Kunci Jawaban 3.8 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin – Bagian 3 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 / 2024 untuk Madrasah Ibtidaiyah
Daftar Isi:
FOKUS akan membahas secara terperinci kunci jawaban 3.8 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin – Bagian 3 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 / 2024 untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI). Artikel ini disusun sebagai panduan yang bermanfaat bagi para guru, tenaga kependidikan, dan orang tua dalam mendampingi siswa yang sedang menempuh pelatihan ini.
Materi kunci jawaban 3.8 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin – Bagian 3 merupakan komponen penting yang harus dipahami seluruh peserta pelatihan di aplikasi Pintar Kemenag. Pelatihan ini diadakan secara online melalui sistem MOOC (Massive Open Online Course), sehingga para guru dan pendidik bisa belajar secara mandiri dan fleksibel.
Tujuan Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024
Pelatihan ini bertujuan untuk:
- Membantu peserta memahami Struktur Kurikulum yang berlaku di Madrasah Ibtidaiyah sesuai KMA 450/2024.
- Memperkuat pemahaman pendidik mengenai kurikulum terbaru.
- Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila dan konsep Rahmatan lil Alamin.
Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan para guru dan tenaga kependidikan lainnya di Madrasah Ibtidaiyah dapat memiliki pemahaman yang sejalan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah. Program ini juga menekankan pada penerapan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta penggunaan strategi pembelajaran yang relevan dan efektif.
Pentingnya Kunci Jawaban dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin
Kunci jawaban 3.8 ini penting sebagai panduan bagi peserta dalam memahami berbagai indikator kompetensi dan nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan dalam Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin.
Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin – Bagian 3 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 / 2024 untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Soal dan Kunci Jawaban 3.8 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin – Bagian 3
-
Apa indikator dari moderasi beragama yang menjadi bagian dari P5RA?
Jawaban: Komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan. -
Yang dimaksud dengan “ta’addub” dalam P5RA adalah…
Jawaban: Menjunjung tinggi akhlak mulia. -
Salah satu cara untuk memastikan keberhasilan implementasi proyek P5RA adalah dengan…
Jawaban: Membagi peran dan tanggung jawab yang jelas kepada setiap anggota kelompok. -
Projek P5RA mengusung prinsip keberagaman, yang menekankan penghargaan terhadap kearifan lokal dan kreativitas siswa. Setiap madrasah diberikan kebebasan untuk mengembangkan tema projek sesuai dengan kondisi lokal. Apa arti dari prinsip keberagaman dalam P5RA?
Jawaban: Penghargaan terhadap kreativitas dan kearifan lokal. -
Tahap awal yang paling krusial dalam penyusunan desain proyek P5RA adalah…
Jawaban: Memilih tema yang relevan dan menarik. -
Salah satu prinsip penting dalam penyusunan proyek P5-PPRA adalah…
Jawaban: Berbasis proyek dan relevan dengan konteks. -
Yang dimaksud dengan nilai Musāwah dalam Rahmatan lil ‘Alamin adalah…
Jawaban: Kesetaraan hak dan penghargaan terhadap perbedaan. -
Kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam P5RA. Peran tersebut diantaranya adalah…
Jawaban: Membentuk tim pelaksana projek. -
Tujuan utama dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila adalah…
Jawaban: Mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. -
Integrasi dimensi profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dalam tema proyek dapat dilakukan dengan cara…
Jawaban: Mengkaitkan tema dengan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.
Kesimpulan
Dengan adanya kunci jawaban 3.8 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin – Bagian 3 ini, FOKUS berharap para pendidik di Madrasah Ibtidaiyah dapat memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dalam kurikulum pembelajaran. Pengembangan Profil Pelajar Pancasila serta nilai-nilai kemanusiaan dan keagamaan akan membantu siswa menjadi individu yang berkompeten dan berkarakter baik.
Mari kita bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah melalui pelatihan ini.
Komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan
Menjunjung tinggi akhlak mulia
Membagi peran dan tanggung jawab yang jelas kepada setiap anggota kelompok
Penghargaan terhadap kreativitas dan kearifan lokal
Memilih tema yang relevan dan menarik.
Berbasis proyek dan relevan dengan konteks
Kesetaraan hak dan penghargaan terhadap perbedaan
Membentuk tim pelaksana projek
Mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila
Mengkaitkan tema dengan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.