Ibu Dewi Menyampaikan Informasi Terkait dengan Bagaimana Membuat Sebuah Puisi

Ibu Dewi, menyampaikan informasi terkait dengan bagaimana membuat sebuah puisi, dimana sebelumnya b dewi sudah menjelaskan tentang komponen dan jenis-jenis puisi.

Berdasarkan informasi yang sudah diketahui dan dipahami siswanya, selanjutnya ibu Dewi menugaskan peserta didiknya untuk menggunakan informasi tersebut sebagai dasar untuk membuat sebuah karya puisi. Setelah selesai, mereka akan diminta membacakan puisinya. Selanjutnya, siswa-siswa yang lainnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan komentar atas pusi hasil karya teman-temannya secata bergiliran.

Di akhir pembelajaran B Dewi meminta muridnya untuk membuat kesimpulan dari materi yang sudah disampaikan dalam proses pembelajaran dan meminta perwakilan siswa untuk menilai proses pembelajaran secara umum.

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan Ibu Dewi sudah melibatkan komunitas kelas dengan strategi …

A. Memfasilitasi kerja kelompok dan kolaborasi antar murid di kelas
B. Melibatkan murid dalam proses perencanaan pembelajaran
C. Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran
D. Mendorong murid untuk bertanya
E. Melibatkan murid dalam proses penilaian

Jawaban: C. Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran


Pembahasan

Ibu Dewi telah menerapkan strategi yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, tidak hanya dalam pembuatan puisi tetapi juga dalam memberikan umpan balik atas karya teman-temannya. Hal ini adalah contoh yang sangat baik dalam mendorong partisipasi siswa dalam proses pembelajaran itu sendiri.

  • Setelah siswa membuat puisi, mereka diberikan kesempatan untuk mendengarkan dan memberikan komentar atau umpan balik terhadap karya yang telah dibacakan oleh teman-temannya. Ini membuka ruang bagi siswa untuk berbagi pendapat dan memperkaya pemahaman mereka satu sama lain.
  • Selain itu, Ibu Dewi juga meminta perwakilan siswa untuk menilai proses pembelajaran secara umum, yang menunjukkan bahwa siswa tidak hanya menjadi penerima informasi tetapi juga bagian dari evaluasi proses tersebut. Ini mencerminkan keterlibatan yang lebih dalam dari siswa dalam pembelajaran mereka.
BACA JUGA :  Salah satu sebab Pendekatan Berbasis Aset dipandang lebih baik dibandingkan Pendekatan Berbasis Kekurangan adalah

Mengapa Jawaban C Tepat?

  • C. Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran adalah jawaban yang paling tepat karena aktivitas pembelajaran Ibu Dewi mengharuskan siswa untuk tidak hanya membuat karya tetapi juga untuk memberikan umpan balik secara aktif atas karya teman-teman mereka.

Mengapa Pilihan Lain Tidak Tepat?

  • A. Memfasilitasi kerja kelompok dan kolaborasi antar murid di kelas: Meskipun siswa bekerja bersama untuk mendiskusikan puisi, fokus utama dari kegiatan ini adalah memberikan umpan balik dan bukan sekadar kerja kelompok. Dalam soal ini, aktivitas lebih terfokus pada umpan balik individu daripada kerja kelompok.
  • B. Melibatkan murid dalam proses perencanaan pembelajaran: Ibu Dewi tidak melibatkan siswa dalam perencanaan pembelajaran, melainkan memberikan tugas dan kemudian meminta mereka untuk memberikan umpan balik. Tidak ada indikasi bahwa siswa terlibat dalam tahap perencanaan.
  • D. Mendorong murid untuk bertanya: Meskipun bertanya adalah bagian penting dalam pembelajaran, soal ini lebih menyoroti kegiatan memberikan umpan balik terhadap karya teman, bukan sekadar mendorong siswa untuk bertanya.
  • E. Melibatkan murid dalam proses penilaian: Ibu Dewi memang meminta siswa untuk memberikan umumnya penilaian, tetapi fokus utama dari soal ini adalah pemberian umpan balik terhadap karya teman-teman mereka, bukan proses penilaian secara keseluruhan.

Kesimpulan

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan Ibu Dewi sudah mengimplementasikan strategi yang melibatkan siswa dalam memberikan umpan balik terhadap karya teman-temannya, yang pada gilirannya memperkaya proses pembelajaran itu sendiri. FOKUS berharap pembahasan ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana memberikan ruang bagi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *