Kunci Jawaban 3.2 Struktur Kurikulum Madrasah – Bagian 2 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 untuk Madrasah Aliyah (MA)
Daftar Isi:
FOKUS hadir untuk memberikan panduan lengkap terkait kunci jawaban 3.2 Struktur Kurikulum Madrasah – Bagian 2 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 untuk Madrasah Aliyah (MA). Artikel ini ditujukan bagi guru, tenaga kependidikan, serta para orang tua yang ingin memahami struktur kurikulum terbaru yang diterapkan di Madrasah Aliyah.
Pelatihan ini diselenggarakan dalam format MOOC (Massive Open Online Course) oleh Pintar Kemenag yang memungkinkan peserta belajar secara asinkronus sepenuhnya daring. Melalui pelatihan ini, guru diharapkan memperoleh pemahaman mendalam tentang komponen kurikulum dan implementasinya. Dengan demikian, diharapkan para pendidik memiliki keterampilan dan pemahaman yang lebih baik dalam menyusun program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa di tingkat Madrasah Aliyah.
Tujuan Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah KMA 450 Tahun 2024
Tujuan utama dari pelatihan ini adalah memperkuat kompetensi pendidik dalam memahami struktur kurikulum Madrasah Aliyah sesuai KMA 450 Tahun 2024. Adapun tujuan pelatihan ini meliputi:
- Memperdalam pemahaman guru tentang struktur kurikulum yang berlaku di Madrasah Aliyah.
- Meningkatkan keselarasan persepsi antara pendidik dengan pihak terkait di Madrasah Aliyah.
- Memperkuat kapasitas dan mutu layanan pendidikan madrasah agar lebih relevan dan berfokus pada siswa.
- Mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang dapat diterapkan secara efektif di kelas.
Melalui pelatihan ini, para guru juga diharapkan mampu membimbing siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa yang relevan dengan implementasi kurikulum baru.
Kunci Jawaban 3.2 Struktur Kurikulum Madrasah – Bagian 2 Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah KMA 450/2024 untuk Madrasah Aliyah (MA)
Berikut adalah soal dan kunci jawaban 3.2 Struktur Kurikulum Madrasah – Bagian 2 yang dapat membantu guru dan peserta pelatihan memahami materi dengan lebih baik.
-
Madrasah dalam memilih dan menganalisis mata pelajaran pilihan yang dapat dipilih oleh peserta didik berdasarkan …
- Jawaban: bakat, minat, dan kompetensi peserta didik.
-
Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu penguatan program pada kelas 10 dan 11 minimal …
- Jawaban: 64-192 JP per tahun.
-
Dalam struktur kurikulum Madrasah kelas XI, peserta dapat memilih 4-5 mata pelajaran pilihan setara dengan 20-25 JP. Jika dihitung per tahun, 20 sampai 25 JP itu setara dengan …
- Jawaban: 720 sampai 900 JP.
-
Hal yang diatur dalam struktur kurikulum KMA 450 tahun 2024 meliputi …
- Jawaban: muatan dan beban belajar intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
-
Di madrasah terdapat dua kelompok mata pelajaran yaitu mata pelajaran umum dan mata pelajaran pilihan. Untuk mata pelajaran pilihan, diberikan kepada peserta didik di Kelas XI dan XII. Dalam hal ini, madrasah menyiapkan tujuh mata pelajaran pilihan yang harus dipilih peserta didik sebanyak …
- Jawaban: 5 mata pelajaran.
-
Muatan lokal adalah muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan madrasah, tipologi madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa …
- Jawaban: Keagamaan, seni budaya, prakarya, pendidikan jasmani dan kesehatan, bahasa, teknologi, dan riste.
-
Pembelajaran kokurikuler pada P5RA merupakan pembelajaran khusus yang ditujukan untuk memperkuat upaya …
- Jawaban: pencapaian elemen dan sub-elemen pada dimensi profil Pelajar Pancasila dan rahmatan lil alamin.
-
Dalam struktur kurikulum MA, peserta didik diperbolehkan mengganti mata pelajaran pilihan paling lambat kelas XI semester 2 berdasarkan penilaian ulang madrasah.
- Jawaban: minat bakat dan kemampuan peserta didik.
-
Berikut ini hal-hal yang dilakukan madrasah ketika menentukan mata pelajaran pilihan untuk peserta didik kelas XI, kecuali …
- Jawaban: Menganalisis mata pelajaran yang diajarkan.
-
Madrasah menganalisis dan menetapkan mata pelajaran pilihan untuk dipilih oleh peserta didik kelas XI dan XII berdasarkan …
- Jawaban: bakat, minat, dan kompetensi peserta didik.
Kesimpulan
Melalui pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024, guru Madrasah Aliyah diajak untuk memperdalam pemahaman mengenai struktur kurikulum yang baru. Dengan begitu, pendidik diharapkan mampu memberikan pendidikan yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman, sekaligus menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran.
Dengan mengikuti panduan kunci jawaban 3.2 Struktur Kurikulum Madrasah – Bagian 2 ini, diharapkan para pengajar dapat memahami setiap komponen kurikulum dengan lebih baik dan mampu menerapkannya secara optimal dalam proses belajar mengajar.