Penyebab Lampu Motor Cepat Putus | Service Kelistrikan Otomotif

Penyebab Lampu Motor Cepat Putus | Service Kelistrikan Otomotif
Lampu Motor

FOKUS OTOMOTIF – Penyebab lampu motor sering putus meskipun sudah berkali-kali diganti. Umumnya masalah ini terjadi di motor-motor yang sudah cukup berumur. Bohlam lampu yang umurnya baru beberapa hari terkadang langsung putus lagi setelah diganti. Hal ini bukan diakibatkan salah beli bohlam atau pakai bohlam palsu.

“Bohlam yang kualitasnya kurang bagus pun tidak bakal langsung putus, kalau misal dipasang tapi tidak lama putus lagi itu artinya ada masalah kelistrikan.

Umumnya masalah ini diakibatkan oleh kiprok yang sudah mulai lemah,

Apa penyebab lampu kepala mudah putus, Kiprok rusak mengakibatkan pengisian tidak normal, efeknya kelistrikan yang menuju bohlam berlebih.

Karena arus yang menuju lampu itu harus disesuaikan dulu dengan kiprok ini, kalau terlalu besar ya pasti putus terus.

Masalah ini memang umumnya dialami oleh motor-motor yang sudah berumur.

Apalagi kalau motornya sudah di atas 5 tahun, wajib waspadai kerusakan kiprok yang bisa terdeteksi dari bohlam yang putus terus ini.

Jadi jangan bingung lagi kalau kalian mengalami gejala bohlam sering putus ya!

Coba cek kiprok di motor kalian, kemungkinan penyebabnya dari kiprok yang mulai bermasalah.

atau kamu bisa cek pada bagian berikut

1. Lampu Motor Terkena Air

Penyebab pertama ini sering terjadi pada saat musim hujan.

Rumah lampu motor yang sudah mulai longgar.

Pada motor lama bagian karet rumah lampu mulai kehilangan kelenturannya atau menjadi keras dan mudah retak.

Longgarnya karet rumah lampu tersebut memudahkan air untuk masuk ke dalamnya.

Baca Juga:  Pengertian Sensor dan Jenis-jenis Sensor

Lebih berbahaya lagi jika air masuk ke dalam reflektor.

Akibatnya adalah lampu motor mudah putus.

2. Korsleting pada Kabel

Kabel pada sistem kelistrikan motor cukup rumit dan sering menjadi penyebab lampu motor putus.

Alasannya kabel yang dipasang mengalami korsleting, akibatnya Anda akan sering membeli lampu baru karena arus yang terlalu tinggi merusak lampu.

Bagian kabel lampu mungkin saja ada yang putus sehingga harus diperbaiki.

Menelusuri bagian mana kabel yang rusak kemudian menggantinya adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki.

3. Kerusakan pada Soket Lampu

Penyebab lampu motor sering putus selanjutnya bisa berasal dari soket.

Pada saat menggunakan soket berkualitas rendah, biasanya dari produk aftermarket akan mempercepat lampu putus.

Oleh karena itu pastikan untuk selalu menggunakan soket lampu dari bengkel resmi sehingga Anda memperoleh produk dengan kualitas terbaik atau asli.

4. Rusaknya Spull

Komponen spull penerangan pada lampu motor berfungsi untuk meningkatkan arus listrik yang dihasilkan.

Bentuknya berupa kumparan kawat, jika salah satu kumparan rusak maka arus listrik yang dialirkan ke kiprok pasti rendah.

Alhasil lampu yang tidak mendapatkan daya standar akan cepat putus kemudian mati.

Cara mengatasinya sendiri sangat mudah yaitu, kumparan kawat tembaga harus digulung ulang.

Jika tak ingin repot bisa menggantinya dengan yang baru.

5. Pengisian Daya ke Aki yang Berlebihan

Disebut juga overcharge, hal ini bisa jadi penyebab lampu motor sering putus.

Pengisian aki otomatis adalah ketika motor digas, arus yang masuk tidak lebih dari 14,55 atau 15,5 volt.

Jika jumlahnya berlebih maka lampu motor akan mudah putus.

Efek lainnya yang cukup merugikan adalah aki motor cepat panas bahkan membahayakan komponen seperti kiprok dan juga spul.

Baca Juga:  Supercharger Kawasaki H2: Fungsi, Kelebihan, dan Harga

6. Motor Menggunakan Sistem AHO

Automatic Headlight On (AHO) adalah sistem yang diterapkan pada motor-motor baru di mana lampu utama akan terus menyala, tidak ada saklar lampu yang terpasang.

Sistem ini justru akan membuat kendaraan yang menyala terus membuat lampu cepat panas.

Usia pakai lampu pun otomatis cepat menurun sehingga mau tidak mau harus membeli lampu yang baru.

7. Kerusakan pada Kiprok

Kiprok adalah komponen yang bekerja untuk menstabilkan arus dan tegangan yang mengalir. Sehingga kerusakan yang terjadi pada kiprok akan mengganggu arus daya yang menuju ke bohlam.

Arus bisa saja tidak stabil sehingga pengisian tidak lancar dan lampu bohlam mudah putus. Kiprok biasanya di cek paling terakhir jika ternyata kesembilan penyebab di atas disinyalir baik baik saja.

Apa yang menyebabkan lampu penerangan mati saat mesin digas pada RPM tinggi? Kerusakan pada kiprok ini bisa dideteksi jika lampu sering mati saat digunakan. Terutama saat motor digas pada rpm tinggi lampu akan langsung mati. Selain itu, jika rectifier sudah rusak akan berdampak pada kerusakan pada komponen penyimpan energi listrik pada kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *