Jawab Soal Activity 4 Fairy Tale Bahasa Inggris Kelas XI

Pada artikel kali ini, FOKUS akan membahas pembahasan soal dari buku Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum Merdeka, tepatnya pada Activity 4 di Unit 2 yang berjudul “Fairy Tale”. Soal ini menguji pemahaman siswa mengenai ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan karakter dan latar dalam cerita dongeng, serta mencocokkan awal dan akhir kalimat sesuai konteks cerita. Artikel ini akan mengupas soal-soal tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami, sekaligus memberikan penjelasan secara komprehensif kepada guru, orang tua, dan siswa.

Baca juga:

Sebagai bagian dari pembelajaran naratif, soal ini melibatkan kisah karakter utama, Ani, yang hidup di kerajaan kuno dan memiliki kemampuan khusus. FOKUS akan menjelaskan tiap pertanyaan dalam soal Activity 4 beserta kunci jawabannya, lengkap dengan konteks cerita yang diambil dari teks dongeng ini.


Pembahasan Soal Activity 4 pada Unit 2: Fairy Tale

Soal ini terdiri dari lima pertanyaan yang meminta siswa untuk mencocokkan awal kalimat (1-5) dengan akhir kalimat (a-e). Setelah itu, siswa diinstruksikan untuk menulis ulang kalimat lengkap di buku catatan. Berikut adalah pembahasan dan kunci jawaban dari soal tersebut:

BACA JUGA :  25 Kosakata Benda di Kamar Tidur dalam Bahasa Inggris

1. Kildenree was an old kingdom where we could still find people who were gifted with…

Jawaban: the ability to talk to animals and nature (kemampuan berbicara dengan binatang dan alam).

Penjelasan:
Kildenree adalah kerajaan kuno tempat orang-orang dengan kemampuan luar biasa masih dapat ditemukan. Di kerajaan ini, ada orang-orang yang memiliki kemampuan unik, seperti Ani, yang bisa berbicara dengan binatang dan alam. Kemampuan ini menjadi salah satu kekuatan penting dalam perjalanan hidup Ani.


2. Being gifted with special abilities, abandoned by her aunt and father, and overshadowed by her mother’s figure made Ani live in…

Jawaban: hesitation, restlessness, and burden (keragu-raguan, kegelisahan, dan beban).

Penjelasan:
Ani, sebagai tokoh utama, memiliki kemampuan khusus, tetapi ia tumbuh dalam bayang-bayang ibunya dan merasa ditinggalkan oleh keluarganya. Keadaan ini menyebabkan Ani sering merasa ragu, gelisah, dan terbebani oleh tanggung jawab serta harapan yang ia hadapi dalam hidupnya.


3. Ani was devastated when the position of queen was given to her sister and she had to leave the palace for…

Jawaban: a certain mission that wasn’t even for her (misi tertentu yang bahkan bukan untuknya).

Penjelasan:
Ani merasa sangat hancur ketika posisi ratu diberikan kepada saudara perempuannya. Ia harus meninggalkan istana untuk menjalankan misi tertentu yang sebenarnya bukan untuknya. Kondisi ini memperparah rasa tidak percaya diri Ani, karena ia merasa diabaikan dan tidak dihargai.


4. Being betrayed by her own lady-in-waiting and best friend, Ani got lost, wandering in…

Jawaban: a lush and dark forest, stumbling and trying to find help (hutan yang subur dan gelap, tersandung dan berusaha mencari bantuan).

BACA JUGA :  Jawab Soal Activity 6 pada Unit 1: Legend, Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum Merdeka

Penjelasan:
Pengkhianatan dari orang kepercayaannya membuat Ani tersesat dan berkeliaran di hutan yang gelap dan subur. Hutan ini menggambarkan tantangan besar yang harus Ani hadapi saat ia mencoba menemukan jalan keluar dan mencari bantuan di tengah keterasingan dan rasa kehilangan.


5. Getting a job as a goose keeper at the palace brought Ani closer to…

Jawaban: her goal of reclaiming her identity from Selia (tujuannya untuk mendapatkan kembali identitasnya dari Selia).

Penjelasan:
Setelah mendapatkan pekerjaan sebagai penjaga angsa di istana, Ani mulai mendekati tujuannya untuk mendapatkan kembali identitas aslinya. Selia, sebagai antagonis dalam cerita ini, telah mencuri sebagian dari kehidupan Ani, dan pekerjaan ini membuka jalan bagi Ani untuk merebut kembali apa yang menjadi haknya.


Kesimpulan

Soal Activity 4 dalam Unit 2: Fairy Tale ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami lebih dalam tentang cerita naratif dan karakterisasi dalam dongeng. Melalui pertanyaan-pertanyaan ini, siswa tidak hanya diajak untuk mencocokkan kalimat, tetapi juga merenungkan perjalanan hidup karakter utama, Ani, dalam menghadapi pengkhianatan, ketidakadilan, dan pencarian jati diri.

Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, soal ini memperkaya kosakata siswa dan memberikan pemahaman lebih baik mengenai struktur kalimat dalam teks naratif. FOKUS berharap artikel ini dapat membantu para pengajar dalam menjelaskan materi dengan lebih efektif kepada siswa dan memberikan panduan yang jelas dalam memahami dongeng sebagai bentuk teks naratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *