Pada artikel ini, FOKUS akan membahas secara rinci jawab soal Activity 3 Teks Puss in Boots pada Unit 2: Fairy Tale yang ada di Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum Merdeka. Materi ini sangat penting untuk mendukung pemahaman siswa dalam belajar cerita rakyat atau dongeng klasik yang juga dikenal sebagai fairy tale.
Daftar Isi:
Dalam Activity 3 Unit 2 ini, siswa diminta untuk mendengarkan cerita Puss in Boots dan melengkapi beberapa bagian yang kosong dengan kata-kata yang telah dipelajari sebelumnya. Mari kita simak penjelasan lebih lengkap tentang soal ini dan kata-kata kunci yang perlu diperhatikan.
Panduan Lengkap Jawab Soal Activity 3 Teks Puss in Boots
Instruksi Soal
Pada soal ini, siswa diminta untuk:
- Mendengarkan dongeng dengan seksama.
- Melengkapi bagian kosong di paruh pertama cerita dengan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya.
Transkrip listening untuk dongeng ini dapat ditemukan di Buku Guru Bahasa Inggris Kelas XI. Berikut adalah kata-kata kunci yang digunakan untuk melengkapi Activity 3 Teks Puss in Boots, Unit 2: Fairy Tale:
- Inheritance
- Cunning
- Gallant
- Deceit
- Warren
- Noble
- Partridges
- Fortune
- Rogues
- Well-built
Mari kita bahas satu per satu kata-kata kunci ini dalam konteks kalimat yang digunakan pada Activity 3 Teks Puss in Boots.
Pembahasan Soal: Mengisi Kosong pada Teks
Berikut adalah penjelasan soal berdasarkan urutan kata yang harus diisi:
- Inheritance:
“Then, I will show you that you did not receive such a poor inheritance (1) in me.”
(Kemudian, saya akan menunjukkan kepadamu bahwa kamu tidak menerima warisan yang begitu buruk (1) pada saya.)
- Cunning:
“Thinking how cunning (2) the cat was, he thought to give the cat a chance to help him.”
(Berpikir betapa liciknya (2) kucing itu, ia berpikir untuk memberi kesempatan pada kucing itu untuk membantunya.)
- Gallant:
“The cat looked very gallant (3) in his boots.”
(Kucing itu tampak sangat gagah (3) dengan sepatu botnya.)
- Warren:
“Then, the cat put bran and corn into his bag, held the strings of the bag in his two fore paws and laid by a rabbit warren (4), stretching as if he were dead.”
(Kemudian kucing memasukkan dedak dan jagung ke dalam tasnya, memegang tali tas di kedua kaki depannya dan dibaringkan oleh kelinci warren (4), meregang seolah-olah dia sudah mati.)
- Deceit:
“He waited for some young rabbits, who were still not acquainted with the deceit (5) of the world.”
(Ia menunggu beberapa anak kelinci yang masih belum mengenal tipu daya (5) dunia.)
- Noble:
“Meeting the king in person, he made a low bow and said, ‘I have brought you, my majesty, a rabbit of the warren, which my noble (6) lord, the Marquis of Carabas has commanded me to present to you.'”
(Saat bertemu langsung dengan raja, dia membungkuk rendah dan berkata, ‘Saya telah membawakanmu, Yang Mulia, seekor kelinci dari hutan, yang diperintahkan oleh tuanku yang mulia (6), Marquis dari Carabas untuk saya persembahkan kepadamu.’)
- Partridges:
“Another time, again, he hid among a cornfield, held his bag open, and when a brace of partridges (7) ran into it, he soon drew the strings and caught them.”
(Di lain waktu, lagi-lagi, dia bersembunyi di antara ladang jagung, membuka tasnya, dan ketika sepasang ayam hutan (7) berlari ke dalamnya, dia segera menarik talinya dan menangkapnya.)
- Fortune:
“Puss in Boots told his master: ‘If you follow my advice, your fortune (8) is close.'”
(Puss in Boots memberi tahu tuannya: ‘Jika kamu mengikuti saranku, keberuntunganmu (8) sudah dekat.’)
- Rogues:
“The cat came up to the coach and told the king that while his lord was washing, there came by some rogues (9), who stole his clothes.”
(Kucing itu mendatangi kereta dan memberitahu raja bahwa ketika tuannya sedang mencuci, datanglah beberapa penyamun (9), yang mencuri pakaiannya.)
- Well-built:
“Although Miller’s son was poor, he was handsome and a well-built (10) fellow, so that the king’s daughter fell in love with him.”
(Meskipun putra Miller miskin, ia tampan dan tegap (10), sehingga putri raja jatuh cinta padanya.)
Kesimpulan
Demikian pembahasan lengkap mengenai jawab soal Activity 3 Teks Puss in Boots pada Unit 2: Fairy Tale dari Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum Merdeka. Menggunakan kata-kata kunci seperti inheritance, cunning, gallant, dan lainnya, cerita ini tidak hanya membantu siswa memahami kosakata dalam konteks dongeng, tetapi juga mengasah kemampuan mendengar dan menulis mereka.
Pastikan untuk selalu FOKUS pada instruksi soal dan menggunakan kosakata dengan benar agar pemahaman siswa menjadi lebih baik. Pembelajaran dongeng seperti Puss in Boots ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi nilai moral dan pesan tersembunyi dalam cerita.