3 Permainan Menarik dan Contoh Pertanyaan Refleksi MPLS SMP Sesuai Kurikulum Merdeka Mengajar

fokus edukasi
Pendidikan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah momen penting bagi siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah mereka. Dalam konteks Kurikulum Merdeka Mengajar, kegiatan ini dirancang untuk membangun kebersamaan, mengembangkan keterampilan sosial, dan meningkatkan kesadaran diri siswa. Salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan ini adalah melalui 3 permainan menarik dan contoh pertanyaan refleksi MPLS SMP sesuai Kurikulum Merdeka Mengajar.

Mengapa Penting Memperkenalkan Permainan dan Pertanyaan Refleksi di MPLS?

Menggunakan permainan menarik selama MPLS membantu siswa baru merasa lebih nyaman dan terlibat. Permainan ini bukan hanya alat hiburan, tetapi juga cara untuk memperkenalkan nilai-nilai kerja sama, saling menghargai, dan mengenal lebih baik teman-teman baru mereka. Selain itu, contoh pertanyaan refleksi memberikan kesempatan bagi siswa untuk merenungkan pengalaman mereka, memahami diri sendiri, dan menetapkan tujuan yang ingin dicapai selama MPLS.

Baca juga: 3 Contoh Skenario Kasus Anti Bullying MPLS Kurikulum Merdeka: Simak dan Cegah!

Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Permainan

Dalam artikel ini, kita akan membahas 3 permainan menarik yang dapat digunakan selama MPLS SMP. Permainan seperti “Lingkaran Nama dan Gerakan” dan “Mencari Teman dengan Persamaan” tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membantu siswa membangun hubungan yang kuat dengan teman-teman sekelas mereka. Permainan ini dirancang untuk sesuai dengan Kurikulum Merdeka Mengajar, memastikan bahwa setiap aktivitas memiliki nilai edukatif yang mendukung pembelajaran holistik.

Refleksi sebagai Bagian Penting dari MPLS

Selain permainan, contoh pertanyaan refleksi juga memainkan peran penting dalam MPLS. Pertanyaan seperti “Apa yang Paling Saya Nikmati Hari Ini?” dan “Apa yang Saya Pelajari Hari Ini?” membantu siswa untuk merenungkan pengalaman mereka dan memahami nilai dari setiap kegiatan yang mereka lakukan. Refleksi ini penting untuk membantu siswa menginternalisasi pelajaran yang mereka dapatkan dan mendorong mereka untuk terus belajar dan berkembang.

BACA JUGA :  Menjelaskan Big Five Model of Personality, dan Memberikan Contoh Pekerjaan yang Tepat

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi lebih dalam tentang 3 permainan menarik dan contoh pertanyaan refleksi MPLS SMP sesuai Kurikulum Merdeka Mengajar, serta bagaimana kegiatan ini dapat membantu siswa baru beradaptasi dan sukses di lingkungan sekolah yang baru.

Baca juga: Contoh Surat Untuk Kakak OSIS MPLS Perempuan yang Menyentuh Hati

Mengenal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

MPLS, atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, adalah kegiatan tahunan yang diadakan untuk siswa baru di semua jenjang pendidikan, termasuk PAUD. Tujuannya adalah untuk membantu siswa mengenal lingkungan sekolah, membangun kebersamaan, mengembangkan keterampilan sosial, dan meningkatkan kesadaran diri akan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Berikut ini adalah 3 permainan menarik dan contoh pertanyaan refleksi yang bisa digunakan selama MPLS SMP sesuai Kurikulum Merdeka Mengajar. Permainan dan pertanyaan ini dikutip dari Aplikasi Merdeka Mengajar.

A. Permainan Menarik

1. Permainan “Lingkaran Nama dan Gerakan”

Permainan ini membantu siswa mengenal nama teman-teman sekelas dan membuat suasana lebih menyenangkan dengan gerakan unik.

Cara Bermain:

  • Minta siswa berdiri dalam lingkaran.
  • Guru memulai dengan memperkenalkan diri dan melakukan gerakan unik, seperti melompat atau melambaikan tangan.
  • Siswa berikutnya harus memperkenalkan diri dan mengulangi gerakan siswa sebelumnya sebelum menambahkan gerakan sendiri.
  • Permainan berlanjut di sekitar lingkaran, dengan setiap siswa mengulang semua nama dan gerakan yang sudah dilakukan sebelumnya dan menambahkan gerakan baru.

2. Mencari Teman dengan Persamaan

Permainan ini mengajak siswa mencari teman yang memiliki kesamaan tertentu dengan mereka, seperti hobi atau makanan favorit.

Cara Bermain:

  • Sediakan daftar kategori seperti hobi, makanan favorit, warna favorit, hewan peliharaan, dll.
  • Siswa diberi waktu untuk mencari teman-teman sekelas yang memiliki kesamaan dengan mereka dalam setiap kategori.
  • Setiap kali menemukan kesamaan dengan teman, mereka mencatat nama teman di daftar mereka.
  • Setelah waktu habis, setiap siswa memperkenalkan satu teman yang mereka temui dan menjelaskan kesamaan yang mereka miliki.
BACA JUGA :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Analisis Perbedaan Teks Naratif Negosiasi

3. Pertanyaan Berantai

Permainan ini melibatkan siswa dalam lingkaran yang secara bergiliran menjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman sekelas mereka dan kemudian mengajukan pertanyaan kepada siswa berikutnya.

Cara Bermain:

  • Siswa duduk dalam lingkaran.
  • Mulailah dengan satu siswa menyebut namanya kemudian memilih seorang teman dan mengajukan pertanyaan (misalnya, “Apa hobi favoritmu?”).
  • Siswa yang ditanya harus menjawab pertanyaan tersebut dengan terlebih dahulu menyebutkan namanya dan kemudian mengajukan pertanyaan berbeda kepada siswa berikutnya.
  • Proses ini berlanjut hingga semua siswa mendapat kesempatan untuk menjawab dan mengajukan pertanyaan.

B. Pertanyaan Refleksi

Setelah melakukan kegiatan MPLS, penting bagi siswa untuk merenung dan merefleksikan pengalaman mereka. Berikut adalah beberapa pertanyaan refleksi yang bisa digunakan:

1. Apa yang Paling Saya Nikmati Hari Ini?

Ceritakan satu kegiatan atau momen yang paling Anda nikmati hari ini dan jelaskan alasannya. Apakah itu perkenalan dengan teman baru, mendengarkan cerita dari instruktur, atau mungkin sesuatu yang lain?

2. Apa yang Saya Pelajari Hari Ini?

Tuliskan satu atau dua hal baru yang Anda pelajari hari ini. Bisa berupa informasi tentang sekolah, teman-teman baru, atau pelajaran yang diberikan oleh instruktur.

3. Apa Tantangan yang Saya Hadapi Hari Ini?

Apakah ada sesuatu yang sulit atau menantang bagi Anda hari ini? Ceritakan tentang tantangan tersebut dan bagaimana Anda menghadapinya.

4. Bagaimana Perasaan Saya Tentang Hari Pertama Ini?

Gambarkan perasaan Anda tentang hari pertama MPLS. Apakah Anda merasa senang, cemas, bersemangat, atau mungkin campuran dari berbagai perasaan?

5. Apa yang Ingin Saya Capai di Hari-Hari Berikutnya?

Pikirkan tentang tujuan Anda untuk hari-hari berikutnya dalam MPLS. Apa yang ingin Anda pelajari atau capai? Apakah ada keterampilan atau pengetahuan khusus yang ingin Anda kembangkan?

BACA JUGA :  Ada Berapa Tingkatan dalam Pramuka Penegak?

Baca juga: Menguak Jawaban Teka-Teki MPLS yang Bikin Kamu Penasaran!


Dengan menggunakan permainan dan pertanyaan refleksi ini, MPLS bisa menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Jangan lupa untuk selalu bersikap terbuka dan bersemangat dalam menjalani kegiatan ini. Selamat menjalani MPLS!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *