Edukasi

Jawaban Rinci Ulangan Bab 5 “Tirani Matahari Terbit” Sejarah Kelas XI

×

Jawaban Rinci Ulangan Bab 5 “Tirani Matahari Terbit” Sejarah Kelas XI

Sebarkan artikel ini
Hyperion Jenis Pohon Tertinggi dan Tertua di Dunia
Pohon Hyperion

Jawaban dan Pembahasan Soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: “Tirani Matahari Terbit” Sejarah Kelas XI

Halo para pelajar dan pengajar! Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara rinci soal-soal dari Latih Ulangan Akhir Bab 5: “Tirani Matahari Terbit” yang terdapat di buku Sejarah kelas XI halaman 72. Dengan memahami materi ini, diharapkan kalian dapat lebih mudah menjawab soal-soal dan juga mendapatkan wawasan lebih dalam tentang pendudukan Jepang di Indonesia. Yuk, kita simak pembahasan berikut!

Materi Bab 5: Pendudukan Jepang di Indonesia

Sebelum masuk ke pembahasan soal, mari kita ulas sedikit tentang materi Bab 5 ini. Bab ini membahas tentang pendudukan Jepang di Indonesia, mulai dari strategi propaganda, pemerintahan militer, ideologi Pan Asia, organisasi PUTERA, Barisan Pelopor, hingga dampak dari kebijakan Jepang terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan memahami konteks sejarah ini, kalian akan lebih mudah dalam menjawab soal-soal yang ada.

Pembahasan Soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: “Tirani Matahari Terbit”

1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata?

Jawaban: Jepang berhasil memasuki Kepulauan Indonesia dengan mudah karena strategi mereka yang berbeda dibandingkan Belanda dan sekutu lainnya. Jepang menggunakan propaganda untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Mereka berjanji akan membantu Indonesia mengalahkan Belanda dan sekutu serta memberikan kemerdekaan sepenuhnya kepada Indonesia. Janji ini membuat rakyat Indonesia awalnya menyambut kedatangan Jepang dengan harapan yang tinggi.

2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatera, Jawa, dan juga Indonesia bagian timur?

Jawaban: Pemerintahan militer dibentuk di Sumatera, Jawa, dan Indonesia bagian timur karena wilayah-wilayah ini memiliki strategi dan sumber daya penting. Militer di Indonesia bagian timur sangat lemah dan rawan penjajahan. Selain itu, Sumatera dan Jawa memiliki hasil tambang yang melimpah, sehingga ketiga daerah tersebut rentan mengalami penjajahan dan sangat penting untuk dikuasai oleh Jepang.

BACA JUGA:  Bolehkah Wartawan Foto dan Merekam Tanpa Izin

3. Apa maksud program “Pan Asia” dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko Ichiu?

Jawaban: Program Pan Asia merupakan ideologi yang mempromosikan persatuan politik dan ekonomi serta kerja sama masyarakat Asia. Ideologi ini berhubungan dengan slogan Hakko Ichiu milik Jepang yang berarti “Delapan Penjuru Dunia di Bawah Satu Atap”. Slogan ini mencerminkan semangat persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya selama Perang Dunia II.

4. Mengapa dibentuk PUTERA dan apa tujuannya?

Jawaban: PUTERA adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 16 April 1934. Tujuannya adalah agar kaum nasionalis dan intelektual Indonesia mau mengabdikan pikiran dan tenaganya untuk melawan sekutu. Namun, bagi Indonesia, PUTERA juga memiliki kaitan erat dengan gerakan BPUPKI dan perjuangan kemerdekaan.

5. Mengapa dibentuk Barisan Pelopor dan apa tujuannya?

Jawaban: Barisan Pelopor adalah sayap pemuda dari Jawa Hokokai yang dibentuk pada bulan Agustus 1944. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pemuda Indonesia. Namun, ada maksud tersembunyi, yaitu untuk mendapatkan tenaga cadangan sebanyak-banyaknya yang diperlukan Jepang untuk mendukung kemenangan dalam Perang Dunia II.

6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang?

Jawaban: Ekonomi perang adalah konsep yang menggunakan cara-cara ekonomi untuk menghancurkan negara musuh melalui kehancuran perekonomiannya. Ini dilakukan dengan berbagai cara seperti blokade, pencegahan pembelian atau perolehan bahan-bahan strategis, senjata, atau mesin, serta pengucilan dari kegiatan ekonomi.

7. Pada zaman Jepang, keadaan pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami kemerosotan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba lakukan telaah kritis!

Jawaban: Kemerosotan ini terjadi karena Jepang hanya membolehkan penanaman tumbuhan tertentu seperti jarak, lada, dan tanaman tertentu lainnya yang mereka butuhkan untuk perang. Selain itu, hanya kalangan bangsawan yang diperbolehkan bersekolah, sehingga akses pendidikan menjadi sangat terbatas.

BACA JUGA:  6 Jenis Lari dalam Olahraga Atletik: Materi PJOK Kelas XI

8. Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan Jepang terhadap kehidupan masyarakat!

Jawaban: Dampak kebijakan Jepang terhadap kehidupan masyarakat Indonesia sangat signifikan, antara lain:

  • Rakyat Indonesia tersiksa karena kebijakan kerja paksa yang semena-mena (Romusha).
  • Lahan pertanian menjadi rusak karena tidak memperhatikan musim dan jenis tanaman yang cocok, hanya fokus pada keuntungan.
  • Akses pendidikan terbatas hanya untuk bangsawan, sehingga rakyat umum tidak mampu melakukan kegiatan belajar mengajar.
  • Ekonomi Indonesia memburuk karena kebijakan ekonomi Jepang yang hanya menguntungkan pihak mereka.

9. Jelaskan tentang perlawanan Rakyat Papua terhadap kekejaman Jepang!

Jawaban: Perlawanan rakyat Papua terhadap Jepang terjadi di beberapa daerah, antara lain:

  • Biak (1944): Dipimpin oleh L. Rumkorem, pimpinan Gerakan “Koreri”. Perlawanan ini dilatarbelakangi penderitaan rakyat yang diperlakukan sebagai budak.
  • Pulau Yapen Selatan: Dipimpin oleh Nimrod, dengan bantuan senjata dari Sekutu sehingga perlawanan semakin intensif. Nimrod dihukum pancung oleh Jepang, namun rakyat tetap melawan di bawah pimpinan Silas Papare.
  • Tanah Besar (Irian): Dipimpin oleh Simson, dengan dukungan dari pasukan Sekutu.

10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan di Jepang di Indonesia?

Jawaban: Dari sejarah pendudukan Jepang di Indonesia, kita bisa mendapatkan nilai-nilai seperti:

  • Menghargai pendidikan dan menjadi lebih semangat dalam belajar.
  • Kerja keras dan tekad untuk mencapai cita-cita, terinspirasi dari perjuangan rakyat pada masa pendudukan Jepang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: “Tirani Matahari Terbit” materi Sejarah kelas XI halaman 72. Dengan memahami jawaban dari setiap soal, diharapkan kalian dapat lebih memahami materi dan siap menghadapi ulangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam proses belajar kalian. Tetap semangat dan jangan ragu untuk terus mengeksplorasi sejarah Indonesia!

BACA JUGA:  Mengenal Aceh: Serambi Mekkah yang Menyimpan Pesona Sejarah dan Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *