Soal 15: Faktor Interaksi Sosial
Seorang siswa SD berusia 8 tahun mempunyai kebiasaan buruk berupa merokok. Hal itu terjadi karena dia mencontoh perilaku sang ayah. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dalam contoh kasus tersebut adalah:
Daftar Isi:
A. Identifikasi
B. Simpati
C. Sugesti
D. Imitasi
Jawaban: D. Imitasi
Soal 16: Motif Ekonomi
Risa adalah siswa SMP yang biasa menerima uang saku Rp10.000 per hari dari orang tuanya. Suatu hari, ia meminta uang saku lebih hingga Rp30.000 karena harus menjalani kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sampai malam. Tambahan uang saku itu untuk makan di luar rumah, serta mengantisipasi jika dia tidak bisa naik angkot karena pulang kelewat malam sehingga harus memakai jasa ojek online. Tindakan Risa meminta tambahan uang saku itu didasari oleh motif:
A. Mencari keuntungan
B. Berjaga-jaga
C. Spekulasi
D. Sosial
Jawaban: B. Berjaga-jaga
Soal 17: Pelapukan Batuan
Baca dan cermati pernyataan di bawah ini:
- Akar tanaman yang menerobos ke dalam celah retakan batuan mengakibatkan batuan menjadi rapuh dan hancur
- Binatang membantu melebarkan retakan batuan serta menyebabkan lapisan batuan di bawah tanah terkoyak hingga kemudian melapuk
- Pembukaan lahan pertanian dan pembangunan fisik menyebabkan batuan permukaan tanah melapuk
- Asam organik dari sisa tanaman mati dan akar tumbuhan bisa memicu dekomposisi batuan
- Kotoran organik dari binatang serta organisme dapat membantu pelapukan batuan
- Gas SO2 dan NO hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dapat larut dalam air dan dapat menimbulkan hujan asam yang menyebabkan pelapukan
Dari pernyataan di atas yang merupakan proses pelapukan biofisik pada batuan adalah:
A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (3) dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)
Jawaban: A. (1), (2) dan (3)
Soal 18: Kehidupan Bercocok Tanam
Baca dan cermati ciri-ciri berikut:
- Tinggal di gua
- Mulai hidup menetap
- Muncul sistem perkampungan
- Mengumpulkan makanan dari hutan
- Mengenal sistem barter
Ciri-ciri kehidupan masyarakat di periode bercocok tanam adalah nomor:
A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (3) dan (4)
C. (2), (3) dan (5)
D. (3), (4) dan (5)
Jawaban: C. (2), (3) dan (5)
Soal 19: Kekuasaan Eksekutif
Dalam sistem pemerintahan di Indonesia, kekuasaan eksekutif dipegang oleh:
A. Presiden
B. DPR
C. Mahkamah Konstitusi
D. Gubernur
Jawaban: A. Presiden
Soal 20: Pemisahan Kekuasaan
Pemisahan kekuasaan dalam negara demokrasi bertujuan untuk:
A. Mencegah korupsi
B. Mencegah kekacauan sosial
C. Menjamin kebebasan warga negara
D. Menjaga stabilitas ekonomi
Jawaban: C. Menjamin kebebasan warga negara
Kesimpulan
Latihan soal-soal KSM mapel IPS tingkat Madrasah Tsanawiyah include dengan jawabannya merupakan sarana yang sangat bermanfaat bagi para siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Dengan memanfaatkan latihan soal-soal ini, siswa dapat memperdalam pemahaman mereka terhadap materi IPS, sekaligus memahami bagaimana nilai-nilai Islam diintegrasikan dalam sains.
Soal-soal yang disertai dengan jawabannya tidak hanya membantu siswa dalam mengukur kemampuan mereka, tetapi juga memberikan wawasan tentang cara berpikir analitis dan penalaran kritis yang dibutuhkan dalam kompetisi. Semoga artikel ini dapat membantu adik-adik dalam persiapan KSM dan meraih prestasi terbaik. Selamat belajar dan semoga sukses!
Itulah kumpulan soal latihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk mata pelajaran IPS jenjang MTs. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri. Jangan lupa untuk terus berlatih dan semangat belajar, ya! Selamat belajar dan semoga sukses!