Jawaban Soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi, IPA Kelas X Kurikulum Merdeka
Pada kesempatan kali ini, FOKUS akan membahas soal-soal yang terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas X Kurikulum Merdeka, khususnya pada Bab 8 “Pemanasan Global: Konsep dan Solusi.” Soal-soal ini ada di halaman 199-201, dan dirancang untuk membantu siswa memahami konsep pemanasan global dan mencari solusi yang relevan. Yuk, kita lihat pembahasan lengkapnya!
A. Analisis Data Pemanasan Global
1. Berdasarkan data di atas, berapakah suhu udara rata-rata normal untuk wilayah Indonesia?
Berdasarkan data pada grafik, suhu rata-rata normal di Indonesia adalah 26,3 derajat Celsius. Ini menjadi acuan untuk mengukur adanya kenaikan atau penurunan suhu yang mengindikasikan anomali cuaca.
2. Pada tahun berapakah anomali suhu udara rata-rata paling ekstrem terjadi di wilayah Indonesia?
Anomali suhu paling ekstrem terjadi pada tahun 1997-1998, dengan kenaikan suhu mencapai 1,2 derajat Celsius. Kenaikan tersebut berkaitan erat dengan fenomena El Niño yang memengaruhi suhu global.
3. Tentukanlah rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Refleksikanlah apa yang telah terjadi di Indonesia dalam kurun waktu tersebut hingga terjadi anomali suhu udara rata-rata didukung dengan data-data dari sumber terpercaya.
Untuk menghitung rerata anomali suhu udara dalam sepuluh tahun terakhir, berikut data yang tersedia: 0,5 + 0,8 + 0,6 + 0,3 + 0,2 + 0,8 + 0,1 + 0,3 + 0,2 + 0,3. Dengan membagi total nilai tersebut dengan sepuluh, maka diperoleh rata-rata anomali sebesar 0,41 derajat Celsius.
Refleksi Anomali Suhu di Indonesia
Dalam sepuluh tahun terakhir, Indonesia mengalami beberapa kejadian cuaca ekstrem seperti peningkatan frekuensi gelombang panas dan curah hujan yang tidak merata. Kenaikan suhu ini berdampak pada ekosistem, pertanian, dan kesehatan masyarakat.
B. Pengaruh Mencairnya Es Kutub
Kalian telah membaca fakta bahwa es kutub telah banyak mencair. Mengapa informasi tersebut menjadi sangat penting bagi kita? Jelaskan pengaruh mencairnya es kutub terhadap Indonesia. Lengkapi penjelasan kalian dengan data dan fakta yang Kalian dapatkan dari sumber yang relevan.
Mencairnya es di kutub utara dan selatan merupakan masalah global yang memerlukan perhatian serius. Bagi Indonesia, dampaknya meliputi:
- Kenaikan permukaan air laut yang mengancam wilayah pesisir.
- Banjir rob yang lebih sering terjadi, terutama di daerah pesisir.
- Gangguan ekosistem laut, termasuk terumbu karang yang rentan terhadap perubahan suhu air laut.
Dampak-dampak tersebut diperkuat dengan data dari lembaga penelitian iklim, yang menunjukkan peningkatan permukaan laut sekitar 3,3 mm per tahun akibat mencairnya es kutub.
C. Penelitian Pengaruh Suhu Terhadap Jenis Kelamin Penyu Hijau
Para peneliti mencoba melakukan penelitian mengenai pengaruh suhu terhadap jenis kelamin penyu hijau. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa suhu yang lebih hangat menyebabkan dihasilkan lebih banyak penyu betina sedangkan suhu dingin dihasilkan penyu jantan.
1. Tentukanlah benar atau salah pernyataan berikut.
- Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis kelamin penyu→ Salah. Variabel bebasnya adalah suhu inkubasi.
- Peneliti akan memberikan berbagai perlakuan suhu yang berbeda saat telur dierami dalam pasir → Benar. Suhu yang berbeda diterapkan untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil jenis kelamin.
- Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai dasar pembiakan penyu hijau → Benar.
2. Prediksilah bagaimana jenis kelamin penyu pada tahun ini dibandingkan 20 tahun yang lalu. Mengapa?
Jika suhu lingkungan terus meningkat, maka lebih banyak penyu betina yang akan dihasilkan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa suhu yang lebih tinggi saat inkubasi cenderung menghasilkan penyu betina.
D. Bencana Hidrometeorologi di Indonesia
1. Apa itu bencana hidrometeorologi? Berdasarkan cuplikan berita di atas, uraikanlah jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021.
Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca dan iklim, seperti curah hujan ekstrem, suhu panas atau dingin yang berlebihan, dan angin kencang.
2. Perhatikanlah Gambar 8.15, terdapat grafik kejadian banjir dari tahun 2008 hingga Januari 2021 di Indonesia. Menurut kalian, adakah hubungan antara grafik pada Gambar 8.15 dengan grafik pada Gambar 8.14? Jelaskanlah jawaban kalian didukung dengan teori dan data terkait yang kalian dapatkan dari sumber terpercaya.
Pada tahun 2016, terdapat peningkatan tajam pada suhu udara, yang berbanding lurus dengan menurunnya jumlah kejadian banjir, yaitu sebanyak 72 kejadian. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada peningkatan suhu, faktor lain seperti manajemen air dan mitigasi bencana turut mempengaruhi kejadian banjir.
Baca juga: Jawaban Soal Aktivitas 8.2 Pemanasan Global, IPA Kelas X
Demikian pembahasan soal “Ayo Cek Pemahaman” pada Bab 8 “Pemanasan Global: Konsep dan Solusi” di buku IPA Kelas X Kurikulum Merdeka. Semoga dapat membantu FOKUS dalam memahami dan mengajarkan konsep penting terkait perubahan iklim dan dampaknya bagi lingkungan serta kehidupan manusia.