FOKUS – Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang meliputi pengajaran, pembimbingan, dan pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan individu agar mampu menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari dan menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi positif.
Pendidikan dapat berlangsung di berbagai tempat, seperti sekolah, perguruan tinggi, atau bahkan di rumah.
Tujuan utama pendidikan adalah untuk membantu individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam kehidupan pribadi dan sosial mereka, serta memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.
Pendidikan juga dapat diartikan sebagai proses pembentukan karakter dan kualitas pribadi individu yang melibatkan aspek fisik, emosional, sosial, dan intelektual.
John Dewey
Menurut Dewey, pendidikan adalah suatu proses pemikiran dan tindakan dalam membentuk pikiran dan karakter individu dalam masyarakat.
Jean Piaget
Piaget berpendapat bahwa pendidikan adalah proses untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mereka untuk berpikir dan memahami dunia di sekitar mereka.
Paulo Freire
Freire menganggap pendidikan sebagai suatu proses pembebasan manusia dari ketidakadilan dan kesenjangan sosial.
Lawrence Stenhouse
Menurut Stenhouse, pendidikan adalah suatu proses yang terus menerus dalam mencari dan menemukan pengetahuan, dan bukan hanya menghafal fakta.
Maria Montessori
Montessori mendefinisikan pendidikan sebagai suatu proses pengembangan individu secara menyeluruh melalui pengalaman langsung dengan lingkungannya.
Mohammad Natsir
Mohammad Natsir, salah satu tokoh pendidikan Indonesia, mendefinisikan pendidikan sebagai suatu usaha yang bertujuan untuk membentuk manusia yang berakhlak mulia, berilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki kecerdasan yang seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Dalam pandangan Natsir, pendidikan juga harus mampu memperkaya kehidupan manusia agar dapat berkontribusi positif bagi masyarakat.