Ibu Lidya seorang guru PAUD sekolahnya menerapkan sistem Belajar dari Rumah

Ibu Lidya, seorang guru PAUD sekolahnya menerapkan sistem Belajar dari Rumah, yang mengkombinasikan pembelajaran sinkron dan asinkron. Bu Lidya membuat rancangan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam bentuk ‘Choice Board’ atau “Papan Pilihan” dengan berdiskusi bersama rekan sejawat di sekolah.

Untuk menjalankan aktivitas tersebut muris butuh pendampingan orang tua. Bu Lidya setiap minggu mengunjungi orang tua untuk memberi penjelasan tentang aktivitas yang di gunakan dalam pembelajaran.

Strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepemimpinan murid berdasarkan kasus di atas adalah …

A. Keteribatan komunitas kelas
B. Keterlibatan komunitas sekolah
C. Keterilbatan komunitas keluarga
D. Keterlibatas komunitas yang lebih luas
E. Keterlibatan sekitar sekolah

Dalam kasus ini, Bu Lidya menerapkan sistem pembelajaran yang mengharuskan peran aktif orang tua dalam mendampingi murid. Choice Board adalah sebuah alat yang memungkinkan murid untuk memilih aktivitas pembelajaran berdasarkan minat dan kecepatan mereka masing-masing, namun untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan efektif, dibutuhkan dukungan orang tua sebagai pendamping di rumah.

Strategi keterlibatan komunitas keluarga dalam hal ini sangat penting, karena:

  • Keterlibatan orang tua sangat diperlukan untuk memfasilitasi pembelajaran yang telah dirancang oleh Bu Lidya. Ibu Lidya secara aktif mengunjungi orang tua setiap minggu untuk memberikan penjelasan mengenai aktivitas yang perlu dilakukan.
  • Orang tua menjadi bagian dari proses pembelajaran, yang dapat memperkuat kepemimpinan murid di rumah dan mendukung anak dalam menjalani pembelajaran dengan lebih baik.
  • Dengan adanya keterlibatan orang tua, mereka dapat membimbing dan mendampingi anak-anak mereka dalam memilih dan menyelesaikan aktivitas yang ada dalam Choice Board, menciptakan pembelajaran yang lebih terarah dan terstruktur.

Kenapa Pilihan Lain Tidak Tepat?

  • A. Keterlibatan komunitas kelas: Meskipun komunitas kelas penting dalam pembelajaran, dalam kasus ini Bu Lidya lebih memfokuskan pada peran orang tua di rumah, bukan hanya interaksi antar siswa di kelas.
  • B. Keterlibatan komunitas sekolah: Komunitas sekolah melibatkan guru dan staf sekolah lainnya, namun strategi yang digunakan Bu Lidya lebih mengutamakan keterlibatan keluarga dalam pembelajaran siswa di rumah.
  • D. Keterlibatan komunitas yang lebih luas: Keterlibatan komunitas yang lebih luas (misalnya masyarakat sekitar) tidak menjadi fokus utama dalam kasus ini. Pendekatan Bu Lidya berfokus pada keterlibatan orang tua.
  • E. Keterlibatan sekitar sekolah: Keterlibatan sekitar sekolah, meskipun penting, tidak ditekankan dalam pembelajaran Bu Lidya, karena pendampingan langsung lebih banyak dilakukan oleh orang tua di rumah.
BACA JUGA :  Salah satu sebab Pendekatan Berbasis Aset dipandang lebih baik dibandingkan Pendekatan Berbasis Kekurangan adalah

Kesimpulan

Jawaban yang tepat adalah C. Keterlibatan komunitas keluarga. Dalam hal ini, orang tua berperan sangat penting dalam mendampingi anak dalam pembelajaran yang diterapkan oleh Bu Lidya. FOKUS pada pembentukan kolaborasi yang baik antara guru dan keluarga, sehingga dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi murid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *