15 Contoh Soal PCK/Pedagogical Content Knowledge PPG Prajabatan 2024 dan Kunci Jawabannya

fokus edukasi
Pendidikan

Halo teman-teman! Kali ini kita akan membahas 15 contoh soal PCK/Pedagogical Content Knowledge PPG Prajabatan 2024 dan kunci jawabannya. Artikel ini akan sangat berguna untuk para pelajar dan pengajar yang sedang mempersiapkan diri mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

Apa itu PPG Prajabatan?

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan adalah program yang dirancang untuk lulusan sarjana yang ingin menjadi guru. Program ini tidak memerlukan pengalaman mengajar sebelumnya sebagai syarat, sehingga sangat cocok bagi lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Nonkependidikan yang memiliki minat dan bakat dalam bidang pendidikan.

Baca juga: Cek Pengumuman Lulus Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 di SIMPKB

Tujuan utama dari PPG Prajabatan adalah untuk mempersiapkan para calon guru agar mereka dapat menguasai kompetensi yang diperlukan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Setelah mengikuti program ini, peserta diharapkan mampu memperoleh sertifikat pendidik profesional untuk mengajar pada tingkat pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Mengapa PPG Prajabatan Penting?

Dengan mengikuti program ini, calon guru akan mengembangkan kemampuan mengajar mereka secara menyeluruh sehingga siap terjun ke dunia pendidikan sebagai pendidik yang kompeten dan profesional. Nah, untuk kalian yang penasaran dengan soal-soal yang mungkin muncul, yuk kita simak pembahasan berikut ini.


Soal 1

Guru kelas 5 pada semester 1 sedang merumuskan indikator ketercapaian kompetensi keterampilan 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai adalah:

A. Membacakan dengan intonasi yang benar tentang hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
B. Menganalisis manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
C. Menyusun laporan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
D. Mempresentasikan di depan kelas hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
E. Mendiskusikan manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan

BACA JUGA :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan pada PMM

Jawaban:
D. Mempresentasikan di depan kelas hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan

Soal 2

Salah satu rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar mencermati penggunaan kalimat efektif dalam surat seruan (ulang tahun, aktivitas sekolah kenaikan kelas dll) adalah:

A. Menyimak kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar
B. Mengerti ciri-ciri kalimat efektif dan penggunaan ejaan yang benar
C. Menafsirkan informasi yang ada dalam surat seruan
D. Memahami ciri kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar
E. Mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar

Jawaban:
E. Mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar

Soal 3

Ibu Gusti, seorang guru kelas 5 SD, melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan indikator menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. Supaya dapat mengukur kemampuan HOTS pada peserta didiknya, rumusan indikator soal yang tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah:

A. Menjelaskan rantai makanan pada ekosistem tertentu dan penyebab kepunahan suatu komponen akibat proses makan dan dimakan
B. Menjelaskan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar
C. Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat
D. Menyebutkan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan
E. Memberi contoh organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar

Jawaban:
C. Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat

Soal 4

Salah satu KD muatan matematika di SD kelas 4 adalah menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan. Indikator ketercapaian kompetensi yang kurang sesuai untuk KD tersebut adalah:

BACA JUGA :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Analisis Perbedaan Teks Naratif Negosiasi

A. Menentukan kelipatan suatu bilangan
B. Menentukan faktor dari suatu bilangan
C. Menentukan faktor prima suatu bilangan
D. Memberikan contoh faktor dan bukan faktor suatu bilangan
E. Menjelaskan kelipatan suatu bilangan

Jawaban:
D. Memberikan contoh faktor dan bukan faktor suatu bilangan

Soal 5

Dalam RPP yang disusun oleh guru tertulis tujuan pembelajaran: “Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi materi tentang teks eksplanasi dengan benar.” Rumusan tersebut belum lengkap pada bagian:

A. Condition
B. Behavior
C. Degree
D. Audience
E. Motivation

Jawaban:
B. Behavior

Soal 6

Bu Widya, guru kelas II, pada semester gasal sedang menyusun muatan PPKn pada KD Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”. Rumusan indikator pencapaian kompetensi keterampilan yang sesuai adalah:

A. Menyajikan dalam bentuk tabel arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
B. Menceritakan secara lisan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” secara lengkap dan tepat/sesuai
C. Menjelaskan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan kalimat yang efektif dan kosakata yang tepat
D. Menganalisis arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan menghubungkan arti gambar pada lambang dengan kehidupan sehari-hari
E. Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan suara lantang dan intonasi yang benar

Jawaban:
B. Menceritakan secara lisan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” secara lengkap dan tepat/sesuai

Soal 7

Ibu Nur, seorang guru kelas VI SD, melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan indikator menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Supaya dapat mengukur kemampuan HOTS pada peserta didiknya, rumusan indikator soal yang sangat tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah:

BACA JUGA :  Contoh Format Laporan Guru Piket Untuk Diunggah di Platform Merdeka Mengajar

A. Menjelaskan tujuan tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu
B. Menyebutkan contoh hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya
C. Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya
D. Menguraikan mekanisme tumbuhan tertentu menyesuaikan diri dengan lingkungannya
E. Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dan cara adaptasinya

Jawaban:
D. Menguraikan mekanisme tumbuhan tertentu menyesuaikan diri dengan lingkungannya

Soal 8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *