Bu Yuri sedang menyusun rencana pembelajaran pada kompetensi dasar materi Matematika Kelas 5 yaitu ‘menjelaskan skala melalui denah’. Indikator pencapaian kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk kompetensi tersebut adalah:
Daftar Isi:
A. Menjelaskan pengertian denah suatu benda atau daerah
B. Menggambarkan dan menjelaskan denah suatu benda atau daerah
C. Menentukan besarnya luas area pada suatu denah berskala
D. Menentukan denah peta yang sesuai dengan lingkungan sekitar
E. Menentukan jarak sebenarnya dengan menggunakan skala pada suatu denah
Jawaban:
B. Menggambarkan dan menjelaskan denah suatu benda atau daerah
Soal 9
Pak Adi sedang mencermati hasil tes siswa dan mendapati bahwa siswa masih kesulitan menjawab soal: Rini les renang setiap 8 hari sekali, Andi les setiap 15 hari sekali, dan Eka setiap 30 hari sekali. Jika tanggal 2 November 2022 mereka bertiga les bersama, maka mereka akan les bersama lagi pada tanggal… Mendapati kenyataan tersebut, tindakan yang sesuai untuk dilakukan Pak Adi adalah:
A. Memberikan soal untuk dibahas kembali tentang kelipatan bilangan
B. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi KPK
C. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi perkalian
D. Memperbanyak memberikan soal tentang faktor dari dua atau lebih bilangan
E. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi FPB
Jawaban:
B. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi KPK
Soal 10
Bu Siti, guru kelas 3 SD, akan merancang pembelajaran dengan kompetensi dasar memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Muatan materi yang terkandung dalam kompetensi dasar tersebut adalah:
A. Kosakata baku, kalimat efektif, ungkapan diri
B. Teks dongeng, kosakata baku, kalimat efektif
C. Ungkapan diri, pesan dalam dongeng, memeragakan dongeng
D. Ungkapan diri, dongeng, pesan dalam dongeng
E. Pesan dalam dongeng, kosakata baku, kalimat efektif
Jawaban:
E. Pesan dalam dongeng, kosakata baku, kalimat efektif
Soal 11
Bu Santi akan mengajarkan materi IPA kelas V tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan kompetensi dasar menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda. Indikator soal yang sesuai adalah:
A. Menyebutkan jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
B. Menguraikan jenis-jenis gerak dalam kehidupan sehari-hari
C. Menyimpulkan pengaruh gaya terhadap gerak benda pada kegiatan sehari-hari
D. Menjelaskan macam-macam gaya dalam kehidupan sehari-hari
E. Mengidentifikasi jenis gaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
Jawaban:
C. Menyimpulkan pengaruh gaya terhadap gerak benda pada kegiatan sehari-hari
Soal 12
Pak Budi, guru kelas IV, sedang menyusun indikator pencapaian kompetensi pada KD: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai adalah:
A. Mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia
B. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia
C. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia
D. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia
E. Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia
Jawaban:
C. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia
Soal 13
Bu Dewi sedang menyusun RPP untuk materi Matematika kelas 2 dengan kompetensi dasar mengurutkan bilangan cacah. Indikator yang sesuai untuk kompetensi dasar tersebut adalah:
A. Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke yang terbesar
B. Menyebutkan bilangan cacah secara berurutan
C. Menghitung bilangan cacah dengan benar
D. Menentukan bilangan cacah dalam kehidupan sehari-hari
E. Mengelompokkan bilangan cacah berdasarkan nilai tempat
Jawaban:
A. Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke yang terbesar
Soal 14
Pak Agus, seorang guru kelas 6, sedang mempersiapkan materi ajar tentang rangkaian listrik sederhana. Untuk mengukur kemampuan HOTS siswa, indikator yang tepat adalah:
A. Mengidentifikasi komponen rangkaian listrik sederhana
B. Menjelaskan cara kerja rangkaian listrik sederhana
C. Membuat rangkaian listrik sederhana sesuai gambar
D. Menganalisis kerusakan yang terjadi pada rangkaian listrik sederhana
E. Menyebutkan contoh rangkaian listrik sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Jawaban:
D. Menganalisis kerusakan yang terjadi pada rangkaian listrik sederhana
Soal 15
Bu Nina, seorang guru kelas 1 SD, sedang menyusun rencana pembelajaran dengan kompetensi dasar mengenal berbagai jenis hewan. Indikator yang tepat untuk KD tersebut adalah:
A. Menyebutkan nama-nama hewan yang dikenal siswa
B. Mengelompokkan hewan berdasarkan habitatnya
C. Menjelaskan ciri-ciri hewan yang sering dilihat
D. Menggambarkan hewan sesuai dengan habitatnya
E. Mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya
Jawaban:
A. Menyebutkan nama-nama hewan yang dikenal siswa
Dengan mempersiapkan dan memahami contoh soal serta kunci jawaban di atas, diharapkan teman-teman lebih siap untuk menghadapi PPG Prajabatan 2024. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam proses belajar kalian. Sukses selalu!