Artikel ini akan membantu Anda memahami kunci jawaban untuk Prinsip Asesmen di Raudhatul Athfal (RA) pada Modul 3.2 Bagian 2 yang disediakan melalui Platform Pintar Kemenag. Informasi ini sangat berguna bagi guru, pengajar, dan orang tua dalam mendampingi siswa memahami materi Kurikulum Merdeka.
Daftar Isi:
Baca juga: Kunci Jawaban Modul 3.1 Pintar Kemenag Penyesuaian Struktur Kurikulum Mi pada EMA No. 450 Tahun 2024
FOKUS akan memandu Anda melalui beberapa pertanyaan kunci yang umum muncul dalam materi ini. Artikel ini ditujukan untuk membantu pembaca memahami konsep dasar asesmen dan bagaimana prinsip ini diterapkan dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 di tingkat pendidikan Raudhatul Athfal.
Modul 3.2: Standar Kompetensi Lulusan RA – Bagian 2
Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di RA dengan berfokus pada prinsip-prinsip asesmen yang penting. FOKUS akan membahas 10 pertanyaan yang sering muncul, dilengkapi dengan jawaban yang dapat membantu para pendidik dalam memahami standar asesmen yang diharapkan.
Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Prinsip Asesmen di RA
-
Asesmen formatif di RA sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan, yang artinya…
- Pilihan Jawaban:
- A. Setiap kali siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran
- B. Secara terus-menerus selama proses pembelajaran berlangsung
- C. Setiap akhir semester
- D. Hanya pada saat ujian tengah semester
- Jawaban: B
- Pilihan Jawaban:
-
Capaian Pembelajaran (CP) Jati Diri pada siswa RA bertujuan untuk…
- Pilihan Jawaban:
- A. Membentuk siswa menjadi individu yang taat aturan saja
- B. Menyiapkan siswa untuk menghadapi ujian akademis
- C. Mengajarkan siswa berkompetisi dengan teman-temannya
- D. Mengembangkan kepribadian yang kuat, mandiri, dan berakhlak mulia
- Jawaban: D
- Pilihan Jawaban:
-
Komponen yang lebih dominan dalam Modul Ajar dibandingkan dengan RPP adalah…
- Pilihan Jawaban:
- A. Evaluasi pembelajaran
- B. Materi ajar yang mendetail dan kegiatan yang mendorong pembelajaran aktif
- C. Langkah-langkah pembelajaran yang spesifik
- D. Penilaian hasil belajar secara berkala
- Jawaban: B
- Pilihan Jawaban:
-
Manfaat alur tujuan pembelajaran dalam lingkup satuan pendidikan adalah…
- Pilihan Jawaban:
- A. Mengarahkan proses belajar mengajar agar lebih terencana dan terukur
- B. Memastikan semua guru mengajar dengan pendekatan yang sama
- C. Mengutamakan hasil tujuan daripada pembelajaran yang menyenangkan
- D. Menjadikan pembelajaran lebih kaku dan terstruktur
- Jawaban: A
- Pilihan Jawaban:
-
Prinsip Asesmen di Raudhatul Athfal harus memperhatikan perkembangan siswa secara…
- Pilihan Jawaban:
- A. Akademis
- B. Fisik
- C. Emosional
- D. Holistik
- Jawaban: D
- Pilihan Jawaban:
-
Dalam Kurikulum Merdeka, berapa alokasi waktu minimal yang harus diberikan untuk pembelajaran agama dan akhlak di MI?
- Pilihan Jawaban:
- A. 8 jam per minggu
- B. 4 jam per minggu
- C. 2 jam per minggu
- D. 6 jam per minggu
- Jawaban: D
- Pilihan Jawaban:
-
Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di MI, layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan peraturan. Berikut yang bukan merupakan muatan lokal adalah…
- Pilihan Jawaban:
- A. Keagamaan, seni budaya, prakarya, olahraga, dan kesehatan, bahasa, teknologi, dan riset
- B. Keagamaan, seni budaya, prakarya, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, bahasa
- C. Keagamaan, seni budaya, prakarya, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, bahasa, dan riset
- D. Keagamaan, seni budaya, prakarya, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, bahasa, teknologi, dan riset
- Jawaban: D
- Pilihan Jawaban:
-
Alur Tujuan Pembelajaran pada Raudhatul Athfal bertujuan untuk membantu siswa dalam…
- Pilihan Jawaban:
- A. Fokus pada aspek kognitif saja
- B. Menyelesaikan semua materi akademik sebelum masuk sekolah dasar
- C. Mengembangkan potensi diri dengan baik dan seimbang sesuai perkembangan usia
- D. Menghafal semua doa dan materi pelajaran agama
- Jawaban: C
- Pilihan Jawaban:
-
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama no. 450 tahun 2024, ada perbedaan antara struktur kurikulum kelas 1 dan kelas 2 sampai kelas 6. Jumlah alokasi waktu P5RA yaitu…
- Pilihan Jawaban:
- A. Kelas satu sebanyak 144 dan kelas dua sebanyak 118
- B. Kelas satu sebanyak 140 dan kelas dua 118
- C. Kelas satu sebanyak 140 dan kelas dua sebanyak 108
- D. Kelas satu sebanyak 144 dan kelas dua sebanyak 108
- Jawaban: D
- Pilihan Jawaban:
-
Salah satu prinsip pengambilan data asesmen di tingkat RA adalah autentik, yang dimaksud dengan autentik adalah…
- Pilihan Jawaban:
- A. Data diambil berdasarkan perkiraan guru
- B. Data diambil dari hasil ujian saja
- C. Data diambil dari aktivitas nyata siswa dalam keseharian
- D. Data diambil dari sumber yang tidak relevan
- Jawaban: C
- Pilihan Jawaban:
Kesimpulan
Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan dan kunci jawaban Modul 3.2 Standar Kompetensi Lulusan RA – Bagian 2 dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah KMA 450/2024. Dengan mengikuti kunci jawaban ini, diharapkan FOKUS dapat lebih memahami prinsip asesmen dan penerapannya di Raudhatul Athfal, sekaligus mendukung pencapaian Capaian Pembelajaran yang diinginkan.