Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 6 Kurikulum Merdeka: Kegiatan 2
Ingin tahu bagaimana menyelesaikan tugas di halaman 6 buku paket Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka? Yuk, kita simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 6 Kurikulum Merdeka untuk Kegiatan 2! Pada kegiatan ini, siswa akan belajar tentang pangan lokal pengganti karbohidrat, khususnya sagu sebagai bahan pangan lokal yang menjanjikan.
Kegiatan 2 dalam buku paket ini mengajak siswa untuk memahami pentingnya sagu sebagai pangan lokal. Pertanyaan yang disajikan di halaman ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Kunci jawaban yang kami berikan diharapkan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang ada.
Tidak hanya itu, melalui kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 6 Kurikulum Merdeka ini, siswa diharapkan dapat lebih mengenal sagu sebagai produk pangan lokal yang sangat menjanjikan. Sagu tidak hanya kaya akan nilai gizi, tetapi juga ramah lingkungan dan berpotensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut.
Jadi, mari kita lihat ini dia kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 6 Kurikulum Merdeka yang telah kami susun dengan detail dan lengkap untuk membantu kalian memahami materi tentang sagu sebagai pangan lokal.
Kunci jawaban di bawah ini diharapkan bisa membantu siswa kelas 11 untuk menyelesaikan soal pada halaman 6 di buku siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Total akan ada lima tugas yang harus diselesaikan oleh siswa pada pembelajaran di halaman 6 buku paket Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka ini.
Kegiatan 2
Setelah kalian membaca teks di atas, buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Setelah itu, diskusikan dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Pada teks di atas terdapat beberapa kosakata yang perlu dipahami artinya.
Temukan arti kosakata berikut ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kemudian gunakan kosakata tersebut untuk menyusun kalimat baru yang berbeda dengan yang ada di dalam teks.
Kalian bisa menggunakan tautan (link) berikut untuk menemukan arti kata-kata tersebut: https://kbbi.kemdikbud.go.id
a. Basis
- Arti: Dasar atau asas yang menjadi pokok.
- Kalimat baru: Pendidikan yang baik harus memiliki basis yang kuat dalam nilai-nilai moral.
b. Komoditas
- Arti: Barang dagangan, terutama barang mentah atau hasil bumi yang bisa diperjualbelikan.
- Kalimat baru: Kopi merupakan komoditas utama yang dihasilkan oleh petani di dataran tinggi.
c. Replikasi
- Arti: Proses menyalin atau menggandakan.
- Kalimat baru: Replikasi data penting untuk memastikan tidak ada informasi yang hilang.
d. Rasional
- Arti: Berpikir secara logis dan berdasarkan alasan yang masuk akal.
- Kalimat baru: Keputusan yang diambil harus rasional agar dapat diterima oleh semua pihak.
e. Adaptasi
- Arti: Proses penyesuaian diri dengan lingkungan atau kondisi baru.
- Kalimat baru: Adaptasi terhadap perubahan iklim sangat penting untuk kelangsungan hidup flora dan fauna.
f. Inisiatif
- Arti: Langkah atau tindakan awal untuk memulai sesuatu.
- Kalimat baru: Pemerintah mengambil inisiatif untuk memperbaiki infrastruktur di daerah terpencil.
g. Hayati
- Arti: Berkaitan dengan kehidupan atau makhluk hidup.
- Kalimat baru: Penelitian tentang keanekaragaman hayati terus dilakukan untuk menjaga kelestarian alam.
2. Salah satu produk pangan lokal yang ada di wilayah Indonesia Timur adalah sagu. Mengapa sagu merupakan produk pangan lokal yang sangat menjanjikan pada masa mendatang?
Sagu merupakan produk pangan lokal yang sangat menjanjikan karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain itu, sagu mampu tumbuh di lahan marginal yang tidak cocok untuk tanaman lain. Sagu juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai bahan pangan alternatif yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, sagu sudah menjadi bagian penting dari budaya dan tradisi masyarakat di wilayah Indonesia Timur, menjadikannya mudah diterima oleh penduduk setempat.
3. Apa saja upaya yang dilakukan untuk mengangkat jenis produk pangan sagu agar bisa diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat?
Beberapa upaya yang dilakukan untuk mengangkat jenis produk pangan sagu antara lain:
- Penelitian dan pengembangan produk berbasis sagu.
- Promosi dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat sagu.
- Dukungan dari pemerintah dalam bentuk kebijakan yang mendorong produksi dan konsumsi sagu.
- Kolaborasi dengan sektor swasta dan industri makanan untuk menciptakan produk-produk inovatif berbasis sagu yang dapat menarik minat konsumen.
4. Mengapa sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan? Jelaskan disertai bukti!
Sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan karena:
- Tidak memerlukan transportasi jarak jauh yang menghasilkan emisi karbon tinggi.
- Lebih adaptif terhadap kondisi lingkungan setempat sehingga meminimalkan penggunaan pestisida dan pupuk kimia.
- Sering kali ditanam dengan metode tradisional yang lebih berkelanjutan.
Misalnya, pertanian sagu tidak membutuhkan banyak air dan dapat tumbuh di lahan rawa yang tidak cocok untuk tanaman lainnya, sehingga membantu menjaga keseimbangan ekosistem lokal.
5. Jika sagu adalah sumber pangan lokal di daerah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku, adakah sumber pangan lokal yang berasal dari daerahmu? Jelaskan bagaimana potensi sumber pangan lokal yang berasal dari daerah kalian tersebut dalam minimal delapan kalimat.
Di daerah saya, salah satu sumber pangan lokal yang terkenal adalah ubi jalar. Ubi jalar memiliki potensi besar karena:
- Kaya akan karbohidrat, serat, serta vitamin A dan C.
- Mudah dibudidayakan di berbagai jenis tanah, termasuk di lahan marginal.
- Dapat diolah menjadi berbagai produk makanan seperti keripik, tepung, dan kue tradisional yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
- Permintaan akan produk pangan yang sehat dan alami semakin meningkat, menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang menjanjikan.
Dengan dukungan dari pemerintah dan masyarakat, potensi ubi jalar dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan lokal.
Kunci jawaban mapel Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 6 Kurikulum Merdeka yang disajikan di atas bersifat alternatif. Siswa diharapkan lebih kreatif mencari jawaban yang sesuai.
Demikianlah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 6 Kurikulum Merdeka untuk Kegiatan 2. Melalui pembahasan ini, kita telah mendalami pentingnya sagu sebagai pangan lokal yang menjanjikan. Dengan nilai gizi yang tinggi, kemampuan tumbuh di lahan marginal, dan potensinya sebagai bahan pangan alternatif yang ramah lingkungan, sagu merupakan produk yang patut kita lestarikan dan kembangkan.
Semoga kunci jawaban yang telah disajikan dapat membantu siswa kelas 11 dalam memahami materi yang ada di halaman 6 buku paket Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Teruslah bersemangat dalam belajar dan eksplorasi lebih jauh tentang pangan lokal yang ada di sekitar kita.