Kunci Jawaban Modul 4.12: Pembelajaran Berdiferensiasi di Kurikulum Merdeka Kemenag

fokus edukasi
Pendidikan

Halo Pejuang Pintar Kemenag! Selamat datang di artikel yang membahas Kunci Jawaban Modul 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi dalam IKM Pintar Kemenag. Kali ini, kita akan membahas tentang Pengelolaan pada Kurikulum Merdeka dengan cara yang lebih mendalam dan menyenangkan.

Apa Itu Pembelajaran Berdiferensiasi?

Sebelum masuk ke kunci jawaban, mari kita pahami dulu apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran ini memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar masing-masing. Fokusnya tidak hanya pada produk pembelajaran, tetapi juga pada proses dan konten/materi. Menarik, bukan?

Capaian Pembelajaran Matematika

Pertanyaan 1: Dalam Capaian Pembelajaran Matematika terdapat kalimat “Dengan demikian, relevansinya dengan profil pelajar Pancasila, Mata Pelajaran Matematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik”. Kalimat tersebut merupakan bagian dari komponen CP yaitu….

  • A. Rasional mata pelajaran
  • B. Tujuan mata pelajaran
  • C. Elemen setiap fase
  • D. Karakteristik mata pelajaran

Jawaban: A. Rasional mata pelajaran

Pemanfaatan Fase-fase CP

Pertanyaan 2: Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali….

  • A. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
  • B. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik
  • C. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel
  • D. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas

Jawaban: D. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas

Unsur Utama dalam CP

Pertanyaan 3: Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Dalam CP terdapat dua unsur utama yaitu….

  • A. Kompetensi dan tujuan
  • B. Materi dan tujuan
  • C. Kompetensi dan materi
  • D. Alur dan kompetensi
BACA JUGA :  Apakah Ibu Bapak Pernah Melakukan Kolaborasi di Sekolah? Apa Manfaatnya?

Jawaban: C. Kompetensi dan materi

Paradigma Baru dalam Pembelajaran

Pertanyaan 4: Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran. Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali….

  • A. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
  • B. Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
  • C. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensi
  • D. Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya

Jawaban: B. Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain

Layanan untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)

Pertanyaan 5: Semua peserta didik berhak mendapatkan layanan pembelajaran termasuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Apabila di suatu sekolah/madrasah terdapat PDBK yang memiliki kendala berkaitan dengan hambatan kognitif, maka yang harus dilakukan adalah….

  • A. Tetap disamakan dengan peserta lain yang bukan PDBK
  • B. Memberikan les tambahan setelah pulang sekolah
  • C. Adaptasi kurikulum dengan menurunkan standar pada Capaian Pembelajaran
  • D. Modifikasi kurikulum dengan cara memodifikasi cara belajar

Jawaban: D. Modifikasi kurikulum dengan cara memodifikasi cara belajar

Fokus dalam Pembelajaran Berbasis Siswa

Pertanyaan 6: Pada kurikulum merdeka, pembelajaran lebih terfokus pada kemampuan peserta didik untuk mengeksplorasi sebuah materi. Tugas guru bukan lagi sebagai pemberi materi, namun berubah menjadi fasilitator. Yang menjadi fokus utama dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah…

  • A. Fokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan
  • B. Fokus pada kurikulum yang kaku dan terstruktur
  • C. Fokus pada kebutuhan dan minat peserta didik sebagai pusat pembelajaran
  • D. Fokus pada evaluasi yang hanya berorientasi pada hasil akhir
BACA JUGA :  Cara Meraih Prestasi: Berusaha Semaksimal Mungkin Diiringi Doa dan Upaya Pendukung Manajemen Waktu

Jawaban: C. Fokus pada kebutuhan dan minat peserta didik sebagai pusat pembelajaran

Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka

Pertanyaan 7: Kurikulum Merdeka sendiri adalah pendekatan kurikulum yang dirancang untuk mengurangi beban belajar siswa, mengembangkan kreativitas dan kecerdasan beragam mereka, serta membangun karakter yang kuat. Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah

  • A. Melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
  • B. Mengajari berdasarkan murid pengalaman mengajar guru
  • C. Menyederhanakan materi pembelajaran agar mudah dipahami siswa
  • D. Menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman

Jawaban: D. Menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman

Kaitan Pembelajaran dan Asesmen

Pertanyaan 8: Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali….

  • A. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
  • B. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan kebutuhan dan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal
  • C. Guru perlu merancang asesmen dilaksanakan yang pada awal pembelajaran, pada pembelajaran, pada pembelajaran saat dan akhir
  • D. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik

Jawaban: A. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan

Tujuan Asesmen Awal

Pertanyaan 9: Perhatikan uraian di bawah ini!

  1. Menetapkan peringkat peserta didik di dalam kelas
  2. Mengumpulkan dan menghimpun data tentang kesiapan belajar peserta didik
  3. Membandingkan kemampuan antar peserta didik
  4. Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik

Dari uraian di atas, yang merupakan tujuan dari asesmen awal adalah…

  • A. 2 dan 3
  • B. 1 dan 4
  • C. 1 dan 2
  • D. 2 dan 4

Jawaban: D. 2 dan 4

Pembelajaran Sepanjang Hayat

Pertanyaan 10: Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Terkait prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru terhadap peserta didik, kecuali…..

  • A. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
  • B. Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
  • C. Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
  • D. Guru mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan
BACA JUGA :  Terdapat 4 Konsep Penting yang Sekaligus Menjadi Ruang Lingkup dari Kajian Sosiologi Komunikasi, Jelaskan Keempat Konsep Tersebut?

Jawaban: C. Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari


Demikianlah Kunci Jawaban Modul 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi IKM Pintar Kemenag. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami dan mengelola Kurikulum Merdeka dengan lebih baik. Semoga sukses dan tetap semangat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *