Edukasi

Kunci Jawaban Post Test Modul Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh Lengkap dengan Kunci Jawaban

×

Kunci Jawaban Post Test Modul Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh Lengkap dengan Kunci Jawaban

Sebarkan artikel ini

Selamat datang di artikel kami yang mengulas Post Test Modul Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh Lengkap dengan Kunci Jawaban. Artikel ini dirancang khusus untuk para pendidik yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang konsep Merdeka Belajar dan bagaimana cara mendampingi murid dengan pendekatan yang utuh dan menyeluruh.

Dalam dunia pendidikan, mendampingi murid dengan cara yang holistik sangat penting untuk memastikan bahwa setiap aspek perkembangan mereka diperhatikan. Modul ini menawarkan berbagai strategi dan wawasan tentang bagaimana menjadi pendidik yang efektif dalam mendukung murid secara keseluruhan – baik dari segi akademis, emosional, sosial, maupun moral.

Artikel ini tidak hanya memberikan kunci jawaban yang benar untuk post test, tetapi juga penjelasan rinci untuk setiap pertanyaan. Dengan mempelajari jawaban-jawaban ini, para pendidik dapat lebih memahami materi modul dan bagaimana menerapkannya dalam situasi nyata di kelas. Kami juga menyertakan FAQ (Frequently Asked Questions) yang mengandung kata kunci penting, seperti “Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh,” untuk membantu pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang modul ini, pendidik akan lebih siap untuk mengimplementasikan metode pengajaran yang inovatif dan efektif, serta mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan optimal setiap murid. Ayo, kita jelajahi bersama Post Test Modul Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh Lengkap dengan Kunci Jawaban ini dan jadilah pendidik yang lebih baik bagi generasi masa depan.


Soal 1 dari 10

Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…

BACA JUGA:  Makna Penghargaan Satyalancana Karya Satya Kepada ASN

A. kodrat alam dan kodrat zaman.

B. kodrat alam dan kodrat dunia.

C. kodrat zaman dan kodrat dunia.

D. kodrat dunia dan kodrat akhirat.

Jawaban: A

Penjelasan:

Ki Hadjar Dewantara, sebagai tokoh pendidikan Indonesia, mengemukakan konsep kodrat keadaan yang terdiri dari kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam mencakup segala sesuatu yang berasal dari alam dan tidak bisa diubah, sementara kodrat zaman adalah kondisi sosial, budaya, dan teknologi yang terus berubah seiring waktu. Dengan memahami kedua aspek ini, pendidik dapat lebih efektif dalam mendampingi dan mengajar murid sesuai dengan kondisi yang ada.

Soal 2 dari 10

Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya…

A. pembelajaran mandiri.

B. pembelajaran praktis.

C. pembelajaran demokratis.

D. pembelajaran kontekstual.

Jawaban: D

Penjelasan:

Pembelajaran kontekstual sangat penting untuk membantu murid menguatkan kekuatan kodrat mereka. Pembelajaran kontekstual adalah metode pengajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Dengan demikian, siswa dapat lebih memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan nyata. Ini berbeda dengan pembelajaran mandiri, praktis, atau demokratis, yang meskipun penting, tetapi tidak seefektif pembelajaran kontekstual dalam hal ini.

Soal 3 dari 10

Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?

A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.

B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.

C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.

D. Guru dapat berperan menciptakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.

Jawaban: C

Penjelasan:

Di era digital saat ini, murid memiliki akses ke berbagai sumber belajar selain guru, seperti internet, buku, dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, peran guru kini lebih sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar mereka. Dengan menjadi penghubung, guru membantu murid menemukan dan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia, serta mengarahkan mereka dalam menggunakan sumber-sumber tersebut dengan efektif.

BACA JUGA:  7 Manfaat Menjadi Guru Penggerak

Soal 4 dari 10

Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah…

A. Kontinyu

B. Konvensi

C. Konvergen

D. Konsentris

Jawaban: A

Penjelasan:

Kontinyu berarti berkesinambungan atau terus menerus. Prinsip ini sangat penting dalam kemajuan kebudayaan, di mana perubahan dan perkembangan harus dilakukan secara terus-menerus dan tidak terputus. Dengan menerapkan prinsip kontinyu, kemajuan kebudayaan dapat dicapai melalui proses yang berkelanjutan dan konsisten, memungkinkan perbaikan dan penyesuaian yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Soal 5 dari 10

Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…

A. kontinuitas.

B. konvensi.

C. konvergen.

D. konsentris.

Jawaban: C

Penjelasan:

Konvergen adalah proses di mana berbagai kebudayaan bergerak menuju kesatuan atau kesamaan. Dalam konteks kebudayaan dunia, konvergen berarti bahwa kebudayaan-kebudayaan yang berbeda saling mempengaruhi dan mendekati satu sama lain, menuju arah kesatuan kebudayaan dunia yang lebih harmonis dan manusiawi. Ini mencerminkan globalisasi dan saling keterkaitan antar budaya yang semakin meningkat.

Soal 6 dari 10

Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?

A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.

B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.

C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.

D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.

Jawaban: A

Penjelasan:

Untuk membantu murid menguatkan kekuatan kodrat mereka, dibutuhkan pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung. Pembelajaran kontekstual membantu siswa memahami materi pelajaran dalam konteks kehidupan nyata, sementara lingkungan yang mendukung mencakup fasilitas, suasana, dan budaya sekolah yang mendukung proses belajar. Kedua elemen ini bekerja sama untuk menciptakan kondisi yang optimal bagi perkembangan murid.

BACA JUGA:  Lirik dan Makna Tembang Dolanan Tak Lelo Ledung - Lagu pengantar Tidur

Selanjutbta Soal 7 dari 10:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *