Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula

Apa itu Otoritas Domain dan apakah itu memengaruhi Google?
Cara Ranking 1 Google - Teknik SEO Situs Web

FOKUS NGEBLOG – Blog Pribadi adalah blog yang seluruh pengelolaannya diatur berdasarkan keinginan dan kebutuhan pribadi pemiliknya.

Kontennya juga merupakan gagasan hasil olah pikir pribadi mengenai topik yang menurut pemilik blog, menarik untuk dibahas.

Contohnya seperti opini mengenai gerakan feminisme, ulasan film Interstellar, rekomendasi tempat liburan terbaik, pembahasan mengenai bisnis reseller domain, cerita kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa asing, dan lain sebagainya.

Nah, si pemilik blog pribadi ini disebut sebagai seorang Blogger.

Ciri-Ciri Blog Pribadi

Blog Pribadi tentu saja berbeda dari blog suatu perusahaan atau agensi. Berikut merupakan ciri-ciri dari blog pribadi:

1. Seluruh kegiatan blogging dilakukan sendiri. Tidak dikelola bersama tim.

2. Konten bersifat variatif, dinamis, dan komunikatif.

3. Umumnya menceritakan pengalaman pribadi, hobi, pandangan hidup, opini, atau pembahasan profesional terkait hal yang dikuasai pemilik blog.

4. Narasi di dalam konten cenderung menggunakan sudut pandang pribadi, walau tidak menutup kemungkinan disertai dengan data ilmiah yang mendukung.

5. Kebanyakan blog pribadi menggunakan gaya bahasa yang bebas dan santai.

Namun, ada juga yang memilih menggunakan bahasa profesional.

Semua kembali pada kebutuhan dan keinginan si pemilik blog.

6. Gaya bahasa yang digunakan dalam satu konten dan konten yang lain memiliki ciri khas tertentu.

7. Umumnya artikel disertai beberapa dokumentasi pribadi, seperti foto favorit di tempat wisata yang sedang dibahas atau video tutorial membuat kue kering.

Manfaat 

Blog pribadi adalah platform yang menawarkan banyak manfaat bagi pemiliknya, antara lain:

1. Tempat Mencurahkan Pemikiran

Bukankah kadang terasa menyebalkan saat Anda memiliki gagasan cemerlang namun tidak terdengar oleh siapapun?

Nah, dengan memiliki blog pribadi, Sobat Aksara dapat secara aktif mengemukakan segala gagasan yang dimiliki dan memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens dalam jumlah yang banyak.

Siapa tahu gagasan Anda mendapat perhatian dari pihak terkait sehingga dapat turut membantu dalam upaya mengurai benang kusut yang sedang dihadapi.

Begitu pula dengan kesempatan beropini.

Dengan memiliki blog pribadi, Anda dapat menyatakan suatu sikap atau pendapat mengenai sebuah keadaan dengan lebih leluasa.

2. Mengasah Kemampuan Menulis

Pernahkah Anda mendengar teori 10.000 jam milik Malcolm Gladwell yang ditulis dalam bukunya The Outliers?

Menurut Gladwell, seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu setelah berlatih selama 10.000 jam.

Namun, untuk menyentuh angka kumulatif sebesar 10.000 jam, tentu dibutuhkan wadah yang tepat juga tekad yang kuat.

Nah, blog pribadi adalah wadah yang sangat baik bagi Anda yang ingin terus mengasah kemampuan menulis.

Selain tuntutan harus mengunggah konten secara konsisten agar biaya pembuatan blog tidak sia-sia, blog juga memiliki fitur kolom komentar.

Fitur kolom komentar akan memungkinkan terjalinnya komunikasi yang aktif antara Anda dan audiens.

Dari situ Anda bisa mendapatkan feedback jujur dari audiens yang membaca tulisan Anda, sehingga termotivasi untuk menulis dengan lebih baik lagi.

3. Mengasah Kreativitas

Dalam kegiatan menulis tentu dibutuhkan kreatifitas yang besar agar artikel yang diproduksi, selain informatif, tetap menarik dan asik untuk dibaca.

Proses berpikir tersebut tentu akan semakin mengasah kreativitas Anda.

4. Mengasah Kemampuan Riset

Agar tulisan menjadi sumber bacaan yang lebih kredibel, tentu saja dibutuhkan data-data yang bersifat faktual.

Nah, untuk mendapatkan data yang faktual diperlukan proses riset yang cukup panjang.

Dari website satu ke website yang lain. Dari menonton video pembahasan hingga membaca beberapa artikel yang berbeda.

Karena melakukan hal ini secara terus-menerus, tentu saja kemampuan riset Anda akan semakin meningkat dan bisa memilah-milah informasi dengan lebih seksama.

5. Memiliki Portofolio Menulis

Jika suatu saat Anda ingin memiliki karir di bidang kepenulisan, contohnya sebagai content writer, Anda telah memiliki portfolio yang apik dan siap diberikan kepada recruiter.

Selain membantu dalam karier, portfolio menulis dalam blog pribadi juga dapat Anda cantumkan saat mencari beasiswa.

6. Mendapatkan Pemasukan 

Selain mendapatkan wadah untuk mengekspresikan diri secara bebas melalui tulisan, blog pribadi juga bisa memberikan pemasukan tambahan bagi pemiliknya.

Baca Juga:  Cara Membuat Galeri Foto dengan Scrolling Vertikal di Artikel Blog

Pemasukan bisa didapat dari:

  • iklan pay per click Google AdSense,
  • menjual ad space,
  • afiliasi marketing,
  • donasi berbasis monetasi,
  • menjual produk atau layanan pribadi,
  • konten bersponsor,
  • website flipping,
  • link afiliasi,
  • dan sistem website membership.

7. Menjadi Influencer 

Jika konten yang diproduksi berkualitas tinggi, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjadi influencer di bidang yang Anda tekuni.

Orang-orang akan menggunakan artikel yang Anda tulis sebagai salah satu acuan dalam mengambil tindakan.

Anda juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi penggerak masyarakat.

Contohnya Anda sering membahas tentang keindahan laut Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Ketika ada hal yang mengancam keindahan dan kelestarian laut, Anda pasti akan lebih mudah untuk menggerakkan masyarakat indonesia untuk mencegah ancaman tersebut.

Anda bisa menulis artikel terkait sambil mencantumkan link untuk menandatangani petisi penolakan.

Cara Mudah Membuat Blog Pribadi

Berikut cara mudah membuat blog pribadi yang dapat Anda ikuti:

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat blog adalah memikirkan niche blog apa yang diinginkan.

2. Setelah itu, silakan pilih platform yang akan digunakan untuk blogging.

Platform penyedia CMS yang terkenal adalah WordPress, Blogspot, Joomla, dan Drupal.

3. Jika sudah, Anda perlu memilih layanan hosting yang berkualitas dan terpercaya.

4. Kemudian Anda harus mencari domain yang dapat mencerminkan citra website atau brand yang ingin dibangun.

5. Setelah mendapatkan nama domain yang diinginkan, silakan lakukan pendaftaran dan tentukan lama masa aktif domain.

6. Jika hosting sudah siap dan nama domain sudah aktif, website Anda sudah siap untuk digunakan untuk membuat blog.

7. Anda dapat segera mulai membuat konten yang menarik dan melakukan promosi supaya menjangkau lebih banyak audiens.

Jangan lupa terapkan teknik SEO agar blog Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. 

01. Pilih template blog pribadi

Template siap pakai dan didesain secara profesional adalah cara terbaik untuk memastikan konten yang efektif dan desain yang ekspresif, dan juga dapat menjadi sumber inspirasi. Ini adalah hasil dari template yang disesuaikan dengan hati-hati yang dibuat untuk tujuan atau topik tertentu.

Menggunakan template blog pribadi yang sepenuhnya dapat disesuaikan memberi Anda fondasi yang darinya Anda dapat menciptakan kehadiran online yang kuat dan memenuhi kebutuhan dan minat audiens Anda. Anda pasti ingin mempertimbangkan hal berikut saat memilih template Anda sendiri.

  • Tentukan tujuan blog Anda: Memberikan tujuan pada situs Anda akan membantu Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa Anda menemukan template yang tepat untuk Anda dan audiens target Anda. Misalnya, jika blog pribadi Anda berfokus pada makanan, pertimbangkan untuk menambahkan getaran kuliner ke situs Anda, seperti latar belakang yang menyerupai kain makan. Pembaca Anda akan beresonansi dengannya.

  • Tentukan tata letak: Tata letak Anda memiliki pengaruh pada presentasi blog Anda. Anda dapat memilih template dengan tata letak yang akan memprioritaskan konten blog tertentu daripada yang lain. Misalnya, menggunakan tata letak bergaya majalah memungkinkan Anda menarik perhatian ke cerita atau gambar unggulan dan cocok untuk seseorang yang membuat banyak konten beragam.

02. Kembangkan merek Anda

Untuk menjadikan blog pribadi Anda benar-benar milik Anda, Anda pasti ingin mendesainnya dengan cara yang mewakili Anda, nilai-nilai atau tujuan Anda. Ini sangat penting jika Anda mencoba membangun merek Anda sendiri dan akhirnya menghasilkan uang dari blogging.

Menyesuaikan ruang web pribadi Anda akan memberi Anda keunggulan dibandingkan blog lain, membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menonjol. Desain juga memiliki peran dalam mendukung pesan konten Anda terlihat dalam hierarki atau urutan ide yang disajikan kepada pembaca Anda.

Ada beberapa elemen blog Anda yang perlu dipertimbangkan ketika datang ke branding blog Anda. Inilah yang paling penting:

  • Logo: Buat logo Anda sendiri untuk menjadi wajah merek Anda dan buat blog Anda dapat dikenali. Tanda grafik ini harus mencerminkan dan mewujudkan blog Anda. Logo blog Anda dapat ditampilkan di saluran media sosial, favicon situs, dan aset merek lainnya untuk meningkatkan pengenalan merek dan memperkuat keberadaan online Anda.

  • Header: Ini adalah ruang di bagian atas beranda dan bagian strategis dari blog pribadi Anda yang dilihat orang pada detik pertama memuat halaman Anda. Tajuk Anda harus mengundang, memberikan informasi dasar, dan memberi tahu pengguna dengan tepat apa yang ditawarkan. Ini mencakup elemen web penting, seperti logo, tombol ajakan bertindak, judul, menu navigasi, dan teks atau gambar yang relevan.

  • Skema warna situs web: Warna dapat menginspirasi suasana hati tertentu atau memunculkan asosiasi penting bagi pemirsa. Luangkan waktu untuk memilih skema warna yang sempurna untuk jenis topik yang akan Anda tulis dan pikirkan nada yang ingin Anda sampaikan. Misalnya, jika ingin tampil bold dan berani, Anda bisa menggunakan tone yang lebih cerah seperti kuning dan oranye. Alternatifnya, jika Anda ingin menjadi halus, Anda bisa menggunakan warna krem.

  • Desain seluler: Meskipun bukan elemen branding, desain seluler memainkan peran utama dalam persepsi merek Anda. Dengan jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia yang mencapai 3 miliar – angka yang patut diperhitungkan – blog Anda harus mobile-friendly agar tetap relevan. Untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik, Anda harus menyertakan paragraf yang lebih pendek, konten yang dapat digulir, dan gambar yang sesuai untuk layar kecil, yang dapat digunakan pembaca di ponsel mereka.

03. Pilih paket hosting dan nama domain

Situs web tanpa paket hosting semuanya berdandan dan tidak ada tujuan. Anda harus memilih paket hosting web yang andal agar blog pribadi Anda dapat dilihat oleh orang lain secara online. Hosting situs web gratis Wix menawarkan waktu aktif 99,9% luar biasa yang memastikan situs Anda akan selalu aktif dan berjalan di jaringan yang stabil. Itu juga dilindungi dengan pemantauan keamanan 24/7 untuk menjaga keamanan pengunjung Anda dan menyediakan ruang penyimpanan yang cukup untuk halaman, gambar, dan video Anda sehingga dapat dialirkan dengan lancar dan diunduh oleh pengunjung.

Setelah Anda memilih paket hosting web, saatnya memilih nama domain , juga dikenal sebagai alamat online Anda. Ketika datang untuk menemukan nama domain untuk blog pribadi Anda, Anda harus membuat nama yang mencerminkan konten dan gaya Anda. Jadi, inilah beberapa hal yang perlu diingat:

  • Jadilah unik untuk membedakan diri Anda dari blogger lain yang menulis tentang topik serupa. Ambil ide blog parenting; ada beberapa domain yang berdampingan dengan kata “ibu” dan “blog”. Sebagai gantinya, Anda dapat menambahkan deskripsi lain yang unik ke situs Anda dan memberi tahu audiens apa yang akan mereka dapatkan dari membacanya.

  • Sederhanakan cara mengucapkan, mengetik, dan mengeja sehingga nama blog Anda dapat dibagikan dan diingat oleh semua jenis orang.

  • Gunakan nama Anda untuk memposisikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran di ceruk pasar Anda. Jika tujuan Anda adalah membangun diri Anda sebagai merek, Anda dapat memilih nama Anda sendiri sebagai nama domain Anda.

  • Periksa ketersediaan dengan melakukan pencarian nama domain cepat sebelum menetapkan hati Anda pada salah satu yang diambil.

Terakhir, Anda harus menghubungkan nama domain Anda ke penyedia hosting web agar pengunjung dapat menemukan blog Anda di internet.

04. Buat jadwalkan konten

Inti dari setiap blog yang sukses adalah konten asli. Inilah mengapa blog pribadi juga menjadi wadah penulisan yang berkualitas. Lagi pula, Anda adalah ahli dalam menceritakan kisah Anda sendiri.

Untuk memaksimalkan upaya ini, Anda dapat membuat kalender editorial yang akan mengelola semua konten Anda dengan lebih baik dan membantu Anda mengukur kinerja blog Anda. Kalender editorial adalah dokumen yang menyimpan semua informasi posting blog Anda, seperti ide topik dan tanggal penerbitan, terorganisir dan dapat diakses dalam format terpusat.

Memiliki jadwal blogging akan membantu Anda menemukan waktu terbaik untuk memposting, mencatat semua konten Anda, dan membiarkan Anda melacak kemajuan setiap posting, mulai dari saat ditayangkan hingga pemasarannya. Selain itu, menerapkan strategi konten semacam ini juga dapat membantu Anda menentukan tujuan, apakah itu meningkatkan lalu lintas atau mendapatkan pelanggan baru.

05. Optimalkan konten Anda untuk SEO

Semua blogger memiliki tujuan yang sama: untuk meningkatkan paparan tulisan mereka. Untuk mengarahkan lalu lintas ke blog pribadi Anda, Anda harus memikirkan pengoptimalan mesin telusur, atau SEO. Ini adalah proses mengoptimalkan halaman web Anda untuk meningkatkan posisi situs Anda di mesin pencari melalui pencarian organik. Semakin baik peringkat situs Anda dalam kueri tertentu, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan pengunjung dan memperluas jangkauan Anda.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan peringkat SEO Anda. Salah satu prioritas Anda adalah melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan kata yang paling relevan untuk diterapkan di blog Anda. Kata kunci ini akan membantu Anda memahami bagaimana orang mencari hal-hal yang berkaitan dengan niche atau topik blog Anda, serta jenis konten yang ingin mereka temukan. Pada gilirannya, ini akan memungkinkan Anda menentukan topik yang relevan untuk audiens Anda dan mengidentifikasi kata kunci terbaik untuk digunakan dalam tulisan Anda. Kemudian Anda dapat memikirkan tentang menyesuaikan kata kunci secara alami dengan judul posting blog Anda dan bentuk konten lainnya.

Praktik utama SEO lainnya untuk blogging termasuk menulis teks alternatif yang ramah SEO untuk gambar, membuat deskripsi meta yang dioptimalkan menggunakan kata kunci Anda, dan memastikan bahwa situs Anda ramah seluler.

06. Buat daftar email

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita menggunakan email untuk menghubungi kolega, teman, dan bahkan pasangan. Bagi blogger, email telah menjadi salah satu alat paling ampuh untuk berkomunikasi dengan pembaca. Selain itu, strategi email yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengikut sehingga menghasilkan peluang yang menguntungkan saat memonetisasi blog. Untuk menjelajahi peluang pemasaran email ini lebih jauh, Anda harus membuat milis terlebih dahulu. Secara umum, Anda dapat mengumpulkan daftar alamat email dari pelanggan blog dan orang-orang yang setuju untuk diperbarui melalui kotak masuk mereka. Sangat penting untuk menemukan cara mengundang untuk menarik orang ke arah opt-in atau berlangganan milis Anda. Anda dapat membuat tombol CTA yang kuat, seperti “Berlangganan Hari Ini” dan menempatkannya secara strategis di beranda Anda, sehingga orang lain akan melihatnya. Anda juga dapat memberikan insentif untuk membuat orang mendaftar. Biasanya, penawaran semacam ini datang dalam bentuk ebook gratis atau konten yang dapat diunduh.

Daftar email dapat digunakan sebagai alat untuk membangun komunitas yang kuat di sekitar blog Anda. Anda akan tahu bahwa pelanggan Anda ingin mendengar dari Anda karena mereka telah memberi Anda izin untuk melakukannya – menandakan gagasan tentang kesetiaan dan kepercayaan. Pelanggan juga lebih cenderung membagikan konten Anda karena mereka tertarik dengan apa yang Anda katakan.

Intinya, Anda dapat mengelompokkan daftar email Anda berdasarkan faktor tertentu, seperti lokasi dan demografi, dan mengirimkan email yang dipersonalisasi yang akan menghasilkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi.

07. Sebarkan artikelnya

Jika tidak ada yang membaca blog pribadi Anda, bagaimana bisa dikatakan ada? Untuk menarik lebih banyak perhatian, Anda harus memikirkan tentang cara mempromosikan blog Anda dan meningkatkan keberadaan online Anda. Anda dapat menggabungkan strategi pemasaran atau tetap menggunakan strategi yang memenuhi semua kebutuhan Anda. Dua jenis metode promosi yang paling umum adalah media sosial dan pemasaran email. Mari selami lebih dalam perbedaan di antara mereka:

  • Email marketing adalah tindakan mengirimkan email dengan tujuan untuk membangun loyalitas, kepercayaan atau brand awareness. Dengan menggunakan daftar email yang telah Anda buat di langkah sebelumnya, Anda dapat menjalankan serangkaian kampanye pemasaran email yang efektif yang menargetkan audiens Anda, mulai dari email selamat datang hingga tindak lanjut.

  • Pemasaran media sosial memungkinkan Anda mendapatkan akses ke beragam orang dengan menjangkau melalui saluran baru. Baik itu YouTube, Facebook, atau Instagram, Anda dapat menggunakan platform ini untuk lebih mempromosikan konten Anda, berinteraksi lebih baik dengan audiens, dan membuat bentuk konten baru, seperti cerita dan streaming langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *