Selamat datang di Fokus.co.id, platform pembelajaran yang mengutamakan pengembangan diri bagi para pelajar dan pendidik di seluruh Indonesia. Kali ini, kami akan membahas kunci jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi. Artikel ini bertujuan untuk membantu guru dan peserta didik dalam memahami materi yang ada pada PPG 2024 terkait pembelajaran berdiferensiasi.
Baca juga: Cek Pengumuman Lulus Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 di SIMPKB
Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses pembelajaran, di mana guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap siswa. Ini sangat penting dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Melalui artikel ini, kita akan membahas soal-soal yang ada pada modul ini beserta kunci jawabannya.
Daftar Isi:
Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Sebelum masuk ke pembahasan soal dan kunci jawaban, mari kita pahami sedikit tentang apa itu pembelajaran berdiferensiasi. Dalam kurikulum merdeka, guru diharapkan dapat mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, artinya, guru harus memahami perbedaan individu pada setiap siswa. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan siswa belajar dengan cara yang paling sesuai dengan mereka.
Ada tiga aspek utama dalam pembelajaran berdiferensiasi:
- Konten: Apa yang dipelajari oleh siswa.
- Proses: Bagaimana siswa mengakses materi pelajaran.
- Produk: Bagaimana siswa menunjukkan apa yang mereka pelajari.
Dengan pendekatan ini, guru tidak hanya fokus pada satu metode pengajaran, melainkan menyesuaikan metode dan strategi pembelajaran untuk berbagai kebutuhan siswa.
Kunci Jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi
Berikut ini adalah rangkuman soal dan kunci jawaban untuk Modul 1 Topik 2 PPG 2024, yang dapat dijadikan acuan bagi para guru dalam menjalankan pembelajaran berbasis diferensiasi.
Soal 1
Ibu Rima menemukan beberapa peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, sehingga mereka memerlukan kegiatan remedial. Langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah …
A. Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial
B. Memberikan PR yang banyak agar peserta didik belajar sendiri di rumah
C. Menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya tidak mengikuti proses belajar dengan baik
D. Meminta setiap peserta didik untuk mengumpulkan tugas setiap akhir pembelajaran
E. Meminta setiap peserta didik untuk membuat review materi pembelajaran
Jawaban: A
Penjelasan: Pembelajaran berdiferensiasi memberikan perhatian khusus pada peserta didik yang membutuhkan bantuan tambahan seperti remedial, di mana guru dapat menyesuaikan proses dan konten pembelajaran agar siswa tersebut lebih mudah memahami materi.
Soal 2
Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran. Paradigma baru ini bukan berarti memperkenalkan konsep yang sepenuhnya baru, melainkan upaya menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penerapan paradigma baru tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali….
A. Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.
B. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
C. Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain.
D. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensinya.
E. Guru perlu mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan perilaku peserta didik, dan mendengarkan keluhan mereka untuk mengetahui kebutuhan belajarnya.
Jawaban: C
Penjelasan: Paradigma pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya kolaborasi dan keterlibatan berbagai pihak, termasuk orang tua dan sesama guru, sehingga guru tidak bertindak sebagai satu-satunya sumber otoritas.
Soal 3
Seorang guru melaksanakan pembelajaran pada topik tertentu. Ia mendapati bahwa peserta didik belum pernah mempelajari topik tersebut. Hal yang perlu dilakukan guru pada kegiatan awal pembelajaran adalah….
A. Menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten
B. Menjelaskan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga peserta didik perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai
C. Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
D. Langsung menjelaskan materi tersebut sehingga peserta didik terbiasa
E. Memberi soal pretest terkait materi tersebut sehingga dapat memicu motivasi peserta didik
Jawaban: C
Penjelasan: Mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari peserta didik dan memberikan gambaran umum tentang materi adalah pendekatan terbaik dalam pembelajaran berdiferensiasi, karena memungkinkan peserta didik lebih mudah memahami dan menghubungkan materi baru dengan apa yang sudah mereka ketahui.
Soal 4
Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah….
A. Guru adalah sumber belajar utama dan peserta didik mengikuti apa yang telah ditetapkan.
B. Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.
C. Guru menjadi mediator antar peserta didik agar terjadi transfer pengetahuan dalam proses belajar.
D. Guru menjadi motivator yang mengamati peserta didik dari jauh selama proses belajar.
E. Guru menjadi motor penggerak utama proses pembelajaran
Jawaban: B
Penjelasan: Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru tidak lagi dianggap sebagai sumber utama pengetahuan. Peserta didik diajak untuk belajar dari berbagai sumber belajar, baik dari materi yang disediakan, maupun dari kolaborasi dengan sesama teman.
Baca juga: Soal Substantif untuk PPG Prajabatan Materi PGSD: Lengkap Kunci Jawaban dan Link Download PDF
Soal 5
Bu Hani menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, ia membagi peserta didik dalam beberapa kelompok belajar. Namun, Bu Hani masih mengalami kesulitan karena semua peserta didik masih bertanya kepadanya. Hal yang dapat Ibu Hani lakukan adalah….
A. Bu Hani dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari peserta didik.
B. Bu Hani dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Peserta didik tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Hani dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Guru mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding peserta didik.
D. Bu Hani dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
E. Semua salah
Jawaban: D
Penjelasan: Praktik pelepasan tanggung jawab bertahap adalah strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi, di mana tanggung jawab lebih banyak diberikan kepada peserta didik. Ini akan mendorong mereka untuk lebih mandiri dalam belajar, sementara guru tetap memantau dari jarak jauh.
Soal 6
Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan untuk membangun karakter peserta didik agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Berdasarkan prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru, kecuali…
A. Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
B. Guru mendorong peserta didik melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan potensi yang perlu dikembangkan
C. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
D. Guru memberikan proyek yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
E. Tidak ada yang benar
Jawaban: A
Penjelasan: Prinsip pembelajaran sepanjang hayat menekankan pada pengembangan potensi diri peserta didik melalui refleksi dan eksplorasi ilmu pengetahuan, bukan sekadar pemberian tugas untuk mengukur pemahaman.
Soal 7
Sebelum melaksanakan pembelajaran, Pak Rahmat mengadakan asesmen awal untuk mengetahui profil belajar peserta didiknya. Dari hasil asesmen awal tersebut diketahui bahwa 45 persen peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 15 persen kinestetik, dan 40 persen auditori. Pak Rahmat juga memperoleh informasi bahwa secara umum peserta didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing. Berdasarkan data tersebut, Pak Rahmat merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali…
A. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sumber belajar dalam bentuk modul digital interaktif
B. Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
C. Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru
D. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan praktik bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru
E. Semua benar
Jawaban: B
Penjelasan: Dalam pembelajaran berdiferensiasi, elemen proses mengacu pada bagaimana siswa mempelajari materi dan menunjukkan pemahaman mereka. Namun, untuk memperkuat pemahaman konsep, perlu dipastikan agar siswa tidak hanya sekadar diberikan kebebasan untuk memilih cara presentasi, tetapi juga berkolaborasi dalam proses tersebut.
Baca juga: 15 Contoh Soal PCK/Pedagogical Content Knowledge PPG Prajabatan 2024 dan Kunci Jawabannya
Soal 8
Seorang guru mengadopsi elemen-elemen diferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti menggunakan bahan bacaan yang berbeda untuk peserta didik dengan kemampuan membaca yang beragam. Namun, beberapa peserta didik masih kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah….
A. Meminta peserta didik yang kesulitan untuk belajar lebih keras
B. Mengurangi tingkat kompleksitas tugas
C. Meminta peserta didik untuk bekerja sendiri
D. Melanjutkan dengan kurikulum yang telah direncanakan
E. Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran
Jawaban: E
Penjelasan: Ketika peserta didik masih mengalami kesulitan meskipun telah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi, guru perlu merevisi pendekatan pembelajaran dan strategi yang digunakan, agar lebih sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.
Soal 9
Diberikan langkah-langkah sebagai berikut:
1). Peserta didik menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin diketahui
2). Peserta didik melakukan refleksi terhadap kemampuannya
3). Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian peserta didik
4). Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk merumuskan tujuan belajar adalah …
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
D. 4-2-3-1
E. 3-2-1-4
Jawaban: C
Penjelasan: Dalam pembelajaran, alur yang logis adalah guru menginformasikan tujuan belajar terlebih dahulu, memberikan gambaran rubrik, kemudian siswa melakukan refleksi terhadap kemampuan mereka dan menentukan tujuan pribadi yang ingin dicapai.
Soal 10
Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:
1). Kebutuhan peserta didik yang beragam
2). Kondisi kelas
3). Kebutuhan guru dan kepala sekolah
4). Lingkungan sekolah
Elemen yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika melakukan modifikasi pembelajaran adalah….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4
Jawaban: A
Penjelasan: Dalam pembelajaran berdiferensiasi, yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah kebutuhan peserta didik yang beragam serta kondisi kelas di mana pembelajaran berlangsung.
Kesimpulan
Demikianlah pembahasan lengkap mengenai kunci jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024 Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi. Artikel ini disusun untuk memudahkan para guru dan peserta didik memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi yang menjadi salah satu kunci sukses dalam pembelajaran di era Kurikulum Merdeka.
Baca juga: Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 2 PSE 2024/2025: Panduan Lengkap
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan panduan dalam mengerjakan latihan di modul ini. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi Fokus.co.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan materi pelatihan PPG 2024.