Modul 3.6 dari pelatihan microlearning Pintar Kemenag membahas alur kegiatan P5-PRRA. Berikut ini adalah pembahasan dan kunci jawaban dari soal-soal yang ada dalam modul tersebut. Artikel ini akan membantu Anda memahami konsep-konsep penting dalam alur kegiatan P5-PRRA dengan lebih mendalam.
Daftar Isi
Menggali Permasalahan di Lingkungan Sekitar
Soal 1
Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan, merupakan konsep dari:
A. Pengenalan
B. Kontekstualisasi
C. Aksi
D. Refleksi
Jawaban:
B. Kontekstualisasi
Penjelasan: Kontekstualisasi adalah proses mengaitkan topik dengan permasalahan nyata di lingkungan sekitar, membantu peserta didik memahami relevansi topik.
Model Alur Kegiatan Tim Fasilitator
Soal 2
Di antara model alur kegiatan yang dapat dikembangkan oleh tim fasilitator projek adalah sebagai berikut, kecuali:
A. Pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, tindak lanjut
B. Mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih, merefleksikan
C. Pengenalan, bayangkan, refleksi, tindak lanjut
D. Temukan, bayangkan, lakukan, bagikan
Jawaban:
C. Pengenalan, bayangkan, refleksi, tindak lanjut
Penjelasan: Model alur kegiatan yang tidak umum digunakan adalah pengenalan, bayangkan, refleksi, tindak lanjut.
Aktivitas pada Tahapan Pengenalan
Soal 3
Salah satu aktivitas yang tepat untuk Tahapan Pengenalan pada tema: Hidup Berkelanjutan adalah:
A. Menyepakati jenis masakan yang akan dipraktikkan
B. Mengenal pentingnya sayur-sayuran bagi kehidupan
C. Menghadirkan chef untuk mengolah sayur
D. Merefleksikan pentingnya makan sayur
Jawaban:
B. Mengenal pentingnya sayur-sayuran bagi kehidupan
Penjelasan: Pada tahapan pengenalan, aktivitas yang dilakukan adalah mengenalkan konsep dasar atau pentingnya topik yang dibahas.
Menentukan Topik Berdasarkan Fenomena
Soal 4
Perhatikan ilustrasi fenomena berdasarkan survey di sebuah madrasah/sekolah dijumpai kondisi:
- Sebagian besar peserta didik lebih familiar dengan makanan siap saji yang serba instan;
- Kebanyakan peserta didik sulit makan sayur.
Topik/judul yang tepat untuk fenomena di atas adalah:
A. Makanan Favoritku
B. Indahnya berbagi
C. Asyiknya Makan Sayur
D. Ayo berkebun sayur
Jawaban:
C. Asyiknya Makan Sayur
Penjelasan: Topik yang tepat untuk fenomena tersebut adalah yang paling relevan dengan masalah yang dihadapi, yaitu sulitnya peserta didik makan sayur.
Urutan Alur Model Kegiatan
Soal 5
Urutan yang tepat pada alur model-2 adalah:
A. Mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih, dan merefleksikan
B. Mengamati, menggagas, memilih, mendefinisikan, dan merefleksikan
C. Memilih, menggagas, mendefinisikan, mengamati, dan merefleksikan
D. Mengamati, menggagas, memilih, mendefinisikan, dan merefleksikan
Jawaban:
A. Mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih, dan merefleksikan
Penjelasan: Urutan ini mencerminkan tahapan yang sistematis dari pengamatan hingga refleksi.
Tema Projek Berdasarkan Fenomena
Soal 6
Cermati Fenomena/Konteks Permasalahan berikut ini:
Berdasarkan survey di sebuah madrasah/sekolah dijumpai kondisi:
- Sebagian besar peserta didik lebih familiar dengan makanan siap saji yang serba instan;
- Kebanyakan peserta didik sulit makan sayur.
Tema yang tepat adalah:
A. Kearifan Lokal
B. Kewirausahaan
C. Bhinneka Tunggal Ika
D. Hidup Berkelanjutan
Jawaban:
D. Hidup Berkelanjutan
Penjelasan: Tema hidup berkelanjutan paling sesuai dengan permasalahan yang dihadapi terkait kebiasaan makan sayur.
Alur P5PPRA Model-3
Soal 7
Alur P5PPRA model-3 yang tepat adalah:
A. Temukan, bayangkan, lakukan, bagikan
B. Bagikan, lakukan, bayangkan, dan temukan
C. Lakukan, bagikan, temukan, dan bayangkan
D. Lakukan, bayangkan, bagikan, dan temukan
Jawaban:
A. Temukan, bayangkan, lakukan, bagikan
Penjelasan: Alur ini mencerminkan urutan logis dalam melaksanakan projek P5PPRA.
Langkah Strategis untuk Keberlanjutan Aksi
Soal 8
Menyusun langkah strategis untuk keberlanjutan aksi merupakan penerapan dari tahapan alur:
A. Aksi
B. Tindak lanjut
C. Kontekstualisasi
D. Pengenalan
Jawaban:
B. Tindak lanjut
Penjelasan: Tindak lanjut adalah tahap di mana langkah strategis untuk keberlanjutan aksi disusun.
Prosedur dalam Menyusun Alur P5PPRA
Soal 9
Prosedur yang perlu diperhatikan dalam menyusun alur P5PPRA, kecuali:
A. Tentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila dan nilai Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin
B. Rancang alur aktivitas, tentukan fenomena atau permasalahan yang aktual dan kontekstual
C. Menentukan tema projek sesuai keputusan ketua tim P5PPRA
D. Tentukan tema yang sesuai dengan fenomena/permasalahan yang ditemukan
Jawaban:
C. Menentukan tema projek sesuai keputusan ketua tim P5PPRA
Penjelasan: Tema projek harus sesuai dengan fenomena atau permasalahan yang ditemukan, bukan hanya berdasarkan keputusan ketua tim.
Merumuskan Peran dalam Aksi Nyata
Soal 10
Merumuskan peran yang dapat dilakukan melalui aksi nyata, merupakan tahapan … dalam model alur P5PPRA:
A. Tindak lanjut
B. Refleksi
C. Aksi
D. Kontekstualisasi
Jawaban:
C. Aksi
Penjelasan: Merumuskan peran dalam aksi nyata adalah bagian dari tahapan aksi dalam alur P5PPRA.
Artikel ini memberikan penjelasan mendetail dan kunci jawaban dari soal modul 3.6 alur kegiatan P5-PRRA pelatihan microlearning Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep dalam modul ini. ***