Edukasi

Kunci Jawaban dari Soal IKM Pintar Kemenag 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)

×

Kunci Jawaban dari Soal IKM Pintar Kemenag 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)

Sebarkan artikel ini

Soal 4

Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Terkait prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru terhadap peserta didik, kecuali ….

  • A Guru memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar.
  • B Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah untuk mendorong pembelajaran mandiri.
  • C Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran diiringi dengan pemberian tugas.
  • D Guru mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi.

Jawaban: D

Soal 5

Perhatikan tabel di bawah ini!

1. Menetapkan peringkat peserta didik di dalam kelas

2. Mengumpulkan dan menghimpun data tentang kesiapan belajar

peserta didik

3. Membandingkan kemampuan antar peserta didik

4. Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik

Dari tabel di atas, yang merupakan tujuan dari assesmen awal adalah …

  • A 2 dan 3
  • B 1 dan 4
  • C 1 dan 2
  • D 2 dan 4

Jawaban: D

Soal 6

Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase.

Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase.

Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali ….

  • A Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik.
  • B Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif.
  • C Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.
  • D Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

Jawaban: D

Soal 7

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase.

BACA JUGA:  Cara Menanam Cabe Dari Biji dalam Pot

Dalam CP terdapat dua unsur utama yaitu….

  • A Kompetensi dan tujuan
  • B Materi dan tujuan
  • C Kompetensi dan materi
  • D Alur dan kompetensi

Jawaban: C

Soal 8

Semua peserta didik berhak mendapatkan layanan pembelajaran termasuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).

Apabila di suatu sekolah/madrasah terdapat PDBK yang memiliki kendala berkaitan dengan hambatan kognitif, maka yang harus dilakukan adalah….

  • A Menyamakan dengan peserta lain yang bukan PDBK.
  • B Memberikan les tambahan setelah pulang sekolah.
  • C Adaptasi kurikulum dengan menurunkan standar pada Capaian Pembelajaran.
  • D Modifikasi kurikulum dengan cara memodifikasi cara belajar.

Jawaban: C

Soal 9

Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali ….

  • A Guru memberikan umpan balik langsung untuk mendorong kemampuan peserta didik.
  • B Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama tanpa melibatkan orang tua atau guru lain.
  • C Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi.
  • D Pada awal tahun ajaran, guru mencari tahu kesiapan belajar peserta didik.

Jawaban: B

Soal 10

Dalam Capaian Pembelajaran Matematika terdapat kalimat ”Dengan demikian, relevansinya dengan profil pelajar Pancasila, Mata Pelajaran Matematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik”.

Kalimat tersebut merupakan bagian dari komponen CP yaitu….

  • A Rasional mata pelajaran
  • B Tujuan mata pelajaran
  • C Elemen setiap fase
  • D Karakteristik mata pelajaran

Jawaban: A


Kesimpulan

Pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka adalah pendekatan yang sangat penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan unik siswa. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk menyesuaikan metode pengajaran mereka, memastikan setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan potensi dan minat mereka. Dengan memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.

BACA JUGA:  Mengapa Orang Percaya pada Ramalan Astrologi - Psikologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *