Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 1) Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka
Halo, para pendidik dan calon inovator pembelajaran digital! Pada artikel ini, kita akan mengupas tuntas Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi Tahun 2024 (Bagian 1). Artikel ini tidak hanya memberikan jawaban, tetapi juga memaparkan penjelasan yang mendalam agar Anda benar-benar memahami materi dan dapat mengimplementasikannya dengan percaya diri di kelas.
Kata kunci utama yang harus diingat: Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 1) Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka.
Mari kita bahas soal-soal ini satu per satu dan pelajari lebih lanjut mengenai inovasi pembelajaran digital yang menjadi dasar dari Kurikulum Merdeka.
Tujuan Program PembaTIK
Sebelum masuk ke soal, mari kita tinjau kembali tujuan dari program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi). Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai alat dalam proses pembelajaran. Di Level 2, fokus utama adalah Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka. Para pendidik diharapkan dapat mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif, efektif, dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Modul Utama yang Dipelajari di Level 2 PembaTIK
Pada pelatihan Level 2, ada tiga modul utama yang harus dikuasai oleh peserta:
- Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21: Modul ini membahas bagaimana TIK dapat diintegrasikan dalam pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan pemikiran kritis.
- Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital: Modul ini memfokuskan pada penerapan berbagai model pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar digital, seperti e-book, video, dan aplikasi edukasi.
- Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran: Di modul ini, peserta diajak untuk memahami bagaimana mengelola kelas yang terintegrasi dengan TIK, termasuk penggunaan Learning Management System (LMS) dan alat-alat digital lainnya.
Setelah memahami tujuan dan modul-modul di atas, kita akan mulai membahas soal dan kunci jawaban dari Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024.
Soal dan Kunci Jawaban Pembatik Level 2 Implementasi 2024
Soal 1: Apa yang dimaksud dengan hypermedia dalam konteks pembuatan bahan ajar?
A. Media yang memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi
B. Media dengan warna-warni yang intens
C. Media yang hanya dapat diakses secara offline
D. Media cetak yang menarik perhatian
Jawaban: A. Media yang memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi
Penjelasan: Hypermedia adalah bentuk dari media digital yang menggabungkan berbagai jenis informasi, seperti teks, gambar, audio, dan video, dengan menggunakan hyperlink. Ini memungkinkan pengguna untuk menavigasi antara berbagai konten secara mudah dan interaktif.
Baca juga:
- Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 2) Inovasi Pembelajaran Digital
- Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 3) Inovasi Pembelajaran Digital
Soal 2: Mengkombinasikan dengan pembelajaran mandiri peserta didik dapat menentukan kecepatan belajarnya masing-masing. Ini merupakan kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu…
A. Self paced learning
B. Live event
C. Performance Support Materials
D. Assessment
E. Collaboration
Jawaban: A. Self paced learning
Penjelasan: Self-paced learning adalah fitur utama dalam hybrid learning yang memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri, memanfaatkan berbagai sumber daya digital untuk mendukung proses pembelajaran.
Soal 3: Pembelajaran digital sebagai sebuah sistem memiliki beragam komponen sebagai subsistem penyusun. Komponen pembelajaran digital meliputi unsur fisik dan non-fisik. Yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah…
A. Infrastruktur dan perangkat TIK
B. Infrastruktur dan metode pembelajaran
C. Regulasi dan kebijakan pendidikan digital
D. Program komputer dan kebijakan
E. Perangkat TIK dan strategi pembelajaran
Jawaban: A. Infrastruktur dan perangkat TIK
Penjelasan: Infrastruktur dan perangkat TIK seperti komputer, internet, dan perangkat lunak adalah elemen fisik yang sangat penting dalam pembelajaran digital. Tanpa infrastruktur ini, penerapan pembelajaran digital tidak akan mungkin dilakukan.
Soal 4: Contoh penerapan pendekatan TPACK dalam bentuk pengintegrasian TIK dalam strategi pembelajaran adalah…
A. Memanfaatkan fitur di Platform Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostik
B. Menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai ujian
C. Mengembangkan media video pembelajaran digital
D. Menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming
E. Memanfaatkan fitur tautan di LMS untuk pengumpulan tugas siswa
Jawaban: D. Menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming
Penjelasan: Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) menekankan pada penggunaan teknologi secara efektif dalam strategi pembelajaran. Brainstorming melalui forum diskusi digital adalah contoh nyata bagaimana TIK dapat diintegrasikan dalam metode pembelajaran kolaboratif.
Soal 5: Pak Budi mencari sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan seperti Rumah Belajar dan laman web https://www.abcya.com. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah….
A. Problem Based Learning
B. Station Learning
C. Game Based Learning
D. Project Based Learning
E. Discovery-Inquiry Learning
Jawaban: C. Game Based Learning
Penjelasan: Game Based Learning adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan elemen-elemen permainan untuk membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif. Situs seperti ABCya menyediakan permainan edukatif yang mendukung model ini.
Soal 6: Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran melibatkan…
A. Fokus pada hasil akhir
B. Metode pengajaran yang konvensional
C. Penilaian sumatif saja
D. Prosedur yang belum terbukti berhasil
E. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif
Jawaban: E. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif
Penjelasan: Pendekatan best practice dalam pembelajaran mencakup penilaian formatif (proses) dan sumatif (hasil akhir) yang komprehensif untuk memastikan siswa memahami materi secara menyeluruh.
Soal 7: Seorang guru IPA menyelenggarakan pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa media berbasis web. Proses pembelajaran dilakukan secara sinkronus di kelas dan asinkronus. Penerapan pendekatan TPACK yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut….
A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital
B. Kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus
C. Pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi
D. Model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)
E. Pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvensional
Jawaban: A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital
Penjelasan: Pendekatan TPACK memungkinkan guru untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran inkuiri, di mana siswa didorong untuk menjelajahi berbagai sumber digital secara mandiri dan aktif.
Soal 8: Ibu Ani menyediakan stasiun digital pada pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran station learning. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada pos tersebut adalah…
A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak
B. Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami
C. Melakukan eksperimen dengan peralatan laboratorium
D. Menghafal definisi dari buku catatan
E. Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi
Jawaban: A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak
Penjelasan: Dalam station learning, siswa berpartisipasi dalam berbagai aktivitas di beberapa stasiun. Mengikuti kuis interaktif adalah contoh konkret dari aktivitas di stasiun digital yang memanfaatkan perangkat lunak edukatif.
Soal 9: Apa keuntungan menyematkan asesmen atau kuis interaktif dalam bahan ajar hypermedia?
A. Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi
B. Meningkatkan kreativitas desain
C. Hanya untuk menghibur pengguna
D. Tidak memberikan dampak signifikan
Jawaban: A. Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi
Penjelasan: Kuis interaktif dalam hypermedia tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu mengukur seberapa baik siswa memahami materi yang diajarkan.
Soal 10: Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengelolaan kelas integrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah….
A. Meningkatkan kompetensi profesional penggunaan TIK
B. Mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar
C. Meminta umpan balik siswa
D. Memilih platform pembelajaran yang sesuai
E. Memberikan motivasi dan apresiasi
Jawaban: B. Mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar
Penjelasan: Mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar sangat penting sebelum memulai pengelolaan kelas yang terintegrasi dengan TIK. Ini membantu guru untuk memahami kebutuhan dan kondisi siswa sehingga strategi pembelajaran yang digunakan bisa lebih efektif.
Penutup
Demikianlah pembahasan lengkap Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 1) Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini tidak hanya membantu Anda menjawab soal dengan benar, tetapi juga memperdalam pemahaman Anda tentang pentingnya inovasi pembelajaran digital dalam konteks pendidikan modern.