaban: D. Semua jawaban benar
- Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:Jawaban: A. Melakukan evaluasi dan pemantauan kegiatan
- Tujuan dari manajemen berbasis madrasah adalah:Jawaban: B. Semua jawaban benar
- Manajemen berbasis madrasah melibatkan pihak-pihak seperti:Jawaban: B. Semua jawaban benar
- Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk:Jawaban: D. Semua jawaban benar
- Salah satu prinsip manajemen berbasis madrasah adalah:Jawaban: A. Semua jawaban benar
Baca juga: Kunci Jawaban Soal Modul 3.11 Pembuatan Asesmen Pembelajaran Berbasis AI – Bagian 1 Pintar Kemenag
Modul 3.3: Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Praktik Terbaik)
Soal dan Jawaban
- Standar proses memiliki…. Kegiatan dalam pembelajaran:Jawaban: A. Tiga
- Kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan disebut:Jawaban: C. Standar kompetensi lulusan
- Berikut adalah hal-hal penting tentang standar kompetensi lulusan (SKL) kecuali:Jawaban: B. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah umum difokuskan pada raihan kejuaraan lomba baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan atau internasional.
- Peraturan yang mengatur tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan tercantum dalam:Jawaban: C. PP No 4 Tahun 2022
- Pasal 3 Ayat (2) dalam PP No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) menyebutkan bahwa SNP digunakan sebagai acuan:Jawaban: B. Pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
- Yang manakah di antara pernyataan berikut yang benar?Jawaban: E. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh pendidik dengan memberikan keteladanan, pendampingan, dan fasilitasi.
- Prosedur yang meliputi perumusan tujuan penilaian, pemilihan dan atau pengembangan instrumen, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian disebut:Jawaban: E. Mekanisme penilaian
- Berikut ini adalah dasar ruang lingkup materi yang dirumuskan dalam standar isi kecuali:Jawaban: C. Latar belakang
- Pilih satu pernyataan yang tidak benar terkait pelaksanaan pembelajaran:Jawaban: A. Guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, inspiratif dan menantang.
- Standar isi adalah:Jawaban: E. Kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu
Modul 3.4: Konsep Inovasi Madrasah
Soal dan Jawaban
- Tujuan dari Madrasah adalah:Jawaban: D. Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
- Salah satu yang termasuk karakteristik inovasi madrasah adalah:Jawaban: D. Kompatibel
- Lembaga pendidikan formal di bawah binaan Menteri Agama yang kurikulumnya mengacu pada kurikulum pendidikan nasional dan memiliki muatan agama lebih banyak dibanding sekolah umum, merupakan pengertian dari:Jawaban: B. Madrasah
- Penerapan hal-hal yang baru berupa ide, praktik, proses, pelayanan, ideologi, strategi atau objek dalam suatu pelaksanaan tugas sebagai penerapan pengetahuan dan berimplikasi pada perubahan, ini merupakan pemahaman tentang:Jawaban: A. Inovasi
- Madrasah yang terus menerus melakukan pembaharuan dalam merespon perubahan lingkungan, memiliki kemampuan mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan lembaganya, sehingga adaptif terhadap perubahan zaman disebut:Jawaban: D. Madrasah inovatif
- Inovasi yang dapat memberikan dampak positif bagi penerimanya adalah salah satu karakteristik inovasi madrasah:Jawaban: D. Keuntungan relatif
- Triabilitas merupakan inovasi yang:Jawaban: C. Suatu inovasi yang telah diuji coba sebelum di publish
- Hasil inovasi dan ciptaan dari bawahan dan dilakukan sebagai meningkatkan usaha penyelenggaraan dan mutu Pendidikan merupakan pengertian dari:Jawaban: D. Bottom up model
- Inovasi yang dilaksanakan dan diterapkan kepada bawahan dengan cara mengajak, menganjurkan bahkan bisa dengan memaksakan suatu perubahan disebut dengan model:Jawaban: B. Top down model
- Bentuk inovasi madrasah ada dua macam, yaitu:Jawaban: C. Top down Model dan bottom up model