Buatlah RPP Daring yang Dibutuhkan oleh Pak Bayu, Guru SBdP Kelas 4

fokus edukasi

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring

Mata Pelajaran: Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Kelas: 4

Tema: Mengedukasi Pencegahan Covid-19 dalam Karya Seni Dua Dimensi

Guru: Pak Bayu

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis karya seni dua dimensi.
  2. Siswa dapat membuat rancangan karya seni dua dimensi yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.
  3. Siswa mampu membuat karya seni dua dimensi yang mengedukasi tentang pencegahan Covid-19.
  4. Siswa memahami pentingnya pencegahan Covid-19 melalui media seni.

B. Media dan Alat

  1. Komputer/laptop atau smartphone dengan koneksi internet.
  2. Aplikasi video konferensi (Zoom/Google Meet).
  3. Gambar-gambar contoh karya seni dua dimensi (dapat diunggah ke Google Classroom atau platform pembelajaran daring lainnya).
  4. Kertas gambar, pensil, penghapus, dan alat pewarna (crayon, spidol, cat air, dll.).

C. Metode Pembelajaran

  1. Diskusi interaktif
  2. Observasi gambar
  3. Demonstrasi
  4. Praktik mandiri

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit):

  1. Menyapa siswa dan mengabsen kehadiran.
  2. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  3. Memberikan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari (Mengedukasi Pencegahan Covid-19 melalui seni dua dimensi).

Inti (60 menit):

Observasi Gambar (15 menit):
  1. Pak Bayu menampilkan beberapa contoh karya seni dua dimensi yang sudah dipersiapkan melalui layar share di aplikasi video konferensi.
  2. Siswa diminta mengamati dan mendiskusikan karya-karya tersebut melalui sesi tanya jawab interaktif.
Diskusi dan Identifikasi (10 menit):
  1. Pak Bayu menjelaskan berbagai jenis karya seni dua dimensi dan teknik pembuatannya.
  2. Siswa diminta menyebutkan elemen-elemen yang mereka lihat dalam gambar yang diamati.
Perancangan Karya (15 menit):
  1. Pak Bayu memberikan instruksi untuk membuat rancangan gambar karya seni dua dimensi yang mengedukasi tentang pencegahan Covid-19 (misalnya: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak).
  2. Siswa membuat sketsa rancangan pada kertas gambar sambil didampingi oleh Pak Bayu melalui video konferensi.
BACA JUGA :  Program Apa Saja yang Dapat Dilaksanakan Melalui Sistem Ini?
Pembuatan Karya (20 menit):
  1. Siswa mulai membuat karya seni dua dimensi berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
  2. Pak Bayu memberikan bimbingan dan masukan secara individu melalui video konferensi.

Penutup (10 menit):

  1. Siswa diminta menunjukkan hasil karya mereka secara bergantian dan menjelaskan pesan yang ingin disampaikan melalui karya tersebut.
  2. Pak Bayu memberikan apresiasi atas usaha dan kreativitas siswa.
  3. Memberikan tugas mandiri untuk menyempurnakan karya di rumah dan mengunggah hasil akhir ke platform pembelajaran daring.
  4. Menutup pembelajaran dengan doa dan pesan untuk selalu menjaga kesehatan.

E. Penilaian

  1. Kognitif: Kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis karya seni dua dimensi dan elemen-elemen dalam gambar.
  2. Psikomotorik: Keterampilan siswa dalam membuat rancangan dan menghasilkan karya seni dua dimensi.
  3. Afektif: Partisipasi aktif dalam diskusi dan kesungguhan dalam menyelesaikan tugas.

F. Tugas Mandiri

Menyempurnakan karya seni dua dimensi tentang pencegahan Covid-19 dan mengunggah hasil akhir ke Google Classroom atau platform pembelajaran daring lainnya.


Demikian RPP daring yang dibutuhkan oleh Pak Bayu untuk mengajarkan materi Mengedukasi Pencegahan Covid-19 dalam karya Seni Dua Dimensi. Semoga bermanfaat dan dapat dijalankan dengan lancar.

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana Buatlah RPP Daring yang Dibutuhkan oleh Pak Bayu, Guru SBdP Kelas 4 yang akan Mengajarkan Materi Mengedukasi Pencegahan Covid-19 dapat membantu menciptakan pembelajaran yang interaktif dan bermakna bagi siswa. Melalui RPP daring yang terstruktur, Pak Bayu dapat menggabungkan edukasi kesehatan dengan seni, memungkinkan siswa untuk belajar sambil mengekspresikan kreativitas mereka.

Dengan tujuan pembelajaran yang jelas, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan memahami berbagai jenis karya seni dua dimensi serta pentingnya pencegahan Covid-19. Media dan alat yang digunakan, termasuk komputer, aplikasi video konferensi, dan alat seni, mendukung proses pembelajaran yang efektif. Metode pembelajaran seperti diskusi interaktif, observasi gambar, demonstrasi, dan praktik mandiri dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

BACA JUGA :  Soal Post Test PembaTIK Level 2 Implementasi 2024 Wajib Bisa (Bagian 2) Inovasi Pembelajaran Digital

Langkah-langkah pembelajaran yang diuraikan dalam RPP ini mencakup pendahuluan, inti, dan penutup yang terstruktur, memastikan bahwa setiap sesi pembelajaran berjalan dengan lancar. Penilaian dilakukan secara menyeluruh mencakup aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Selain itu, tugas mandiri diberikan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan.

Secara keseluruhan, RPP ini dirancang untuk membantu Pak Bayu dalam mengajarkan materi Mengedukasi Pencegahan Covid-19 melalui karya seni dua dimensi dengan cara yang menarik dan efektif. Diharapkan, panduan ini dapat diterapkan oleh guru-guru lainnya untuk menciptakan pembelajaran daring yang lebih bermakna dan menyenangkan. Buatlah RPP Daring yang Dibutuhkan oleh Pak Bayu, Guru SBdP Kelas 4 yang akan Mengajarkan Materi Mengedukasi Pencegahan Covid-19 adalah langkah nyata dalam memastikan bahwa pembelajaran tetap berlangsung dengan baik di masa pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *