Temukan kunci jawaban soal Bahasa Indonesia untuk kelas 1 SD. Artikel ini ditujukan bagi para pengajar, guru, dan orang tua untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Pada artikel ini, FOKUS akan membahas soal pada halaman 117 buku Bahasa Indonesia: Aku Bisa! edisi revisi untuk SD/MI Kelas 1, yang menggunakan Kurikulum Merdeka.
Daftar Isi:
Kunci Jawaban Soal Bab 5: Teman Baru
Soal dan Teks Cerita
Di dalam Bab 5 bertema Teman Baru, siswa diminta untuk membaca cerita tentang Mimi dan Maya. Berikut adalah cuplikan ceritanya:
Teman Baru
Mimi ingin menyapa Maya.
Namun, Mimi malu.
Mimi ragu.
Apakah Maya akan menyukai Mimi?Oh, Maya sudah punya teman baru!
Oh, ini bola Maya.
Mimi membawakan bola Maya.
Mimi berkenalan dengan Maya.
Itu teman Maya. Namanya Moko.Mimi suka bola.
Maya dan Moko juga.
Mimi tak lagi malu.
Pertanyaan dan Jawaban
Berikut adalah salah satu pertanyaan yang perlu dijawab dari cerita ini:
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
Kunci jawaban: Mimi merasa malu karena ragu apakah Maya akan menyukainya atau tidak.
Penjelasan
Pada cerita di atas, FOKUS bisa memahami bahwa Mimi merasa malu dan ragu karena takut tidak diterima oleh Maya. Hal ini mengajarkan siswa untuk memahami bagaimana perasaan malu muncul dalam pertemanan, terutama saat bertemu teman baru.
Panduan Belajar Orang Tua dan Guru
Tujuan dari kunci jawaban ini adalah untuk membantu orang tua dan guru dalam mendampingi siswa ketika belajar di rumah. Buku Bahasa Indonesia: Aku Bisa! dirancang sebagai panduan bagi siswa SD/MI kelas 1 dalam memahami berbagai tema, seperti pertemanan dan empati.
Namun, penting diingat bahwa jawaban dari setiap soal tidak harus sama persis dengan kunci jawaban ini. FOKUS mendorong agar siswa mencoba menjawab pertanyaan berdasarkan pemahaman mereka terhadap cerita.
Catatan: Kunci jawaban yang disajikan di sini hanya sebagai panduan belajar, dan orang tua diharapkan dapat membimbing siswa untuk berpikir mandiri dalam mencari jawaban yang sesuai.
Kesimpulan
Soal “Mengapa Mimi malu dengan Maya?” memberikan siswa kesempatan untuk memahami emosi dan perasaan yang umum dalam pertemanan baru. Ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang dirancang untuk mendorong pengembangan karakter siswa.
Diharapkan dengan panduan ini, orang tua dan guru dapat membantu siswa belajar secara lebih menyeluruh dan mengembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka.
Sumber:
Bahasa Indonesia: Aku Bisa! untuk SD/MI Kelas 1 (Edisi Revisi) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Disclaimer: Artikel ini ditujukan untuk membantu orang tua dalam mendampingi proses belajar siswa.