Hai Sobat Pintar! Pernahkah kamu menatap langit malam yang penuh bintang dan bertanya-tanya tentang keajaiban alam semesta? Rasa ingin tahu manusia bagaikan petualang tak kenal lelah, selalu terdorong untuk menguak rahasia di balik hamparan kosmos yang luas. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan menyelami Latihan Soal Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 187-190 Subtema 3 Pembelajaran 5 tentang penjelajahan ruang angkasa. bersiaplah untuk menjelajahi samudra ilmu pengetahuan dan teknologi yang penuh inspirasi!
Daftar Isi:
Sejarah Penjelajah Luar Angkasa
Teks bacaan kali ini mengajak kita menelusuri jejak para ilmuwan dan penjelajah yang gigih membuka tabir misteri alam semesta. Dari Stonehenge di Inggris kuno hingga peluncuran pesawat ulang alik modern, kita akan disuguhkan kisah-kisah menakjubkan tentang:
- Penjelajahan Awal: Sejak zaman dahulu, manusia terpesona dengan keindahan langit malam. Buktinya, Stonehenge di Inggris, yang diperkirakan berusia sekitar 2000 SM, dibangun untuk mengamati pergerakan Matahari dan Bulan.
- Perkembangan Pengetahuan: Seiring waktu, peradaban seperti Mesir dan China mulai mencatat pergerakan benda langit. Muncul pula teori-teori alam semesta dari Yunani Kuno, seperti model heliosentris Copernicus yang revolusioner.
- Penemuan Baru: Era modern menandai kemajuan pesat dalam penjelajahan ruang angkasa. Teleskop, pesawat luar angkasa, dan misi berawak membuka gerbang pengetahuan baru tentang tata surya dan alam semesta.
- Dampak Penemuan: Setiap penemuan dan misi memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman kita tentang alam semesta dan kehidupan di Bumi. Kita belajar tentang planet-planet, galaksi, dan bahkan kemungkinan kehidupan di luar sana.
Ayo Berdiskusi:
Setelah menyelami teks bacaan, saatnya mengasah kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi! Bersama teman sekelompok, lakukanlah:
- Membuat Rangkuman: Gunakan peta pikiran atau diagram untuk merangkum informasi penting dari teks bacaan.
- Membuat Lini Masa: Ubahlah rangkuman menjadi lini masa yang menarik, lengkap dengan gambar unik untuk membedakan setiap periode. Gunakan kertas A3 untuk hasil karya yang maksimal!
- Presentasi: Presentasikan hasil lini masa di depan kelas. Jelaskan dampak penemuan dan misi luar angkasa terhadap kehidupan di sekitar kita.
- Kesimpulan: Buatlah kesimpulan dari kegiatan diskusi tentang dampak penemuan dan misi luar angkasa.
Soal:
Ayo Membaca
Menyibak Rahasia di Angkasa Luar dari Masa ke Masa
Manusia memang diberi-Nya akal budi untuk terus berpikir dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Rasa ingin tahu manusia juga yang membuatnya selalu mampu meningkatkan kesejahteraannya.
Banyak rahasia alam semesta yang terkuak sedikit demi sedikit.
Hal ini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu pula dengan rahasia luar angkasa
Ketika ditelusuri, sejak dahulu kala, ketika memandang angkasa, manusia sudah tergelitik untuk mengetahui lebih banyak.
Seperti ingin mempelajari terbit dan terbenamnya Matahari, ingin mempelajari deretan bintang, dan ingin mengenal Bulan lebih dekat.
Di Wiltshire, Inggris ditemukan stonehenge yang diperkirakan ada sejak sekitar 2000 SM (Sebelum Masehi).
Stonehenge berwujud sekumpulan batu raksasa yang disusun ke atas dalam sebuah lingkaran besar.
Para ilmuwan percaya bahwa bangunan itu digunakan untuk mengamati pergerakan Matahari dan Bulan.
Semakin berkembangnya peradaban semakin banyak pulalah yang dipelajari termasuk dari angkasa luar.
Masyarakat Mesir mencatat pergerakan Matahari dan Bulan pada lempengen-lempengan batu pada 400 SM.
Sementara pada 350SM, Astronom China, Shih Shen mencatat ada sekitar 800 bintang dalam kataog bintang pertama.
Salah satu peradaban yang gigih mempelajari alam semesta adalah peradaban Yunani Kuno.
Sekitar ±500 SM – 400 M, berbagai teori alam semesta muncul dari para ilmuwan Yunani.
Di antara teori yang ada adalah Phytagoras dengan teori Bumi bundar.
Ada juga Ptolomeus yang mempelajari pergerakan planet, dan Aristoteles yang menghasilkan kumpulan hasil pengamatan para astronom lain.
Gagasan revolusioner yang dicatat sejarah adalah ketika pada tahun 1543.
Pada tahun tersebut, Nicolaus Copernicus memperkenalkan teori bahwa Bumi dan planet-planet lainnya sebenarnya mengorbit mengelilingi Matahari.
Bukanlah Bumi yang menjadi pusat tata surya, seperti yang dipahami sebelumnya.
Gagasan ini terus dicari tahu oleh astronom di era-era berikutnya.
Pada tahun ± 1600 astronom Denmark, Tycho Brahe yang dibantu oleh asistennya, Johannes Kepler menemukan bahwa planet-planet memang mengorbit Matahari dalam jalur berbentuk elips.
Teori ini diperkuat lagi dengan pembuktian dari astronom Italia, Galileo Galilei yang menggunakan teleskop untuk melakukan pengamatan di angkasa luar.
Tidak berhenti pada pengetahuan seputar revolusi Bumi dan planetplanetnya, rahasia benda langit lain pun diamati dari Bumi.
Pada tahun 1682, Edmond Halley mengamati sebuah komet. Ia dapat menyimpulkan bahwa komet ini muncul setiap 76 tahun sekali. Komet ini pun dikenal dengan nama Komet Halley.
Planet-planet dalam tata surya juga dikenal dan dipelajari secara bertahap. Uranus ditemukan pada tahun 1782 oleh William Herschel.
Pluto yang terjauh baru ditemukan pada tahun 1930. Akan tetapi, setelah pengetahuan semakin berkembang, Pluto kemudian tidak lagi dikelompokkan sebagai planet.
Berbagai alat dikembangkan sejak teleskop dimanfaatkan oleh Galileo untuk mengamati angkasa luar. Pada tahun 1918, teleskop Hooker mulai dioperasikan.
Edwin Hubble menggunakannya pada tahun 1920-an untuk membuat banyak penemuan.
Semakin jelas wujud benda di angkasa luar ketika pada tahun 1990 teleskop angkasa luar Hubble dikirim memasuki orbit di angkasa luar.
Tidak berhenti di pengamatan dari Bumi, rasa keingintahuan manusia membuatnya ingin mencoba menapakkan kaki di angkasa luar.
Berbagai teknologi dikembangkan untuk membuka kemungkinan tersebut.
Roket modern pertama yang menggunakan bahan bakar cair ditemukan oleh Robert Goddard, ilmuwan Amerika.
Pada tahun 1957 Soviet meluncurkan Sputnik 1, pesawat angkasa luar pertama.
Yuri Gagarin dari Rusia, menjadi orang pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dan kurang dari satu bulan kemudian disusul oleh Alan Shepard dari Amerika.
Setelah itu, dua negara adidaya dunia itu seakan berlomba mengirimkan peralatan dan manusia penjelajah angkasa luar.
Stasiun angkasa luar Salyut dikirimkan Soviet untuk pertama kali pada tahun 1971 dan disusul oleh Amerika dengan Skylab dua tahun kemudian.
Berbagai misi pesawat penjelajah diluncurkan. Pioneer ke Jupiter pada tahun 1972, Voyager mengeksplorasi Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus pada tahun 1977. Pada tahun 1981 diluncurkan pesawat ulang alik pertama, Columbia. Pesawat ulang aling ini mengangkasa bersama 10 astronaut dan tinggal di angkasa selama lebih dari satu minggu. Planet Mars kemudian mendapat giliran dijelajah dengan dikirimnya penjelajah Sojourner dengan pesawat luar angkasa Pathfinder.
Tidak semua usaha manusia menambah pengetahuannya tentang angkasa luar berjalan mulus. Duka juga pernah menyelimuti dunia ilmu pengetahuan. Pada tahun 1986 pesawat ulang alik Challanger meledak setelah lepas landas. Tujuh astronout yang ada di dalamnya turut menjadi korban. Cerita dari penjelajahan juga tidak tersampaikan sepenuhnya ketika pada tahun 2003 pesawat ulang alik Columbia bersama tujuh astronautnya hancur lebur dalam perjalanan pulangnya ke Bumi setelah 16 hari di luar angkasa.
Usaha penemuan tidak sekejap berhasil. Akan tetapi, rasa ingin tahu manusia mengasah semangatnya untuk pantang menyerah menjelajah angkasa luar guna membuka wawasan baru bagi warga Bumi.
Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu, gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas. Dari diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang memuat tokoh, masa, penemuan dan dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Berikan gambar yang unik yang membedakan antara satu masa ke masa yang lainnya. Gunakan kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu.
Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas. Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.
Contoh Jawaban:
Lini Masa Perkembangan Pengetahuan Tentang Angkasa Luar
2000 SM: Stonehenge ditemukan di Inggris, digunakan untuk mengamati Matahari dan Bulan.
400 SM: Masyarakat Mesir mencatat pergerakan Matahari dan Bulan. Astronom China, Shih Shen, mencatat 800 bintang pertama.
±500 SM – 400 M: Peradaban Yunani Kuno mengemukakan teori Bumi bundar (Pythagoras), pergerakan planet (Ptolemaeus), dan hasil pengamatan astronom (Aristoteles).
1543: Nicolaus Copernicus memperkenalkan model heliosentris, mengubah pandangan bahwa Bumi bukan pusat tata surya.
1600-an: Tycho Brahe dan Johannes Kepler menemukan bahwa planet-planet mengorbit Matahari dalam jalur elips.
1682: Edmond Halley mengamati Komet Halley dan memperkirakan siklus komet ini.
1782: William Herschel menemukan planet Uranus.
1930: Pluto ditemukan, kemudian tidak lagi dianggap sebagai planet.
1918: Teleskop Hooker mulai dioperasikan.
1920-an: Edwin Hubble menggunakan teleskop untuk membuat banyak penemuan astronomi.
1990: Teleskop Hubble diluncurkan untuk mengamati angkasa luar.
1957: Soviet meluncurkan Sputnik 1, pesawat luar angkasa pertama. Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa.
1971: Soviet mengirimkan stasiun angkasa luar Salyut.
1972: Pesawat penjelajah Pioneer diluncurkan ke Jupiter.
1977: Voyager diluncurkan untuk mengeksplorasi Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
1981: Pesawat ulang alik pertama, Columbia, diluncurkan.
1986: Pesawat ulang alik Challenger meledak setelah lepas landas.
2003: Pesawat ulang alik Columbia hancur dalam perjalanan kembali ke Bumi.
Kesimpulan:
Pengamatan dan eksplorasi angkasa luar telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari perubahan paradigma tentang tata surya hingga pengembangan teknologi pesawat luar angkasa, setiap penemuan dan misi memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman kita tentang alam semesta dan kehidupan di Bumi.
Lini masa ini menunjukkan evolusi pengetahuan manusia dari zaman kuno hingga era modern, menyoroti bagaimana rasa ingin tahu manusia terus mendorong eksplorasi dan penemuan baru dalam menjelajahi angkasa luar.
Bagaimana? Seru sekali, kan, menjelajahi sejarah penjelajahan ruang angkasa? Sobat Pintar pasti mendapatkan banyak pengetahuan baru dan terinspirasi oleh kegigihan para ilmuwan dan penjelajah dalam menguak misteri kosmos.
Ingat:
- Latihan Soal Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 187-190 ini hanya contoh. Sobat Pintar bisa mengembangkan jawaban dengan lebih kreatif dan informatif.
- Gunakan berbagai sumber belajar untuk memperdalam pengetahuan tentang penjelajahan ruang angkasa.
- Jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau orang tua jika ada yang kurang dipahami.
Teruslah belajar dan berpetualang di dunia ilmu pengetahuan!