Kunci Jawaban Lengkap Modul 3.1-3.6 Inovasi Madrasah Pintar Kemenag: Panduan Belajar

fokus edukasi
Pendidikan

Modul 3.5: Tolak Ukur Madrasah Hebat (Praktik Terbaik)

Soal dan Jawaban

  1. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri madrasah unggul, kecuali:Jawaban: C. Program yang positif hanya mendapatkan dukungan dari sekolah.
  2. Berikut adalah Kriteria madrasah Unggul, kecuali:Jawaban: D. Guru dan tenaga kependidikan memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi
  3. Pengertian Madrasah Unggul adalah:Jawaban: C. Madrasah unggul adalah Madrasah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran
  4. Ciri-ciri Madrasah Unggul adalah:Jawaban: D. Terjalinnya kemitraan yang baik antara sekolah dan orang tua siswa.
  5. Jika seorang siswa yang mudah bergaul, mampu berempati secara baik, mampu memahami suasana hati orang lain, dan mampu menjalin komunikasi dengan baik. Maka ini adalah ciri-ciri bahwa ia memiliki kecerdasan:Jawaban: C. Kecerdasan Interpersonal
  6. Berikut adalah Konsekuensi dari sebuah improvisasi kurikulum pada sebuah madrasah yang memiliki kelas Unggulan, kecuali:Jawaban: B. Hasil lulusan 100% di atas standar.
  7. Guru didorong untuk meningkatkan kompetensinya melalui Diklat atau workshop yang diadakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun madrasah sendiri. Bahkan dengan menggunakan biaya sendiri seperti: belajar membuat media pembelajaran yang kreatif baik manual maupun digital. Hal ini adalah sebagai salah satu tuntutan dalam:Jawaban: A. The best process
  8. Salah satu cara menjadikan Madrasah unggul adalah:Jawaban: C. Memiliki visi dan misi yang jelas
  9. Dampak positif suatu madrasah yang membuka program unggulan adalah:Jawaban: C. Berkembangnya karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Pusat Kurikulum Balitbang Kemendikbud
  10. Berikut adalah alasan Kenapa harus ada kelas unggulan, kecuali:Jawaban: C. untuk menyelesaikan pendidikan dalam tingkat yang lebih tinggi bagi keuntungan Sekolah.

Baca juga: Kunci Jawaban Soal Modul 3.7 Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran Pelatihan Pintar Kemenag

Modul 3.6: Penyusunan Rancangan Program Inovasi Madrasah

Soal dan Jawaban

  1. Sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain serta menjadi ikon dari madrasah tersebut merupakan ciri inovasi dari:Jawaban: D. Khas
  2. Salah satu alasan pengembangan inovasi madrasah adalah:Jawaban: D. Terciptanya kader-kader yang cerdas, mandiri dan berkarakter Islam
  3. Salah satu tokoh pengembangan tahapan dalam mengembangkan inovasi yaitu:Jawaban: B. Kuratko dan Hodgetts
  4. Dalam menciptakan inovasi madrasah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:Jawaban: D. Keterlibatan stakeholder dalam penyusunan RPM
  5. Dalam mengembangkan sebuah inovasi ada beberapa tahapan pengembangan ilmu pengetahuan menurut Herbert G Hicks yaitu:Jawaban: C. Logic, idea thinking, problem solving, free association
  6. Ciri-ciri keberadaan inovasi adalah sebagai berikut, kecuali:Jawaban: A. Akuntabel
  7. Dalam membangun mental model dalam berinovasi ada beberapa langkah, yaitu kecuali:Jawaban: D. Knowledge
  8. Mampu menggunakan peluang yang ada merupakan salah satu:Jawaban: C. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan inovasi
  9. Pengembangan ilmu pengetahuan dalam menciptakan inovasi ada… tahapan:Jawaban: D. Empat
  10. Salah satu manfaat adanya inovasi dalam sebuah madrasah adalah:Jawaban: D. Meningkatkan madrasah produktivitas
BACA JUGA :  10 Latihan Soal 3.7: Pengelolaan Perpustakaan dan Dokumentasi Manajemen Kemasjidan

Penutup

Demikian ulasan lengkap soal dan jawaban untuk Modul 3.1, 3.3, 3.4, 3.5, dan 3.6 dari pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah oleh Pintar Kemenag. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memahami materi pelatihan dengan lebih baik. Tetap semangat dalam belajar dan mengajar, serta terus berinovasi demi kemajuan pendidikan madrasah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *