Soal dan Jawaban Modul 3.7 Mencegah Bullying Kemenag

ilustrasi suasana belajar dikelas
ilustrasi suasana belajar dikelas

Soal dan Jawaban Modul 3.7 Mencegah Bullying – Best Practice, Pelatihan Pintar Kemenag

Fokus.co.id – Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai Soal dan Jawaban Modul 3.7 Mencegah Bullying – Best Practice, yang merupakan bagian dari Pelatihan Pintar Kemenag. Modul ini dirancang untuk membantu peserta pelatihan memahami lebih dalam tentang cara mencegah bullying atau perundungan di lingkungan sekolah, serta menerapkan praktik terbaik dalam menanganinya.

Dalam pembahasan ini, kita akan menjawab beberapa soal terkait Modul 3.7 dan memberikan alternatif kunci jawaban yang dapat membantu para siswa dan pengajar untuk memahami lebih baik topik penting ini.

Apa itu Modul 3.7 Mencegah Bullying?

Modul 3.7 adalah bagian dari kurikulum pelatihan yang dikembangkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru serta siswa dalam mencegah dan menangani kasus bullying di sekolah. Dalam modul ini, berbagai topik mengenai perundungan dibahas, seperti penyebab, dampak, cara pencegahan, hingga strategi penanganan.

Artikel ini akan memandu Anda melalui soal dan jawaban Modul 3.7, sekaligus memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai isu penting ini.


Soal dan Jawaban Modul 3.7 Mencegah Bullying – Best Practice

Soal 1: Apa yang Menjadi Penyebab Umum Perundungan di Sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Kekurangan fasilitas sekolah
  • [B] Perbedaan warna kulit
  • [C] Semua jawaban benar*
  • [D] Persaingan akademis

Jawaban: C – Semua jawaban benar

Pada dasarnya, perundungan atau bullying di sekolah bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari perbedaan fisik seperti warna kulit, hingga persaingan akademis yang tidak sehat. Bahkan, kurangnya fasilitas sekolah yang mendukung kegiatan positif juga bisa menjadi penyebab terjadinya perundungan. Ini menunjukkan bahwa bullying adalah masalah kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai elemen di lingkungan sekolah.

Baca juga: 3 Contoh Skenario Kasus Anti Bullying MPLS Kurikulum Merdeka: Simak dan Cegah!

Soal 2: Apa yang Dapat Menjadi Tanda Bahwa Seseorang Mungkin Menjadi Korban Perundungan di Sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Menunjukkan perubahan perilaku drastis*
  • [B] Tidak aktif dalam belajar
  • [C] Sering mencari perhatian
  • [D] Memiliki banyak teman
BACA JUGA :  √ Kunci Jawaban 3.2 Struktur Kurikulum Madrasah - Bagian 2 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 untuk Madrasah Aliyah (MA)

Jawaban: A – Menunjukkan perubahan perilaku drastis

Korban bullying sering kali mengalami perubahan perilaku yang signifikan. Mereka bisa menjadi lebih pendiam, cemas, atau bahkan mengalami penurunan prestasi di sekolah. Ini adalah tanda-tanda bahwa seseorang mungkin sedang mengalami perundungan, dan penting bagi guru maupun teman-teman untuk segera bertindak.


Soal 3: Apa yang Seharusnya Dilakukan Saksi Ketika Melihat Perundungan di Sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Menertawakan korban perundungan
  • [B] Segera pergi dan tidak ikut campur dengan urusan orang lain
  • [C] Hanya menyaksikan tanpa campur tangan
  • [D] Melaporkan insiden kepada guru atau petugas sekolah*

Jawaban: D – Melaporkan insiden kepada guru atau petugas sekolah

Sebagai saksi dari suatu perundungan, hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah melaporkan kejadian tersebut kepada guru atau petugas sekolah. Jangan hanya menyaksikan atau, lebih buruk lagi, menertawakan korban. Setiap aksi kecil dari seorang saksi bisa membantu mencegah perundungan lebih lanjut.

Soal 4: Apa yang Sebaiknya Dilakukan oleh Korban Perundungan untuk Mencari Bantuan?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Menutup diri dan menyembunyikan masalah
  • [B] Mencari dukungan dari guru, orangtua, atau konselor*
  • [C] Memaafkan dan menganggap itu merupakan hal yang biasa
  • [D] Berbicara dengan teman-teman mereka saja

Jawaban: B – Mencari dukungan dari guru, orangtua, atau konselor

Korban bullying tidak boleh menutup diri atau menganggap perundungan adalah hal yang sepele. Yang paling penting adalah mereka harus mencari dukungan, baik dari guru, orangtua, atau konselor sekolah, yang dapat memberikan solusi atau tindakan pencegahan lebih lanjut.


Soal 5: Apa yang Dapat Dilakukan Sekolah untuk Mencegah Perundungan?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Menyembunyikan insiden perundungan
  • [B] Menerapkan program anti-perundungan*
  • [C] Menghukum korban perundungan
  • [D] Menyerahkan kepada orang tua untuk dibimbing

Jawaban: B – Menerapkan program anti-perundungan

Sekolah memiliki peran penting dalam mencegah bullying. Salah satu langkah yang efektif adalah dengan menerapkan program anti-bullying yang komprehensif. Program ini harus mencakup edukasi untuk siswa dan guru, serta langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang jelas.


Soal 6: Bagaimana Cara Melibatkan Orangtua dalam Penanganan Perundungan di Sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Melibatkan orang tua korban dan pelaku*
  • [B] Menyuruh orang tua untuk tidak campur tangan
  • [C] Meminta orang tua menyelesaikan dengan anak
  • [D] Meminta kepada orang tua pelaku untuk bertanggung jawab
BACA JUGA :  10 Soal dan Jawaban 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka Pintar Kemenag

Jawaban: A – Melibatkan orang tua korban dan pelaku

Dalam menangani kasus perundungan, melibatkan orang tua dari kedua belah pihak, baik korban maupun pelaku, sangat penting. Ini untuk memastikan bahwa penyelesaian masalah dapat terjadi secara menyeluruh, tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah.


Soal 7: Apa yang Dimaksud dengan Cyberbullying?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Bentuk perundungan dengan penggunaan teknologi internet*
  • [B] Aktivitas keamanan siber di sekolah
  • [C] Kegiatan negatif dalam menggunakan media sosial
  • [D] Mengirimkan informasi yang salah di media sosial

Jawaban: A – Bentuk perundungan dengan penggunaan teknologi internet

Cyberbullying adalah bentuk perundungan yang terjadi secara online, melalui media sosial, aplikasi pesan, atau platform digital lainnya. Karena perkembangan teknologi, jenis perundungan ini semakin sering terjadi dan bisa lebih berbahaya karena sifatnya yang anonim dan berjangkauan luas.

Baca juga: 15 Sikap yang Dapat Merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa


Soal 8: Apa yang Dapat Menjadi Dampak Jangka Panjang dari Perundungan terhadap Korban?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Gangguan kesehatan mental*
  • [B] Bingung dalam memilih karir ke depan
  • [C] Keterlibatan aktif dalam kegiatan sekolah
  • [D] Tidak memiliki teman

Jawaban: A – Gangguan kesehatan mental

Dampak jangka panjang dari bullying sangat serius, salah satunya adalah gangguan kesehatan mental. Korban bisa mengalami depresi, kecemasan, hingga trauma yang mendalam, yang mempengaruhi kehidupan mereka dalam jangka waktu lama.

Baca juga: 3 Permainan Menarik dan Contoh Pertanyaan Refleksi MPLS SMP Sesuai Kurikulum Merdeka Mengajar


Soal 9: Apa yang Dapat Dilakukan Siswa untuk Mendukung Kampanye Anti-Perundungan di Sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Ikut serta dalam tindakan perundungan
  • [B] Melaporkan insiden perundungan kepada guru*
  • [C] Mempublikasikan informasi pribadi teman-teman mereka
  • [D] Menyoritats korban perundungan

Jawaban: B – Melaporkan insiden perundungan kepada guru

Untuk mendukung kampanye anti-bullying, siswa bisa aktif melaporkan kasus perundungan yang mereka saksikan kepada guru atau pihak berwenang di sekolah. Ini adalah tindakan kecil yang memiliki dampak besar dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan positif.

BACA JUGA :  Lakukan Pengamatan Terhadap Orang yang Berbagi Warisan yang Ada di Sekitar Kalian

Soal 10: Mengapa Penting untuk Memiliki Kebijakan Anti-Perundungan di Sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • [A] Untuk memberikan hadiah kepada pelajar terbaik
  • [B] Agar guru dapat mengendalikan siswa dengan lebih mudah
  • [C] Untuk menciptakan iklim sekolah yang aman dan positif*
  • [D] Agar peserta didik aktif dalam berorganisasi

Jawaban: C – Untuk menciptakan iklim sekolah yang aman dan positif

Kebijakan anti-bullying sangat penting karena berperan dalam menciptakan iklim sekolah yang aman dan positif. Dengan adanya kebijakan yang jelas, semua pihak di sekolah akan memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi perundungan, sehingga siswa merasa lebih dilindungi.

Baca juga: Mengembangkan Pendidikan Budi Pekerti Melalui Permainan Congklak


Kesimpulan

Dengan memahami soal-soal dan jawaban dalam Modul 3.7 Mencegah Bullying – Best Practice ini, kita bisa mendapatkan gambaran lebih jelas tentang bagaimana cara mencegah dan menangani bullying di sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *