FOKUS – BPSDMD. LMS BANTEN CERIA Cerdas, Inovatif, dan Akhlakul Karimah BUKU PEDOMAN. provinsi banten BPSDMD PROVINSI BANTEN
EVALUASI PEMANFAATAN WEB LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BANTEN CERIA PADA DIKLAT KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR DAN DIKLAT PENGAWAS KEPEMIMPINAN DI BPSDMD PROVINSI BANTEN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan LMS Banten Ceria terhadap pelatihan PKA-PKP di BPSDMD Provinsi Banten yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecemasan akan munculnya kendala yang menghambat jalannya pelatihan karena baru pertama kali dilakukan pembelajaran secara virtual. Jenis penelitian deskriptif-evaluatif dengan menggunakan model CIPP (konteks, input, proses, produk) dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif.
Penelitian dilakukan selama lima bulan dari Juli hingga November 2021, melibatkan 50 responden dan 17 informan dari penyelenggara, pelatih dan peserta.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis menggunakan deskriptif naratif.
Hasil kajian tentang dampak penggunaan LMS Banten Ceria terhadap pelatihan PKA-PKP menunjukkan bahwa secara umum tidak ada kendala yang menghambat pelaksanaan proses pembelajaran, baik dari segi konteks, input, proses, maupun produk.
Namun demikian, ada tiga hal yang cukup penting untuk diperhatikan ke depannya, yaitu:
- Peran tutor dalam membangun keterikatan peserta;
- Kemampuan peserta untuk berinteraksi dengan sistem web; dan
- Up to date pengelolaan kinerja LMS Banten Ceria.
Kemampuan peserta untuk berinteraksi dengan sistem web; dan Up to date pengelolaan kinerja LMS Banten Ceria.
Kemampuan peserta untuk berinteraksi dengan sistem web; dan Up to date pengelolaan kinerja LMS Banten Ceria.