Latihan Soal KSM IPS Tingkat MTs dengan Jawaban: Siap Hadapi Kompetisi!

fokus edukasi
Pendidikan

Halo adik-adik dan para pendidik! Siap-siap menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dengan penuh percaya diri. Dalam artikel ini, kami telah menyusun latihan soal-soal KSM mapel IPS tingkat Madrasah Tsanawiyah lengkap dengan jawabannya. Soal-soal ini dirancang untuk membantu kalian memahami materi yang akan diujikan serta memperkuat pemahaman kalian dalam pelajaran IPS.

Mengikuti latihan soal-soal KSM IPS ini sangat penting karena KSM tidak hanya menguji pengetahuan sains tetapi juga bagaimana nilai-nilai Islam diintegrasikan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, soal-soal ini juga mencakup konteks nilai-nilai Islam yang relevan dengan materi IPS. Dengan latihan yang intensif, adik-adik dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan kemampuan analitis serta penalaran kritis.

Baca juga: Panduan Kunci Jawaban Soal IPA KSM MTs 2024: Siapkan Diri Hadapi Ujian!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai latihan sekarang dan raih prestasi terbaik di Kompetisi Sains Madrasah! Semoga latihan ini bermanfaat dan dapat membawa kalian menuju kesuksesan. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel ini akan membantu kalian memahami berbagai soal yang mungkin muncul dalam pelatihan KSM.

Mengapa Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Penting?

Kompetensi Sains Madrasah (KSM) adalah ajang yang sangat baik untuk mengembangkan budaya kompetisi di kalangan pelajar. Pada tahun 2018, KSM mulai mengintegrasikan sains dengan nilai-nilai Islam, memberikan pendekatan yang unik dan bermanfaat.

Yuk, Latihan Soal-Soal KSM IPS!

Berikut ini adalah beberapa contoh soal latihan yang akan membantu kalian dalam persiapan KSM. Simak baik-baik dan cobalah untuk menjawabnya dengan benar.

Soal 1: Pola Pemukiman

Pola pemukiman sesuai kondisi geografis di daerah yang kurang subur atau di dataran tinggi adalah:

A. Pola Linier
B. Pola memanjang
C. Pola menyebar
D. Pola memusat

Jawaban: C. Pola menyebar

Soal 2: Pengaruh Masuknya Hindu ke Indonesia

Salah satu pengaruh masuknya Hindu ke Indonesia di bidang sosial adalah terciptanya sistem kasta pada masyarakat Hindu Indonesia. Tingkat kasta ksatria dalam masyarakat Hindu ditunjukkan pada pilihan:

BACA JUGA :  Negara di Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah oleh Bangsa Asing Yaitu

A. Pendeta, buruh dan guru
B. Raja, tentara, dan buruh
C. Petani, pendeta, dan seniman
D. Raja, bangsawan, dan tentara

Jawaban: D. Raja, bangsawan, dan tentara

Soal 3: Proses Sosial Asosiatif

Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Pemilik perusahaan mebel bekerja sama dengan toko mebel
  2. Debat calon kandidat ketua OSIS berlangsung secara kompetitif
  3. Pihak yang terlibat sengketa lahan menyelesaikan konflik dengan cara arbitrasi
  4. Suporter kesebelasan sepak bola AREMA Malang terlibat konflik

Proses sosial asosiatif dalam masyarakat ditunjukkan oleh angka:

A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)

Jawaban: B. 1) dan 3)

Soal 4: Organisasi Pergerakan Nasional

Organisasi pergerakan nasional yang berdiri pada masa awal pergerakan nasional adalah:

A. Budi Utomo
B. Sarekat Islam
C. Tri Koro Dharmo
D. Perhimpunan Indonesia

Jawaban: A. Budi Utomo

Soal 5: Peran Organisasi Pergerakan Nasional

Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij adalah tiga organisasi yang terbentuk pada awal abad XX. Peran organisasi tersebut bagi pergerakan nasional bangsa Indonesia yaitu:

A. Mendorong bangsa Indonesia mewujudkan kemerdekaan melalui perjuangan fisik
B. Menginspirasi pembentukan organisasi nasional yang bersifat radikal dan moderat
C. Memberikan pengetahuan kepada pemuda mengenai organisasi modern
D. Mendorong pemuda Indonesia bersatu mengadakan kongres pemuda

Jawaban: B. Menginspirasi pembentukan organisasi nasional yang bersifat radikal dan moderat

Soal 6: Usaha Informal

Najib memberikan pinjaman tanpa bunga kepada sejumlah santri pesantren di dekat rumahnya yang berniat menjalankan usaha informal berupa menjual buku-buku agama Islam. Dalam konteks ini, tindakan Najib sangat tepat karena usaha informal:

A. Mudah dijalankan
B. Bisa meningkatkan devisa negara
C. Tidak memerlukan alat yang canggih
D. Tidak membutuhkan pendidikan khusus

BACA JUGA :  Mengapa Globalisasi Terjadi, Apakah Globalisasi Bisa Dihindari

Jawaban: D. Tidak membutuhkan pendidikan khusus

Soal 7: Produsen Rumah Tangga

Ichsanuddin bekerja sebagai penjual kopi. Untuk memaksimalkan margin dan menjaga kualitas rasa, dia melakukan pengolahan sendiri kopi yang dijualnya. Ichsanuddin dapat dikategorikan sebagai:

A. Produsen negara
B. Produsen swasta
C. Produsen perusahaan
D. Produsen rumah tangga

Jawaban: D. Produsen rumah tangga

Soal 8: Asimilasi Budaya

Islam berkembang di Indonesia dengan beragam strategi dakwah dari para ulama di masa lalu. Salah satu strategi itu adalah dengan penciptaan karya sastra dan pertunjukan seni yang mengelaborasi karya periode sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa:

A. Terjadi asimilasi antara Islam dengan budaya lokal
B. Islam identik sama dengan budaya lokal
C. Islam menyesuaikan dengan setting budaya lokal
D. Islam bersinergi dengan budaya lokal

Jawaban: A. Terjadi asimilasi antara Islam dengan budaya lokal

Soal 9: Periode Food Producing

Periode food producing adalah tahap perkembangan peradaban manusia yang ditandai oleh kemampuan memproduksi barang kebutuhan pangan tanpa berburu dan meramu. Jika dikaitkan dengan ajaran Islam, konsep ini bersesuaian dengan cerita:

A. Tafsir mimpi Nabi Yusuf
B. Persembahan Habil dan Qobil
C. Istana Nabi Sulaiman
D. Pembuatan perahu Nabi Nuh

Jawaban: B. Persembahan Habil dan Qobil

Soal 10: Pola Pemukiman di Aceh

Aceh termasuk daerah di Indonesia yang rawan bencana tsunami. Catatan sejarah menunjukkan, ada perubahan pola pemukiman warga dari dataran rendah ke tinggi dan sebaliknya di Aceh. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa:

A. Masyarakat Aceh belajar dari pengalaman kebencanaan
B. Budaya masyarakat Aceh memandu berkembangnya pemukiman
C. Pemukiman masyarakat Aceh mengikuti kebijakan negara/kerajaan
D. Pemukiman masyarakat Aceh mengikuti letak ketinggian daratan

Jawaban: A. Masyarakat Aceh belajar dari pengalaman kebencanaan

Soal 11: Dampak Perang Dagang

Dampak perang dagang China dan Amerika Serikat berimbas pada turunnya daya beli petani karet di Indonesia. Kondisi ini terjadi karena:

BACA JUGA :  Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 152: Pemerintahan Kerajaan

A. Produksi karet alam mengalami kenaikan
B. Penawaran adanya barang substitusi karet
C. Konsumsi karet alam di China naik
D. Permintaan karet alam dari China menurun

Jawaban: D. Permintaan karet alam dari China menurun

Soal 12: Kebijakan Transmigrasi

Transmigrasi menjadi salah satu bentuk praktik politik etis pemerintah kolonial Hindia Belanda pada awal abad 19. Faktanya, kebijakan itu dilakukan untuk:

A. Menyediakan tenaga kerja perkebunan di luar Jawa
B. Mengatasi kesenjangan sosial-ekonomi di Jawa
C. Menyejahterakan penduduk di lokasi transmigrasi
D. Mengurangi kepadatan penduduk di Jawa

Jawaban: A. Menyediakan tenaga kerja perkebunan di luar Jawa

Soal 13: Jalan Pos Daendels

Jalan Pos Daendels yang membentang dari Anyer hingga Panarukan dibangun pada era Kolonial Belanda. Berikut yang bukan termasuk fungsi awal jalan itu adalah:

A. Untuk pertunjukan seni dan budaya
B. Untuk mobilitas militer
C. Untuk mendukung aktivitas ekonomi
D. Untuk memperlancar arus transportasi

Jawaban: A. Untuk pertunjukan seni dan budaya

Soal 14: Liberalisasi Ekonomi

Liberalisasi ekonomi dunia memungkinkan ekspansi satu unit usaha bisnis global di Indonesia, seperti industri ritel fast food. Brand yang termasuk jenis usaha ini adalah:

A. Pizza Hut, Hoka-Hoka Bento, dan Fanta
B. McDonald, KFC, dan Coca-Cola
C. Dunkin Donuts, KFC, dan Pizza Hut
D. CFC, McDonald, dan Carrefour

Jawaban: C. Dunkin Donuts, KFC, dan Pizza Hut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *