Fokus – Berikut kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 179 Kurikulum Merdeka.
Soal Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 179 Kurikulum Merdeka membahas tentang diksi, majas, dan tipografi dalam puisi berjudul Nyanyian Gerimis.
Sebelum melihat kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 179 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan dapat mengerjakan soal secara mandiri.
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 diperuntukkan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Fokus.co.id tidak bertanggung jawab dalam perbedaan jawaban pada kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 179 Kurikulum Merdeka.
Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 179 Kurikulum Merdeka:
Untuk membantu dalam menganalisis puisi di atas, kalian dapat mengisi tabel berikut!
1. Diksi
Tulislah pilihan kata-kata yang memiliki maksud atau makna tertentu dalam puisi di atas!
Jawaban:
Tabel 6.11 Isian diksi puisi Nyanyian Gerimis
1. Kata dalam puisi: Kuntum kesepian
Makna: Rasa sepi diibaratkan penyair seperti bunga.
Kata kuntum umumnya digunakan untuk bunga.
Hal ini bermakna sekalipun merasa sepi, tetapi mengandung keindahan tertentu.
2. Kata dalam puisi: Seluas kalbu
Makna: Kata kalbu bersejajar dengan hati, perasaan, dan batin.
Hal ini bermakna sesuatu yang dirasakan penyair dengan segenap hati, seluruh batin, dan sepenuh jiwa.
3. Kata dalam puisi: Lengkung pelangi
Makna: Pelangi mengandung makna keindahan.
Hal ini menggambarkan sesuatu yang indah, penuh warna, membuat tenteram, dan menimbulkan kenyamanan pada penyair.
4. Kata dalam puisi: Kawah gunung berapi
Makna: Kata kawah gunung berapi merupakan perumpamaan sesuatu yang akan meledak-ledak, tersimpan dipendam, tetapi bisa meletus dahsyat.
Hal ini digunakan penyair untuk perlambang rindu yang dirasakannya.
2. Majas (gaya bahasa)
Tuliskan majas (gaya bahasa) yang terdapat dalam puisi di atas! Apa efek atau kesan yang ditimbulkannya?
Jawaban:
Tabel 6.12 Isian majas puisi Nyanyian Gerimis
1. Jenis Majas: Metafora
Larik: Bagai kawah gunung berapi
Demi kuntum kesepian yang mekar seluas kalbu
Efek/kesan yang ditimbulkan: Besarnya rasa kesepian karena rindu yang memuncak.
2. Jenis Majas: Personifikasi
Larik: Nyanyian gerimis
Efek/kesan yang ditimbulkan: Ungkapan rasa sedih karena gerimis bisa diartikan kesedihan.
3. Jenis Majas: Simile
Larik: Seperti lengkung pelangi
Efek/kesan yang ditimbulkan: Tampilan cahaya mata seperti berbentuk setengah lingkaran yang mungkin diartikan bahwa dia juga rindu.
4. Jenis Majas: Sinestesia
Larik: Dipetik hangat percakapan
Efek/kesan yang ditimbulkan: Kesepian bisa terobati dengan sedikit percakapan yang hangat.
3. Tipografi (pewajahan puisi)
Jelaskan bagaimana bentuk tata wajah puisi di atas!
Jawaban:
Tabel 6.13 Isian tipografi puisi Nyanyian Gerimis
1. Aspek Tampilan: Pengaturan bait dan baris
Penjelasan/Deskripsi: Puisi terdiri atas tiga bait.
Bait pertama memiliki enam baris.
Bait kedua terdiri atas lima baris.
Adapun bait ketiga mengandung sepuluh baris.
Masing-masing baris terdiri atas 3 sampai dengan 7 kata.
2. Aspek Tampilan: Bentuk tampilan puisi
Penjelasan/Deskripsi: Bait pertama ditampilkan teratur rapi rata kiri untuk semua baris.
Pada bait kedua, penyair mengubah tampilannya.
Bentuk tampilannya seperti membentuk pola zig-zag atau seperti huruf z.
Hal tersebut dapat bermakna ketidakteraturan dan sesuatu yang berliku-liku.
Sama halnya pada bait ketiga, dengan jumlah baris lebih banyak, penyair membentuk pola zig-zag pada tampilannya.
3. Aspek Tampilan: Penulisan tanda baca
Penjelasan/Deskripsi: Pada bait pertama, setiap baris diawali huruf kapital tanpa tanda baca titik di akhirnya.
Hanya terdapat satu tanda titik pada baris kedua menjelang akhir baris.
Pada bait kedua, setiap baris juga diawali huruf kapital, tetapi tidak ada tanda baca satu pun pada bait kedua.
Adapun pada bait ketiga, huruf kapital juga ditempatkan pada setiap awal baris.
Tanda baca yang terdapat pada bait ketiga adalah tanda tanya (?) pada baris ke-13 serta tanda titik (.) pada pertengahan baris ke-15 dan baris ke-16.
*) Disclaimer:
– Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
– Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.