Pelaksanaan coaching di satuan pendidikan menjadi semakin penting dalam konteks pembelajaran modern. Menurut Federasi Pelatihan Internasional, coaching adalah bentuk kemitraan dengan klien dalam proses pemikiran yang memprovokasi dan kreatif yang menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional. Sedangkan menurut Loop Institute of Coaching, coaching adalah proses membangun kesadaran diri untuk menemukan potensi terbaik melalui percakapan yang bermakna untuk mencapai tujuan.
Daftar Isi
Dari definisi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa coaching adalah usaha untuk mempengaruhi seseorang untuk melakukan kinerja sesuai dengan tugasnya secara maksimal. Dalam rangka mendukung guru dan tenaga kependidikan di Indonesia, Platform Merdeka Mengajar menyediakan modul pelatihan, termasuk Post Test Modul 3 Praktik Coaching di Satuan Pendidikan.
Artikel ini akan memberikan pembahasan lengkap mengenai soal dan kunci jawaban Post Test Modul 3 Praktik Coaching di Satuan Pendidikan sebagai referensi bagi para guru dan pendidik.
A. Percakapan Coaching
Latihan Pemahaman
- Salah satu alur yang dapat digunakan dalam percakapan coaching adalah ….
- Jawaban: TIRTA
- Coaching dapat diberikan dalam bentuk sesi khusus atau dalam bentuk ….
- Jawaban: Percakapan
- Sikap yang tidak menggambarkan peran kepala satuan pendidikan sebagai seorang coach adalah ….
- Jawaban: Memberi penilaian
- Percakapan coaching untuk kalibrasi biasanya membahas tentang ….
- Jawaban: Penilaian kinerja diri
Cerita Reflektif
Tantangan apa yang pernah Anda hadapi saat terlibat dalam percakapan untuk memberdayakan rekan pendidik maupun tenaga kependidikan?
Jawaban: Tantangan yang dihadapi dalam mengobservasi pembelajaran yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan akses, dan objektivitas.
B. Kegiatan Penutup
Latihan Pemahaman
Guru memerlukan waktu berlatih yang pendek untuk dapat terampil menerapkan coaching di satuan pendidikan.
Jawaban: Salah
Cerita Reflektif
Ceritakan pengalaman Anda dalam memberdayakan rekan pendidik maupun tenaga kependidikan.
Jawaban: Saya menyadari bahwa beberapa guru yang saya bimbing belum melakukan refleksi yang memadai terkait pembelajaran mereka.