Cara mengoptimalkan blog dengan Google Analytics

Apa itu Otoritas Domain dan apakah itu memengaruhi Google?
Cara Ranking 1 Google - Teknik SEO Situs Web

FOKUS SEO – Apakah Anda melihat lalu lintas blog Anda menurun atau Anda tidak mengenal audiens Anda dengan baik? Gunakan Google Analytics untuk mengoptimalkan situs web Anda dengan berbagai cara dan lihat Rasio Pantulan Anda menurun serta pendapatan dan keterlibatan Anda meningkat.

Saya tidak tahu satu pun blogger penuh waktu yang tidak mengenal audiens blognya luar dalam. Jika Anda tahu statistik mana yang harus dilihat, Anda tidak hanya akan terus menemukan ide untuk menulis artikel baru, tetapi Anda akan dapat mengoptimalkan blog Anda lebih baik lagi dengan berbagai cara cerdas.

Data Google Analytics tertentu seperti Rasio Pentalan, Aliran Perilaku, dan Konten Paling Populer digabungkan dengan beberapa tips akan membantu Anda meningkatkan konten Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan lalu lintas rendah, penurunan tiba-tiba, atau Anda tidak dapat mempromosikan artikel tertentu, petunjuk berikut akan membantu Anda mengakhiri semua ini dan lebih banyak lagi.

Catatan Editor: Jika Anda tidak mengetahui sebagian besar istilah yang saya sebutkan di artikel, lihatlah semua istilah blog terkenal yang telah saya cantumkan dalam daftar yang berbeda. Jangan lupa baca juga ulasan tentang apa itu Google Analytics dan cara menggunakannya.

1. Periksa Tingkat Pentalan Anda

Saya akan mulai dengan salah satu informasi terpenting yang diberikan Google Analytics kepada kita: Tingkat Pentalan . Sederhananya, Bounce Rate mengukur persentase pengunjung yang langsung pergi setelah mengunjungi blog Anda dan tidak mengklik untuk melihat lebih banyak artikel atau halaman. Semakin tinggi Bounce Rate blog Anda, semakin buruk untuk SEO.

Namun mengapa Bounce Rate begitu penting dalam sebuah website? Karena hal tersebut dapat mempengaruhi SEO website kita secara keseluruhan, atau peringkat artikel kita di hasil pencarian. Lagi pula, [Google] menganggap bahwa jika sebuah blog memiliki Tingkat Pentalan yang tinggi, ini berarti kontennya mungkin tidak berguna dan itulah sebabnya pengguna yang mengunjunginya segera pergi setelah membacanya. Pada titik ini, waktu yang dihabiskan setiap pembaca untuk sebuah artikel juga memainkan peran penting, itulah sebabnya banyak blogger fokus pada artikel panjang dan manfaat yang menyertainya .

Meskipun ini tidak selalu merupakan metrik yang tepat untuk kualitas konten, kami melihat perubahan Skema yang sesuai, di mana situs berita tidak selalu menghadapi masalah yang sama. Namun, karena kami berfokus pada blogger dalam artikel ini, Tingkat Pentalan penting dan kami harus menjaganya serendah mungkin.

Jika Bounce Rate blog Anda tinggi, berarti ada yang salah dengan blog Anda, karena pembaca langsung berdatangan. Penyebab masalah dapat berupa sesuatu yang sangat sederhana, atau dapat membuat situasi menjadi lebih rumit.

Apa yang memengaruhi Tingkat Pentalan blog?

Hal pertama yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah, “ Mengapa pengunjung blog saya pergi tanpa mengklik artikel lain? ” Alasannya bisa sangat sederhana, seperti tidak melakukan tautan balik internal yang benar (yaitu, tidak menempatkan tautan ke artikel serupa lainnya di artikel Anda), tidak menambahkan artikel populer atau terbaru Anda di titik mana pun (seperti di sidebar), halaman tidak ditampilkan dengan baik di perangkat seluler, atau bahkan karena kecepatan rendah.

Baca Juga:  Terjebak Serangan DDoS? Kenali Ciri-Cirinya dan Selamatkan Website Anda!

Anda dapat mengetahui apakah Anda melakukan backlink internal yang salah di konten Anda dengan cara sederhana berikut: Jika Anda menulis artikel tentang resep vegan dan memasukkan tautan ke resep lain di dalamnya, itu juga harus berupa resep vegan untuk menarik minat pengunjung. Jika Anda menulis resep manisan, tempatkan tautan ke manisan lain yang memiliki rasa serupa, atau manisan yang sama tetapi dengan bahan berbeda. Jika Anda sedang menulis panduan DIY tentang cara membuat mainan buatan tangan, tautkan ke panduan pembuatan mainan DIY lainnya, dll.

Tingkat Pentalan juga dapat meningkat sedikit jika desain blog tidak ramah seluler, font terlalu kecil atau berwarna terang dan melelahkan mata, ada banyak iklan, banyak widget yang memperlambat pemuatan halaman, di antara beberapa lainnya . Apa pun yang dapat menyebabkan pembaca meninggalkan blog Anda segera setelah membaca artikel harus diperbaiki untuk menurunkan rasio pentalan dan meningkatkan SEO Anda.

Bagaimana cara mengurangi Rasio Pentalan?

Mulailah dengan membuat beberapa perubahan kecil terlebih dahulu untuk memeriksa apakah masalahnya ada di salah satunya. Anda perlu memeriksa hasil setiap perubahan setidaknya selama 3-4 minggu untuk dapat menarik kesimpulan yang andal.

Jika blog Anda memiliki sidebar di kiri atau kanan, mulailah optimasi pertama dengan itu. Pastikan Anda menampilkan artikel Anda yang paling populer, beberapa yang terbaru atau yang paling populer selama 7 hari terakhir. Artikel yang paling banyak mendapatkan hits dari hasil pencarian biasanya adalah artikel yang disukai pembaca kami, jadi dengan menyediakannya di sidebar, kami membantu pengunjung baru menemukannya lebih cepat.

Sidebar juga merupakan tempat yang bagus untuk menambahkan bidang pendaftaran untuk buletin Anda, serta halaman penting yang dapat menurunkan rasio pentalan Anda. Pastikan juga Anda menggunakan paket WordPress Hosting yang cepat dan andal , karena kecepatan memainkan peran yang sama pentingnya dalam mengurangi Tingkat Pentalan. Selanjutnya Anda harus mengidentifikasi dan mengoptimalkan konten blog Anda yang paling populer, yang akan saya bahas di bagian selanjutnya. Setelah Anda selesai melakukannya, lanjutkan dengan semua artikel lain yang mendapatkan lebih sedikit lalu lintas, menambahkan backlink, informasi, dan hal lain yang menurut Anda perlu.

2. Temukan konten paling populer

Elemen Google Analytics berikutnya yang harus Anda periksa adalah konten terpopuler blog Anda. Jika Anda memulai dengan artikel populer terlebih dahulu, ini akan cukup membantu Anda untuk meliput konten terpenting blog Anda terlebih dahulu dan kemudian beralih ke artikel lain yang tidak mendapatkan banyak kunjungan.

Mulai optimalkan 10 artikel blog terpopuler Anda. Edit masing-masing dan periksa apakah ada informasi yang hilang, apakah Anda dapat meletakkan tautan ke artikel Anda yang serupa lainnya, tautan afiliasi untuk meningkatkan penghasilan Anda (karena kita berbicara tentang konten Anda yang paling populer), atau bahkan jika foto, video, atau konten membutuhkan koreksi atau pembaharuan.

Setelah Anda mengoptimalkan 10 artikel blog paling populer, Anda dapat melanjutkan ke artikel berikutnya. Mulailah melihat apa yang hilang dari setiap artikel, jika Anda telah menambahkan tautan ke artikel Anda yang lain dengan topik yang sama dan tambahkan tautan ke 10 artikel terpopuler Anda untuk meningkatkan backlink internal lebih banyak lagi.

Baca Juga:  Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula

Namun, ingat bahwa ketika Anda meletakkan tautan di salah satu artikel Anda, tautan itu disarankan untuk menuju ke artikel atau halaman lain yang serupa dengan topik yang sama, atau yang serupa. Ini secara signifikan akan meningkatkan kualitas konten Anda, baik untuk mesin pencari maupun untuk pembaca Anda.

3. Analisis Aliran Perilaku

Alur Perilaku adalah salah satu elemen terpenting Google Analytics Ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana pengunjung bergerak melalui halaman blog Anda melalui tabel statistik gaya aliran.

Dengan menggunakan Behavior Flow di Google Analytics, Anda akan dapat melihat halaman atau artikel mana yang paling banyak diklik oleh pembaca Anda setelah mengunjungi blog Anda dan jika mereka terus mengklik artikel atau halaman ketiga atau keempat dan seterusnya.

Alih-alih menampilkan statistik numerik, Behavior Flow menunjukkan kepada Anda dengan representasi grafis bagaimana pembaca Anda menavigasi blog Anda. Representasi grafis ini digabungkan dengan tampilan setiap halaman dan artikel akan membantu Anda melihat konten mana yang memiliki interaksi (keterlibatan) tertinggi, halaman terakhir yang mereka kunjungi dan kemudian meninggalkan blog Anda dan banyak lagi.

Alur Perilaku juga dapat membantu Anda memecahkan berbagai masalah teknis. Misalnya, beberapa bulan yang lalu saya menganalisis statistik sebuah toko online untuk melihat mengapa penjualannya turun tajam. Dengan pemeriksaan pertama di Alur Perilaku, saya perhatikan bahwa halaman terakhir yang mereka kunjungi adalah halaman untuk menyelesaikan pesanan mereka. Aneh, bukan?

Jadi saya keluar dari jendela penyamaran mencoba menyelesaikan pesanan. Di akhir pemesanan, ternyata ada masalah yang membuat ongkos kirim naik tiga kali lipat dari harga normal. Setelah masalah teratasi, penjualan kembali normal.

Sama halnya dengan blog, Anda dapat memeriksa apa yang biasanya halaman terakhir dikunjungi di blog Anda dan kemudian melanjutkan dengan pengoptimalan yang diperlukan. Mungkin memerlukan lebih banyak tautan, mengalami masalah, atau ditampilkan secara tidak benar di perangkat seluler. Apapun itu, mulailah dengan mengoptimasi halaman dengan Bounce Rate tertinggi.

Alur Perilaku juga berguna untuk blogger yang mempromosikan konten tertentu di blog mereka tetapi gagal mengarahkan lalu lintas ke sana dan artikel lain mendapatkan lebih banyak klik.

4. Jangan lupa kata kunci blog Anda

Anda memerlukan tiga alat penting untuk memantau kata kunci blog Anda, dan ini, jika tidak ada yang lain, adalah Google Analytics, Google Search Console , Alat Webmaster Bing, dan plugin Rank Math SEO untuk WordPress . Ini adalah tiga alat yang harus digunakan setiap blogger sesering yang diperlukan.

Melalui Google Analytics, awalnya Anda dapat memeriksa apa yang dicari pembaca dari kolom pencarian blog Anda. Mungkin ada topik atau pertanyaan tertentu yang terus mereka telusuri dan tidak dapat menemukan jawabannya. Anda bisa mulai dengan menulis tentang pencarian ini, terutama jika terkait dengan topik blog Anda.

Melalui Google Search Console Anda akan dapat melihat kata kunci apa yang paling banyak dicari orang dan menemukan blog Anda. Jika Anda memeriksa hasil pencarian untuk beberapa kata kunci paling populer dari blog Anda dan Anda tidak muncul di halaman pertama, maka Anda dapat lebih mengoptimalkan artikel tersebut untuk mencapai hasil pertama dan dengan demikian mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Baca Juga:  Cara Install WordPress di Localhost Menggunakan XAMPP

Sekarang di Windows 10 dan Windows 11 Microsoft Edge baru berdasarkan proyek Chromium Google adalah browser default, semakin banyak pengguna menggunakan mesin pencari Bing . Mesin pencari khusus ini telah menjadi sangat bagus dalam memberikan hasil sehingga banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka menggunakan Bing dan bukan Google – terutama orang dengan sedikit pengetahuan teknologi.

Alat Webmaster Bing Bing sama seperti Search Console Google. Layanan ini akan membantu Anda menemukan apa yang dicari orang dan menemukan Anda dari Bing, tetapi juga memasukkan semua informasi Anda secara otomatis dari Search Console hanya dengan menghubungkan ke akun Google Anda. Pastikan Anda telah memasukkan peta situs blog Anda dan sering memeriksa statistik blog Anda untuk mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari Microsoft Bing.

Terakhir, jika Anda telah membangun situs web Anda di WordPress dan menggunakan plugin Rank Math SEO, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari statistik luar biasa yang disediakannya. Layanan terhubung langsung ke akun Google Anda dan menerima statistik dari Google Analytics dan Search Console.

Melalui Tabel Statistik Rank Math Anda akan dapat melihat kata kunci dan artikel mana yang kehilangan posisi di hasil pencarian. Dengan statistik ini, Anda pada dasarnya menunjukkan akhir pencarian dan memiliki semuanya di satu tempat, sebagai akibatnya Anda langsung tahu artikel mana yang membutuhkan lebih banyak pengoptimalan.

5. Buat wawasan khusus Anda sendiri

“Wawasan Kustom” di Google Analytics memungkinkan Anda membuat metrik analitik Anda sendiri dan menerima lansiran kapan pun Anda menyetelnya. Sebagian besar widget Wawasan ditempatkan di Dasbor Google Analytics dari mana Anda dapat memantau statistik dasar blog Anda, namun dengan membuat widget unik Anda sendiri, Anda akan dapat melihat dengan tepat statistik yang Anda butuhkan.

Misalnya, dengan Wawasan Khusus, Anda dapat membuat laporan “ Lonjakan pengguna ”, yang akan mengingatkan Anda setiap kali blog Anda tiba-tiba menerima banyak lalu lintas dari beberapa konten yang menjadi viral. Anda juga dapat menerima pemberitahuan ketika lalu lintas blog Anda mengalami peningkatan tertentu ( misalnya dari 5% atau lebih selama 7 atau 30 hari terakhir ), ketika ada penurunan besar, atau bahkan ketika Anda ingin memiliki Tabel kustom sendiri dari yang disediakan oleh Google.

Anda dapat membuat Wawasan Khusus untuk hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan, jadi jangan ragu untuk menguji statistik yang berbeda dan statistik mana pun yang menurut Anda paling penting bagi Anda dan konten blog Anda. Widget yang disediakan oleh Google adalah dasar dan tidak memberikan laporan terperinci tentang statistik spesifik yang mungkin dibutuhkan seorang blogger – lagipula, pokok bahasan setiap orang berbeda.

Terakhir, perlu diperhatikan bahwa dalam versi baru layanan, Google Analytics G4 , membuat Wawasan baru menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *