Latihan Soal KSM IPS Tingkat MTs dengan Jawaban: Siap Hadapi Kompetisi!

fokus edukasi
Pendidikan

Soal 15: Faktor Interaksi Sosial

Seorang siswa SD berusia 8 tahun mempunyai kebiasaan buruk berupa merokok. Hal itu terjadi karena dia mencontoh perilaku sang ayah. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dalam contoh kasus tersebut adalah:

A. Identifikasi
B. Simpati
C. Sugesti
D. Imitasi

Jawaban: D. Imitasi

Soal 16: Motif Ekonomi

Risa adalah siswa SMP yang biasa menerima uang saku Rp10.000 per hari dari orang tuanya. Suatu hari, ia meminta uang saku lebih hingga Rp30.000 karena harus menjalani kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sampai malam. Tambahan uang saku itu untuk makan di luar rumah, serta mengantisipasi jika dia tidak bisa naik angkot karena pulang kelewat malam sehingga harus memakai jasa ojek online. Tindakan Risa meminta tambahan uang saku itu didasari oleh motif:

A. Mencari keuntungan
B. Berjaga-jaga
C. Spekulasi
D. Sosial

Jawaban: B. Berjaga-jaga

Soal 17: Pelapukan Batuan

Baca dan cermati pernyataan di bawah ini:

  1. Akar tanaman yang menerobos ke dalam celah retakan batuan mengakibatkan batuan menjadi rapuh dan hancur
  2. Binatang membantu melebarkan retakan batuan serta menyebabkan lapisan batuan di bawah tanah terkoyak hingga kemudian melapuk
  3. Pembukaan lahan pertanian dan pembangunan fisik menyebabkan batuan permukaan tanah melapuk
  4. Asam organik dari sisa tanaman mati dan akar tumbuhan bisa memicu dekomposisi batuan
  5. Kotoran organik dari binatang serta organisme dapat membantu pelapukan batuan
  6. Gas SO2 dan NO hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dapat larut dalam air dan dapat menimbulkan hujan asam yang menyebabkan pelapukan

Dari pernyataan di atas yang merupakan proses pelapukan biofisik pada batuan adalah:

BACA JUGA :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 88 Kurikulum Merdeka

A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (3) dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)

Jawaban: A. (1), (2) dan (3)

Soal 18: Kehidupan Bercocok Tanam

Baca dan cermati ciri-ciri berikut:

  1. Tinggal di gua
  2. Mulai hidup menetap
  3. Muncul sistem perkampungan
  4. Mengumpulkan makanan dari hutan
  5. Mengenal sistem barter

Ciri-ciri kehidupan masyarakat di periode bercocok tanam adalah nomor:

A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (3) dan (4)
C. (2), (3) dan (5)
D. (3), (4) dan (5)

Jawaban: C. (2), (3) dan (5)

Soal 19: Kekuasaan Eksekutif

Dalam sistem pemerintahan di Indonesia, kekuasaan eksekutif dipegang oleh:

A. Presiden
B. DPR
C. Mahkamah Konstitusi
D. Gubernur

Jawaban: A. Presiden

Soal 20: Pemisahan Kekuasaan

Pemisahan kekuasaan dalam negara demokrasi bertujuan untuk:

A. Mencegah korupsi
B. Mencegah kekacauan sosial
C. Menjamin kebebasan warga negara
D. Menjaga stabilitas ekonomi

Jawaban: C. Menjamin kebebasan warga negara


Kesimpulan

Latihan soal-soal KSM mapel IPS tingkat Madrasah Tsanawiyah include dengan jawabannya merupakan sarana yang sangat bermanfaat bagi para siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Dengan memanfaatkan latihan soal-soal ini, siswa dapat memperdalam pemahaman mereka terhadap materi IPS, sekaligus memahami bagaimana nilai-nilai Islam diintegrasikan dalam sains.

Soal-soal yang disertai dengan jawabannya tidak hanya membantu siswa dalam mengukur kemampuan mereka, tetapi juga memberikan wawasan tentang cara berpikir analitis dan penalaran kritis yang dibutuhkan dalam kompetisi. Semoga artikel ini dapat membantu adik-adik dalam persiapan KSM dan meraih prestasi terbaik. Selamat belajar dan semoga sukses!

Itulah kumpulan soal latihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk mata pelajaran IPS jenjang MTs. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri. Jangan lupa untuk terus berlatih dan semangat belajar, ya! Selamat belajar dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *