FOCUS BISNIS – Cara menghasilkan uang dari Instagram, tidak sedikit merek yang mulai mengiklankan produk dan layanan mereka di Instagram, menggunakan akun Instagrammer lain (ternyata sekarang ada kata untuk itu juga) yang memiliki beberapa ribu / jutaan pengikut, atau keterlibatan yang sangat tinggi dan pengikut yang sedikit. (kita akan melihat ini selanjutnya).
Jika menurut Anda Anda membutuhkan ribuan atau jutaan pengikut untuk menghasilkan uang di Instagram, maka saya di sini untuk memberi tahu Anda bukan itu masalahnya. Jika Anda pikir itu mudah, maka saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa itu juga tidak mudah. Tidak mudah menghasilkan uang dari Instagram, tetapi juga tidak terlalu sulit. Pada dasarnya, ini juga merupakan pekerjaan yang membutuhkan beberapa jam, banyak produktivitas dan kreativitas, strategi yang cerdas, promosi dan dedikasi yang konstan.
Daftar Isi
Ribuan pengikut tidak cukup, Anda membutuhkan keterlibatan yang tinggi
Siapa pun yang memberi tahu Anda bahwa jika Anda memiliki ribuan pengikut di Instagram, Anda dapat dengan mudah menghasilkan uang darinya, mereka belum membuatnya sendiri. Saat ini ada ratusan ribu akun Instagram yang memiliki ribuan followers tapi tidak menghasilkan satu drachma pun. Alasan untuk ini? Mereka tidak memiliki keterlibatan yang tinggi, dan di sinilah Anda harus fokus.
Jika Anda seorang blogger, vlogger, atau podcaster, Anda tahu betul apa itu engagement, karena Anda berfokus untuk membangun blog yang sukses. Jika tidak, izinkan saya menjelaskan apa itu, sesederhana dan sejelas mungkin.
Keterlibatan pada dasarnya adalah seberapa banyak pengikut Anda berinteraksi dengan Anda. Jika, misalnya, Anda memiliki 10.000 pengikut yang hanya menyukai postingan Anda, jangan harap sebuah merek akan tertarik pada Anda. Namun, jika Anda memiliki 10.000 pengikut yang mengomentari postingan Anda, menyukai, dan berpartisipasi dalam diskusi, maka 10.000 pengikut itu lebih berharga daripada akun dengan 50.000 pengikut. Dan inilah yang dicari oleh brand, akun Instagram dengan followers yang diminati dan cermati dengan seksama apa yang diunggah oleh seorang Instagrammer.
Saat sebuah brand sedang mencari Instagrammer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di Instagram, hal pertama yang mereka lihat adalah engagement di setiap akun. Ini berarti mereka mencermati setiap kiriman yang dibuat dalam 3-6 bulan terakhir dan menganalisis komentar, suka, interaksi pengguna, tayangan, jangkauan, dan kemudian, jika mereka senang dengan apa yang mereka lihat, mereka meminta Anda untuk mengirimkannya dan statistik (yang dapat Anda temukan di pengaturan akun Anda).
Cara memastikan Anda memiliki profil Instagram profesional
Bahkan jika Anda memiliki ribuan pengikut di akun Instagram Anda, jika Anda tidak memiliki citra merek profesional, tidak ada yang akan bekerja dengan Anda. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan beberapa hal dengan benar.
Lengkapi deskripsi profil Anda dengan benar: Untuk memberikan citra profesional kepada setiap merek dan pengikut, Anda perlu memberi banyak penekanan pada deskripsi profil Anda. Isi informasi kontak Anda (email pasti) dan tulis deskripsi singkat tentang siapa Anda dan apa sebenarnya yang Anda unggah ke Instagram Anda. Di deskripsi pasti harus ada beberapa kata kunci (misalnya fashion, makanan, olahraga dan lain sebagainya) dan beberapa hashtag agar profil Anda lebih mudah dijangkau di hasil pencarian Instagram.
Posting sering, tetapi jangan terlalu sering: Untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda, Anda harus memposting cukup sering. Anda harus mengunggah setidaknya 3-4 foto sehari, tetapi setiap posting harus berjarak beberapa jam dari yang lain, agar Anda tidak lelah, tetapi juga agar Anda tidak di-unfollow karena spam. Jika Anda tidak dapat memposting cukup banyak foto sehari, posting setidaknya satu foto setiap hari tetapi berkualitas tinggi (konten berkualitas seperti yang kami sebut di blogosphere).
Kualitas adalah segalanya: Belum pernah ada yang bisa mempromosikan sesuatu secara profesional dan menghasilkan cukup uang dengan mengunggah foto dari ponsel mereka. Bahkan jika Anda memiliki iPhone model terbaru, hampir tidak mungkin mengunggah foto berkualitas. Anda membutuhkan foto berkualitas tinggi dan diambil dengan lensa yang bagus. Ini berarti Anda harus berinvestasi dalam kamera DSL, atau bahkan kamera Mirrorless. Jika Anda terus-menerus berfoto selfie dan mencoba mempromosikan diri Anda sebagai model, memburamkan latar belakang foto Anda dengan aplikasi atau smartphone tidaklah profesional dan tidak terlihat seperti Anda memotret dengan kamera DSLR.
Gunakan hanya tagar yang tepat: Dengan memposting foto yang menyertakan tagar yang tidak relevan untuk mendapatkan lebih banyak suka, Anda hanya melakukan lebih banyak kerugian daripada kebaikan pada gambar Anda. Dan tidak, saya tidak mengacu pada gambar yang Anda unggah, tetapi gambar profil Anda. Tagar yang Anda pasang pada foto harus setelah deskripsi foto berikut dan ditargetkan sebanyak mungkin. Jika Anda mengunggah foto saat bepergian di Athena, cantumkan #travel #traveling #athens #greece #outdoors #walking dan seterusnya, tetapi jangan #followforfollow #followback dan semua tagar spam terkait.
Tonton keterlibatan: Untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengikut Anda, Anda harus selalu menjawab komentar mereka, pertanyaan yang mereka ajukan dari cerita, menandai mereka dalam kasus tertentu dan terus-menerus mengajukan pertanyaan kepada mereka sehingga mereka berkomentar lagi dan lagi. Semakin banyak komentar dan pertanyaan, semakin baik untuk profil Instagram Anda dan masa depannya.
Cara menghasilkan uang dari Instagram
Jika Anda memiliki cukup banyak pengikut dan keterlibatan tinggi, inilah saatnya untuk melihat semua cara Anda dapat menghasilkan uang dari Instagram. Tidak mudah untuk mencapainya, tetapi juga tidak mustahil. Ada jutaan merek di luar sana dan ratusan ribu instagrammer menghasilkan sedikit uang untuk mempromosikan produk mereka.
1. Pemasaran Afiliasi
Afiliasi pemasaran adalah cara paling standar bagi para instagrammer, blogger, dan vlogger menghasilkan uang. Apa yang Anda lakukan pada dasarnya adalah mempromosikan produk atau layanan tertentu menggunakan tautan tertentu. Anda memasang tautan dari suatu produk, dan bergantung pada penjualan yang dilakukan dari tautan Anda, Anda juga mendapatkan persentase dari setiap penjualan.
Karena Instagram tidak mengizinkan Anda untuk menambahkan tautan aktif ke deskripsi foto Anda, Anda dapat menggunakan bitly.com menyediakan tautan pendek (mudah bagi seseorang untuk mengetik di browser mereka) dan juga menempatkannya di akhir deskripsi profil Anda. (di mana pun Anda akan meninggalkannya sampai Anda mengunggah produk afiliasi berikutnya).
Untuk mempromosikan produk atau layanan afiliasi dengan benar di Instagram, Anda juga perlu mengunggah foto yang sesuai. Instagrammer terkenal ketika mereka mempromosikan produk, memastikan bahwa foto mereka selalu menjadi milik mereka – yaitu, diambil oleh mereka – sehingga meskipun merek itu sendiri memposting ulang produk tersebut, mereka menandainya dan mendapatkan orang dan “kemuliaan”.
2. Buat Posting Bersponsor (konten promosi)
Jika Anda ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin dalam waktu cepat, Anda harus menarik minat merek tertentu. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu mengingat beberapa hal:
- Produk atau layanan apa yang ingin Anda promosikan?
- Apakah mereka cocok dengan tema foto Anda?
- Seberapa baik pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan foto Anda?
Untuk membuat merek tertarik, Anda perlu membuktikan kepada mereka bahwa Anda tidak hanya dapat membuat konten profesional untuk mereka, tetapi juga bahwa Anda memiliki cukup banyak pengikut yang sangat terlibat yang akan tertarik dengan produk mereka.
Posting instagram di atas adalah promosi untuk browser Vivaldi . Browser yang ideal untuk blogger, jurnalis, dan power user pada umumnya, jadi suatu keharusan untuk situs web seperti Inkstory.
Katakanlah Anda ingin mempromosikan produk Nike dan Anda memiliki beberapa sepatu Nike baru. Mulailah mengambil foto sepatu secara profesional dan publikasikan (gratis tentunya) 4-5 foto dalam sebuah postingan (galeri). Kemudian @mention Nike ( @nike ), gunakan tagar yang sesuai, dan posting foto, sambil mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda untuk dikomentari. Kemudian merek akan memeriksa penyebutan yang Anda buat kepada mereka, mereka akan melihat di deskripsi profil Anda email kontak yang Anda berikan dan, jika mereka menyukai pekerjaan dan profil Anda serta senang dengan pengikut dan keterlibatan yang Anda miliki, mereka akan menghubungi .
3. Jual stok foto Anda (untuk fotografer profesional)
Jika Anda seorang fotografer profesional dan ingin mempromosikan karya Anda untuk menjual foto sebanyak mungkin, maka Instagram adalah jejaring sosial yang tepat untuk itu.
Jika Anda menjual foto Anda di situs web stok, lalu unggah ke Instagram dengan pratinjau setiap layanan (Anda tahu, logo yang terlihat di mana-mana kecuali seseorang membeli foto), letakkan tagar yang tepat, @sebutkan layanan yang Anda jual foto Anda (agar dia dapat memposting ulang dan mendapatkan lebih banyak pengikut dan meningkatkan penjualan Anda) dan pada saat yang sama, mengunggah foto (Anda yang kurang bagus) ke situs seperti Unsplash dan Pixabay untuk diunduh gratis . Dengan demikian, pengguna akan menggunakan stok foto gratis, tetapi mereka juga akan melihat foto premium yang Anda miliki, sementara pada saat yang sama Anda juga akan menargetkan layanan premium dan promosi layanan freemium.
Misalnya, ketika saya mengunggah beberapa foto ke profil Unsplash saya dan menambahkan tautan ke profil Instagram saya di deskripsi profil saya, saya memiliki cukup banyak pengikut yang menemukan saya dari Unsplash. Selain itu, dari waktu ke waktu, saya mendapatkan cukup banyak @sebutan dari pengguna yang menggunakan stok foto gratis saya.
4. Jual akun Instagram Anda
Apakah Anda pandai mengumpulkan cukup banyak pengikut tetapi tidak dapat mempromosikan produk dan layanan serta mencari merek? Tidak masalah! Anda dapat terus membuat akun Instagram baru, menumbuhkan pengikut mereka, dan kemudian menjualnya.
Cara terbaik dan tercepat untuk menjual akun Instagram Anda adalah melalui SocialTradia , layanan berbasis di Kanada yang memudahkan proses jual/beli akun Instagram.
Bagaimana menemukan merek untuk bekerja sama
Jika Anda cukup besar, kemungkinan merek akan menemukan Anda. Tetapi jika Anda ingin masuk ke dalam permainan pencarian, atau umumnya ingin lebih selektif dengan merek yang Anda pilih untuk bekerja sama, maka Anda dapat menghubungi merek tertentu.
Selain berhubungan langsung dengan bagian pemasaran suatu brand (ini dilakukan dengan mencari dan menemukan email yang sesuai), Anda bisa mencoba mencari brand baru dari berbagai marketplace.
- Shoutcart : Jika Anda memiliki beberapa ribu atau jutaan pengikut, Shoutcart akan sangat menarik bagi Anda. Mungkin pasar terbaik untuk menghasilkan uang dari Instagram.
- Grapevine : Jika Anda memiliki lebih dari 5.000 pengikut, Anda dapat memasuki Grape Vine, pasar yang memungkinkan Anda berkolaborasi dengan berbagai merek.
- indaHash : Beberapa merek meluncurkan kampanye baru yang dapat Anda ikuti. Unggah foto dengan tagar tertentu di Instagram dan dapatkan bayaran untuk itu. Anda membutuhkan setidaknya 700 pengikut yang terlibat untuk berpartisipasi.
How He Asked adalah akun yang menghasilkan uang dari Instagram dengan mempromosikan berbagai produk dan layanan dari berbagai marketplace.
Biaya setiap artikel promosi dapat bervariasi dari instagrammer ke instagrammer dan dari layanan ke layanan, tetapi Anda pasti bisa berhasil jika Anda memiliki strategi yang baik dan siap menginvestasikan cukup waktu dan bekerja untuk profil Instagram Anda. Lagi pula, untuk menghasilkan uang dari Instagram, Anda harus bekerja untuk itu, sama seperti bisnis online lainnya.
Apakah Anda berhasil menghasilkan uang dari profil Instagram Anda? Apakah Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang bagaimana melakukannya? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di akhir artikel atau hubungi saya untuk membantu Anda lebih lanjut.