Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 46 Vlog

ilustrasi suasana belajar dikelas
ilustrasi suasana belajar dikelas

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Halaman 46 Kurikulum Merdeka: Menganalisis Vlog

Selamat datang di Fokus.co.id, tempat Anda dapat menemukan berbagai materi pembelajaran yang disusun secara lengkap dan detail. Artikel kali ini akan membahas kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA halaman 46 Kurikulum Merdeka. Materi yang akan kita bahas berkaitan dengan menganalisis vlog.

Dalam pelajaran ini, siswa diminta untuk melihat sebuah vlog dan menjawab beberapa pertanyaan terkait. Nah, agar lebih mudah memahami materi ini, yuk kita simak kunci jawaban berikut ini yang bisa digunakan sebagai referensi belajar, baik untuk siswa maupun pengajar.

Pembahasan Materi Bab 2: Menganalisis Vlog

Pada halaman 46 Buku Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka, siswa diminta untuk melakukan analisis terhadap sebuah vlog. Judul vlog yang dibahas adalah “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi.”

Mari kita lihat lebih detail jawaban dari beberapa pertanyaan yang ada pada soal, agar kalian bisa lebih mudah dalam memahami cara melakukan analisis vlog.


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 46

Kegiatan 2: Menganalisis Vlog

Dalam kegiatan ini, siswa diminta untuk berdiskusi secara berkelompok setelah menonton vlog yang berjudul “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi.”

Berikut beberapa pertanyaan yang harus dijawab berdasarkan vlog tersebut:


1. Apakah produk yang kini digeluti perajin pada vlog di atas?

Jawaban:

Perajin yang ditampilkan dalam vlog tersebut sekarang fokus memproduksi mainan edukasi anak yang terbuat dari kayu. Produk ini diciptakan dengan target pasar sekolah-sekolah Montessori yang membutuhkan alat peraga atau mainan edukatif berbahan dasar alami, seperti kayu.

Poin Penting:

  • Produk yang dibuat adalah mainan edukasi anak berbahan kayu.
  • Ditargetkan untuk sekolah Montessori.
BACA JUGA :  Jawaban Lengkap Soal Activity 7 Unit 1 Legend Kelas XI

2. Mengapa produk baru ini dipilih oleh perajin? Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kepentingan masyarakat.

Jawaban:

Perubahan produksi ini terjadi karena dampak pandemi COVID-19 yang menyebabkan turunnya pesanan mebel, sehingga para perajin mebel harus mencari solusi untuk tetap bertahan. Mereka kemudian beralih membuat mainan edukasi anak yang ternyata diminati oleh pasar lokal maupun internasional, seperti sekolah-sekolah di Singapura.

Produk baru ini dipilih karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan diminati oleh sekolah-sekolah yang membutuhkan alat peraga edukasi. Kepentingan masyarakat terletak pada usaha untuk menjaga perekonomian perajin tetap berjalan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dengan memproduksi mainan edukasi, tidak hanya perajin yang diuntungkan, tetapi juga sekolah-sekolah yang memerlukan alat edukatif yang berkualitas.

Poin Penting:

  • Pandemi menyebabkan penurunan pesanan mebel.
  • Perajin beralih membuat mainan edukasi yang memiliki nilai jual lebih tinggi.
  • Kepentingan masyarakat: roda ekonomi kembali berputar.

3. Di manakah tempat kerajinan ini diproduksi? Sebutkan salah satu tujuan pengiriman produk tersebut. Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kedekatan lokasi.

Jawaban:

Kerajinan mainan kayu ini diproduksi di Malang, Jawa Timur. Salah satu tujuan pengiriman produk tersebut adalah ke Singapura.

Kedekatan lokasi yang dimaksud dalam teks berita ini berkaitan dengan fakta bahwa perajin berasal dari Malang, sebuah kota di Indonesia. Hal ini membuat cerita dalam vlog lebih relevan bagi penonton dari Indonesia, karena perajin berasal dari negara yang sama. Dengan demikian, vlog ini tidak hanya membahas inovasi lokal, tetapi juga menunjukkan bagaimana produk lokal dapat diterima oleh pasar internasional.

Poin Penting:

  • Produksi dilakukan di Malang, Jawa Timur.
  • Produk dikirim hingga ke Singapura.
  • Kedekatan lokasi memberikan relevansi kepada penonton Indonesia.

4. Mengapa produk baru ini lebih menarik? Jelaskan keterkaitannya dengan ekspresi emosional (human interest).

Jawaban:

BACA JUGA :  Kunci Jawaban Soal Sejarah SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1

Produk ini dianggap lebih menarik karena merupakan inovasi terbaru dan ramah lingkungan, yang banyak digunakan oleh negara-negara maju. Mainan berbahan kayu memiliki nilai edukasi tinggi, khususnya untuk perkembangan anak usia dini. Di Indonesia, hal ini menjadi inovasi yang tidak hanya berdampak positif bagi perkembangan pendidikan, tetapi juga membuka peluang bagi para perajin lokal untuk meningkatkan penghasilan mereka di masa sulit.

Dari sisi human interest, vlog ini menampilkan kisah perjuangan seorang perajin bernama Yusuf Affandi, yang dengan kegigihan dan kerja kerasnya tetap produktif dan mampu berinovasi di tengah krisis. Sikap pantang menyerah dan keberhasilan Yusuf dalam mengubah haluan bisnisnya dapat menginspirasi penonton, terutama di masa pandemi yang penuh tantangan.

Poin Penting:

  • Produk inovatif yang ramah lingkungan.
  • Menarik karena berdampak pada pendidikan anak.
  • Ekspresi emosional: Kegigihan perajin dalam menghadapi krisis.

5. Apakah yang diharapkan oleh pembuat vlog kepada kita saat memirsa dan menyimak vlog tersebut?

Jawaban:

Pembuat vlog berharap agar para penonton dapat mengambil inspirasi dari kegigihan, inovasi, dan sikap pantang menyerah yang ditunjukkan oleh perajin dalam menghadapi tantangan pandemi. Vlog ini ingin menyampaikan bahwa inovasi dan adaptasi adalah kunci untuk bertahan di situasi sulit. Di tengah keterbatasan, selalu ada peluang untuk berkreasi dan berkembang.

Selain itu, pembuat vlog ingin menunjukkan bahwa perajin lokal Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar internasional, asalkan mereka terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar yang dinamis.

Poin Penting:

  • Kegigihan dan inovasi sebagai pelajaran penting.
  • Inovasi adalah kunci untuk bertahan di masa krisis.
  • Potensi lokal untuk bersaing di pasar internasional.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 46 Kurikulum Merdeka. Pembahasan kali ini berfokus pada analisis sebuah vlog yang bercerita tentang inovasi perajin mebel yang beralih membuat mainan edukasi berbahan kayu sebagai respons terhadap tantangan ekonomi yang muncul akibat pandemi.

BACA JUGA :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 88-89

Baca juga: 3 Jenis Pertunjukan Drama Berdasarkan Tema Cerita, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI

Dari pembahasan ini, kita dapat belajar banyak hal, mulai dari pentingnya inovasi, kegigihan dalam menghadapi kesulitan, hingga bagaimana sebuah produk lokal bisa diterima di pasar internasional. Semoga kunci jawaban ini membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin terus maju meskipun menghadapi berbagai tantangan.

Pastikan Anda selalu mengerjakan soal-soal sebelum melihat kunci jawaban ini, karena kunci jawaban ini hanya digunakan sebagai referensi belajar. Dengan mengerjakan soal terlebih dahulu, Anda akan lebih mudah memahami materi dan meningkatkan kemampuan analisis.

Terus kunjungi Fokus.co.id untuk mendapatkan berbagai materi pelajaran terbaru, tips belajar, dan kunci jawaban lainnya. Semoga artikel ini membantu para siswa dan guru dalam proses pembelajaran di sekolah maupun kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *