Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD: Refleksi Rantai Makanan Halaman 53 Kurikulum Merdeka

fokus edukasi
Pendidikan

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 53 Kurikulum Merdeka: Mari Refleksikan: Rantai Makanan

Halo teman-teman! Kali ini kita akan membahas kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Sekolah Dasar (SD) pada halaman 53 sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Materi yang akan kita bahas adalah tentang rantai makanan. Yuk, kita simak bersama!

Materi Rantai Makanan

Pada halaman 53, siswa diminta untuk merefleksikan pengetahuan mereka tentang rantai makanan. Sebelum mengerjakan latihan soal, mari kita ulas kembali konsep dasar rantai makanan:

  • Rantai makanan adalah urutan perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lain melalui proses makan dan dimakan.
  • Di dalam rantai makanan, terdapat produsen, konsumen, dan predator.
  • Produsen biasanya adalah tumbuhan hijau yang menghasilkan makanan melalui fotosintesis.
  • Konsumen adalah hewan yang memakan produsen atau hewan lain.
  • Predator adalah konsumen tingkat tinggi yang memangsa hewan lain.

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 53

Mari kita lihat kunci jawaban untuk soal-soal di halaman 53. Pastikan untuk memahami setiap jawabannya, ya!

Soal 1

Apa perbedaan dari hubungan makan dan dimakan yang kalian gambarkan pada kegiatan pertama dan sekarang?

Jawaban:

  • Dari kegiatan pertama, hanya ada satu jenis makanan untuk satu jenis hewan.
  • Namun, pada kegiatan ini, ada lebih dari satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh satu jenis hewan.

Soal 2

Menurut kalian, mana yang lebih tepat menggambarkan kondisi nyata dalam suatu ekosistem, rantai makanan atau jaring-jaring makanan? Mengapa?

Jawaban:

  • Lebih tepat jaring-jaring makanan.
  • Hal ini karena pada kondisi nyata, jumlah produsen bisa lebih dari satu, begitu pula dengan jumlah konsumen tingkat satu dan predatornya.
BACA JUGA :  13 Urutan Gunung Tertinggi di Bali, Petualangan Alam dan Spiritual yang Menakjubkan

Soal 3

Apakah hewan bisa memiliki peran yang berbeda dalam satu jaring-jaring makanan?

Jawaban:

  • Bisa.
  • Hewan omnivora bisa memiliki peran yang berbeda dalam satu jaring-jaring makanan. Mereka bisa menjadi konsumen tingkat satu maupun tingkat dua.

Soal 4

Menurut kalian, bagaimana peran jaring-jaring makanan dalam menjaga ekosistem tetap harmonis?

Jawaban:

  • Peran jaring-jaring makanan dalam menjaga ekosistem tetap harmonis adalah sebagai hubungan yang saling mendukung kehidupan satu sama lain. Jika satu rantai terputus, yang lain bisa menggantikan fungsinya, sehingga keseimbangan tetap terjaga.

Kesimpulan

Itulah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 53 Kurikulum Merdeka tentang rantai makanan. Semoga jawaban ini bisa membantu kalian dalam memahami konsep rantai makanan dengan lebih baik.

Jangan lupa, selalu ulangi kembali materi yang sudah dipelajari agar semakin paham. Terus semangat belajar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *