Panduan Penyusunan Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

fokus edukasi
Pendidikan

Kurikulum Merdeka, yang disahkan oleh Kemdikbud Ristek, membawa perubahan signifikan dari Rencana Perencanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum 13 (K13) menjadi Modul Ajar. Modul ini memiliki peran penting sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Apa Itu Modul Ajar?

Modul Ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik pembelajaran, disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka. Modul ini membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif.

Komponen Modul Ajar

Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka mencakup beberapa komponen utama yang memudahkan perencanaan pembelajaran, antara lain:

  • Tujuan Pembelajaran: Menyatakan apa yang harus dicapai oleh peserta didik.
  • Langkah-langkah Pembelajaran: Menguraikan tahapan dalam proses pembelajaran.
  • Media Pembelajaran: Menyebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran.
  • Asesmen: Menyediakan alat untuk menilai pemahaman dan keterampilan peserta didik.

Kriteria Penyusunan Modul Ajar

Setiap guru harus memahami bagaimana menyusun modul ajar dalam Kurikulum Merdeka. Ada tiga kriteria utama dalam penyusunan modul ajar:

  1. Urutan Pengembangan Kompetensi:
    • Modul harus menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Satu Fase:
    • ATP harus menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang sesuai dari awal hingga akhir fase.
  3. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Keseluruhan Fase:
    • ATP harus menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antar fase dan jenjang pembelajaran.

Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, guru harus menggunakan sumber kompetensi pembelajaran yang tercantum pada Capaian Pembelajaran (CP). Guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran dengan mengambil referensi dari berbagai sumber atau memadukan tujuan dari berbagai kurikulum.

BACA JUGA :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Analisis Perbedaan Teks Naratif Negosiasi

Mengidentifikasi Profil Pelajar Pancasila

Guru juga harus melakukan identifikasi profil pelajar Pancasila yang berkaitan dengan kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Proyek profil pelajar Pancasila bukan hanya pendekatan berbasis proyek, namun guru bebas menggunakan pendekatan lain yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Langkah Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Untuk menyusun ATP yang baik, guru perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Analisis Capaian Pembelajaran (CP):
    • Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipegang, dan mengidentifikasi kompetensi yang dikuasai peserta didik.
  2. Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP):
    • Merumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, serta mengidentifikasi elemen atau sub-elemen profil pelajar Pancasila yang sesuai.
  3. Penyusunan Tujuan Pembelajaran:
    • Menyusun tujuan pembelajaran sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Dengan memahami dan menerapkan cara penyusunan modul ajar yang baik, guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi peserta didik.


Pentingnya Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka tidak bisa dianggap remeh. Modul ini adalah alat yang sangat berharga untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, serta membantu guru dalam mengelola dan menilai perkembangan kompetensi peserta didik. Teruslah belajar dan berinovasi dalam menyusun modul ajar untuk mendukung pembelajaran yang berkualitas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *