Soal Post Test
- Sikap berikut perlu dimunculkan oleh seorang coach dalam percakapan coaching untuk kalibrasi, beserta alasannya ….A. Mendengar aktif → agar coachee nyaman bercerita dan mampu memunculkan pemikiran atau ide-ide baru.
B. Peka → agar bisa menemukan letak kelemahan coachee yang perlu dikembangkan.
Daftar Isi
C. Ajukan pertanyaan menyelidik → agar coachee bisa menemukan ruang berkembang diri.
D. Berasumsi → agar coachee merasa punya teman dengan pengalaman serupa.
Jawaban: A. Mendengar aktif → agar coachee nyaman bercerita dan mampu memunculkan pemikiran atau ide-ide baru.
- Mana yang bukan merupakan karakteristik paradigma berpikir coaching ….A. Kemitraan
B. Pemberdayaan
C. Pengarahan
D. Kemandirian
Jawaban: C. Pengarahan.
- Berikut ini yang BUKAN merupakan niat dari percakapan coaching untuk perencanaan ….A. Mendampingi
B. Mendengarkan
C. Menjadi teman berpikir
D. Membantu dengan saran
Jawaban: C. Menjadi teman berpikir.
- Salah satu tips yang dapat membantu Kepala Sekolah dalam menerapkan percakapan coaching untuk pemecahan masalah yaitu ….A. Memberikan saran atas masalah yang dihadapi guru
B. Tidak terbawa dalam masalah yang dibawa oleh guru
C. Mengajak guru kembali melihat pengalamannya di masa lalu
D. Meminta guru langsung memikirkan solusi atas masalahnya
Jawaban: B. Tidak terbawa dalam masalah yang dibawa oleh guru.
- Kepala satuan pendidikan memulai dengan menanyakan situasi yang terjadi di kelas selama 1 bulan terakhir. Hal ini merupakan tahapan ….A. Tujuan
B. Identifikasi
C. Rencana Aksi
D. Tanggung Jawab
Jawaban: B. Identifikasi.
- Berikut ini BUKAN pertanyaan yang dapat diajukan saat melakukan percakapan coaching untuk memecahkan masalah ….A. Ceritakan apa masalahnya?
B. Bagaimana keadaannya saat ini?
C. Faktor apa yang menyebabkan masalah terjadi?
D. Hal-hal apa saja yang sudah bagus?
Jawaban: C. Faktor apa yang menyebabkan masalah terjadi?
- Kepala satuan pendidikan memulai dengan menanyakan pilihan lain yang lebih baik untuk dilakukan, dibandingkan pilihan-pilihan sebelumnya. Hal ini merupakan pertanyaan tahapan ….A. Tujuan
B. Identifikasi
C. Rencana aksi
D. Tanggung Jawab
Jawaban: C. Rencana aksi.
- Dampak positif bagi pribadi yang muncul dari penerapan pembinaan adalah ….A. Kebebasan
B. Kejelasan
C. Kemandirian
D. Kemerdekaan
Jawaban: C. Kemandirian.
- Percakapan coaching untuk pemecahan masalah dapat terjadi saat guru menghubungi kepala sekolah karena guru ….A. Mengalami krisis atau membutuhkan bantuan luar
B. Memulai sebuah kegiatan
C. Melakukan asesmen formatif
D. Menghadiri pertemuan bersama kepala sekolah
Jawaban: A. Mengalami krisis atau membutuhkan bantuan luar.