Kunci Jawaban Post Test Latihan Pemahaman Cerita Reflektif Modul 4 Kompetensi Numerasi dalam Rapor Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 28: Identifikasi keberagaman

Setelah membahas tentang literasi, Bapak dan Ibu Guru melanjutkan dengan bahasan tentang numerasi. Pada kesempatan ini kita akan mencermati kunci jawaban post test Latihan Pemahaman cerita reflektif Modul 4 kompetensi numerasi dalam rapor Pendidikan.

Penjabaran kunci jawaban Modul 4 kompetensi numerasi dalam rapor Pendidikan ini akan lebih memberi pemahaman pada Bapak da Ibu Guru tentang pembelajaran numerasi.

Numerasi merupakan kemampuan dalam mengaplikasikan pada konsep bilangan serta keterampilan operasi hitung untuk hidup di keseharian.

Numerasi tadi berkaitan atau berhubungan terhadap proses berhitung. Para pelajar memang banyak menerapkan pembelajaran dengan proses berhitung (numerasi).

Bisa dikatakan bahwa numerasi adalah kemampuan seseorang untuk menghitung dengan benar yang meliputi menghitung di dalam pelajaran, belanja, uang, jumlah benda termasuk juga mengukur berat benda, berat badan ataupun tinggi badan.

Soal 1. Pada soal ini terdapat pertanyaan, manakah urutan yang benar tentang kompetensi numerasi di dalam rapor Pendidikan?

A. Memahami – menalar – melakukan – mengevaluasi

B. Mengetahui – menerapkan – menalar

C. Menalar – memahami – melakukan

D. Mengetahui – melakukan- mengevaluasi

Jawaban yang tepat ialah: B. Mengetahui – menerapkan – menalar

Soal 2. Perhatikan pertanyaan berikut ini, pada pelajaran apa saja bisa diajarkan mengenai kompetensi menerapkan pada numerasi?

A. Buat sekolah tinggi saja

B. Pelajaran Matematika

C. Pada semua mata pelajaran

D. Mata pelajaran Sains

Jawaban yang tepat ialah: C. Pada semua mata pelajaran

Soal 1. Berikut ini merupakan urutan tahapan supaya siswa-siswi lebih mengerti dengan mendalam tentang numerasi:

A. Konkret – abstrak – gambar

B. Konkret – gambar – abstrak

C. Gambar – abstrak – konkret

D. Abstrak – Konkret – gambar

Jawaban: B. Konkret – gambar – abstrak

Soal 1. Dalam hal mempelajari materi ini sudah selesai maka aktivitas inspiratif apa saja yang akan Bapak dan Ibu Guru terapkan?

Baca Juga:  Jika Seorang Guru Ingin Muridnya Menjadi Manusia yang Memiliki Empati

Jawab: Saya akan belajar dengan berbagai ragam aktivitas inspiratif tentang numerasi yang ada di berbagai macam mata pelajaran.

Soal 2. Dalam soal ini adalah ceritakanlah pengalaman bapak dan ibu guru untuk membantu para murid khususnya menguatkan kemampuan numerasi pada diri para murid!

Jawab: Untuk menguatkan kemampuan numerasi pada diri para murid yaitu bisa dengan mengajak para murid belajar sambil bermain misalnya melakukan jual beli seperti yang ada di pasar.

Soal 1. Diantara bentuk penguatan kompetensi yang menerapkan pada numerasi adalah:

A. Pendidik mengajak peserta didik berkampanye tentang numerasi

B. Guru memberi tugas Matematika

C. Pendidik memberi tugas Sains

D. Guru mengajak siswa-siswi berdiskusi tentang penyajian data dalam bentuk grafis dan diagram.

Jawab yang tepat ialah: D. Guru mengajak siswa-siswi berdiskusi tentang penyajian data dalam bentuk grafis dan diagram

Soal 2. Pada soal ini terdapat contoh mengenai poin menalar yaitu memperluas pemahaman ke dalam situasi yang baru.

A. Murid kesulitan untuk mengukur buku

B. Andi dapat memperkirakan lebar buku tulis ada 15 cm

C. Murid dapat menghitung dengan tepat yaitu panjang penghapus

D. Adi menggunakan penghapus sebagai penggaris buat mengukur buku tulis

Jawaban yang tepat ialah: D. Adi menggunakan penghapus sebagai penggaris buat mengukur buku tulis

Soal 3. Perhatikan pernyataan soal di nomor 3 ini, pak Anas sedang mengajak para murid yaitu mengukur panjang buku tulis, namun tidak menggunakan penggaris. Kemudian di atas meja ada bola, sepatu dan penghapus yang telah dijelaskan berikut ini:

1) Penghapus lebih pendek dari buku maka telah dipahami untuk ukuran penghapus

2) Sepatu kelihatan lebih panjang dari buku maka belum dimengerti tentang berapa panjang ukuran sepatu

3) Bola belum dimengerti, berapa ukuran diameternya?

Baca Juga:  Fonem Adalah Bidang Keilmuan dan Contohnya

Mengapa Adi memilih menggunakan penghapus untuk mengukur panjang buku tulis? Jawaban berikut ini benar, kecuali:

A. Karena Adi mencari benda yang gampang didapat di meja saja

B. Karena Adi kesulitan mengukur dengan menggunakan bola

C. Karena Adi tidak boleh menggunakan penggaris

D. Karena panjang penghapus memiliki satuan terkecil dan dapat mengukur panjang buku

Jawaban yang tepat ialah: B. Karena Adi kesulitan mengukur dengan menggunakan bola

Soal 4. Dalam pernyataan ini terdapat soal tentang putra-putri yang sudah dapat memvisualisasikan benda konkret ke dalam nalarnya, kemudian dia siap masuk ke fase:

A. Konkrit

B. Kognitif

C. Abstrak

D. Gambar

Jawaban yang tepat ialah: C. Abstrak

Soal 5. Perhatikan soal nomor 5 ini mengenai peserta didik akan bisa memaksimalkan inderanya menerima info pada media yang mereka gunakan, fase itu adalah:

A. Abstrak

B. Konkret

C. Kognitif

D. Gambar

Jawaban yang tepat ialah: B. Konkret

Soal 6. Para murid sedang memesan sendiri pizza ke kasir. Maka hadirlah, 1 loyang pizza dibagi buat 4 murid. Kemudian pak guru menerangkan terdapat 1 loyang pizza jika dibagi 4 semuanya rata, simbol Matematikanya ¼. Manakah yang termasuk kompetensi mengetahui?

A. Para murid memahami fakta yaitu bagian pizza yang dimakan tiap murid, simbol Matematikanya ¼

B. Para murid dapat memesan pizza

C. Para murid bisa menghitung harga pizza

D. Para murid merayakan di toko pizza

Jawaban yang tepat ialah: A. Para murid memahami fakta yaitu bagian pizza yang dimakan tiap murid, simbol Matematikanya ¼.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *