Edukasi

Cara Membuat dan Mengedit Catatan Kaki di Microsoft Word

×

Cara Membuat dan Mengedit Catatan Kaki di Microsoft Word

Sebarkan artikel ini
laptop microsoft min
Sumber gambar laptop microsoft dari pixabay

FOKUS.CO.ID – Mempelajari cara menyisipkan dan mengedit catatan kaki footnotes di Microsoft Word adalah keterampilan yang berguna, karena dapat membantu Anda mengelola referensi secara efisien di seluruh dokumen Anda. Word disertakan dalam Microsoft 365 , yang merupakan salah satu alat kolaborasi online terbaik untuk bisnis. Ini memungkinkan Anda membuat dan memformat catatan kaki dengan mulus dan memungkinkan kolaborator melacak perubahan dan menambahkan catatan kaki mereka sendiri secara real-time.

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

Tools apakah yang digunakan untuk membuat catatan kaki pada Microsoft Word? dalam artikel ini, kami memecah proses pembuatan dan pengeditan catatan kaki menjadi langkah-langkah sederhana, jadi Anda tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang Microsoft Word untuk mencapai tugas ini.

1. Pilih teks referensi

Untuk memulai, Anda memerlukan string teks yang sudah ditulis dalam dokumen Word, yang akan dirujuk oleh catatan kaki. Cukup tempatkan kursor Anda pada teks di mana Anda ingin memasukkan catatan kaki dan klik dan seret untuk menyorotnya. Ini biasanya di akhir kalimat atau frasa.

Jika Anda menyorot string teks penuh, Word akan menyisipkan catatan kaki di akhir secara default.

2. Klik tab Referensi pada pita

Pita Microsoft Word adalah strip horizontal di bagian atas dokumen Anda yang dibagi menjadi beberapa tab termasuk File, Beranda, Sisipkan, dan lainnya. Klik pada tab Referensi untuk membuka serangkaian perintah di bawahnya.

Jika perintah tiba-tiba hilang, Anda mungkin tidak mengatur pita untuk selalu ditampilkan. Klik tab Referensi lagi, dan perintah sekarang akan terlihat. Bergantung pada versi Word yang Anda gunakan, Anda dapat mengklik panah ke bawah di ujung paling kanan pita dan memilih Always show Ribbon atau klik ikon paku payung agar perintah selalu terlihat.

BACA JUGA:  Peran Pengembangan SDM dari Sudut Pandang Pegawai, dan dari Sudut Pandang Organisasi

Pada PC Windows, Anda juga dapat menekan Ctrl+Alt+F, yang secara langsung menyisipkan catatan kaki pada teks yang dipilih. Jika Anda memilih untuk melakukan ini, lewati ke langkah 4.

Di tab Referensi, Anda dapat menyisipkan dan mengubah opsi untuk catatan kaki.(Kredit gambar: Microsoft)

3. Klik Sisipkan Catatan Kaki

Pita Referensi Anda dibagi menjadi beberapa bagian termasuk Daftar Isi, Catatan Kaki, dan lainnya. Di bagian Catatan Kaki, klik tombol Sisipkan Catatan Kaki.

Penempatan catatan kaki harus dipertahankan dari Langkah 1. Namun, jika hilang, cukup batalkan penyisipan catatan kaki dengan mengklik Urungkan di tab Beranda atau dengan menekan Ctrl+Z di PC Windows. Ulangi Langkah 1 sebelum mengklik Sisipkan Catatan Kaki.

4. Tulis catatan kaki

Saat Anda menyisipkan catatan kaki, Word secara otomatis membawa Anda ke bagian bawah halaman untuk menulisnya. Secara default, ini cocok dengan nomor atau simbol superskrip dalam teks dengan yang ada di sebelah catatan kaki.

Word juga menangani perkembangan numerik catatan kaki saat Anda menambahkan lebih banyak ke dokumen Anda. Ini adalah keuntungan besar dari alat catatan kaki dibandingkan dengan membuat referensi secara manual di footer.

Setelah Anda menulis catatan kaki, Anda dapat mengeditnya kapan saja dengan mengkliknya.

5. Format catatan kaki

Untuk memformat satu atau beberapa catatan kaki pada halaman, pilih teks catatan kaki. Pita format akan muncul dengan opsi untuk mengubah font, warna teks, spasi paragraf, dan lainnya.

Untuk memformat semua catatan kaki dalam dokumen, Anda perlu menggunakan Styles. Klik tab Beranda, lalu klik panah ke bawah di bagian Gaya untuk membuka daftar elemen gaya. Jika Anda tidak melihat Catatan Kaki terdaftar, klik tombol Opsi di bagian bawah. Di bawah Pilih gaya untuk ditampilkan, pilih Semua gaya. Di bawah Pilih bagaimana daftar diurutkan, pilih Abjad. Klik Oke. Referensi Catatan Kaki dan Teks Catatan Kaki sekarang akan terlihat di daftar Gaya.

BACA JUGA:  Contoh Konkret Tentang Bagaimana Pengelolaan Siklus Akuntansi Kos dan Implementasi Sistem Serta Metode

Referensi catatan kaki adalah nomor atau simbol yang muncul di teks utama Anda, sedangkan teks catatan kaki adalah konten yang biasanya ditempatkan di bagian bawah halaman. Untuk mengedit salah satu elemen ini, klik panah di sebelahnya pada daftar Gaya dan pilih Ubah. Di sini, Anda dapat mengubah font, ukuran font, dan pengaturan format lainnya. Klik OK untuk menerapkan perubahan Anda ke semua referensi atau teks catatan kaki sebelumnya dan selanjutnya dalam dokumen.

Anda dapat memformat semua catatan kaki dalam dokumen Word dengan menggunakan Gaya.(Kredit gambar: Microsoft)

6. Ubah opsi catatan kaki

Anda dapat lebih mempersonalisasi catatan kaki Anda dengan mengklik panah sudut di bagian Catatan Kaki pada tab Referensi. Di sini, Anda dapat memilih apakah akan menampilkan catatan kaki di bagian bawah halaman atau di bawah teks dan apakah Anda ingin catatan kaki itu disusun dalam kolom. Anda juga dapat mengubah format angka atau simbol yang digunakan untuk referensi dan memilih untuk memulai kembali penomoran catatan kaki pada setiap halaman atau bagian.

Anda dapat mengubah kolom catatan kaki dan opsi penomoran di Word.(Kredit gambar: Microsoft)

7. Navigasi melalui catatan kaki (opsional)

Di tab Referensi, di bawah Catatan Kaki, Anda bisa menggunakan perintah Catatan kaki Berikutnya dan Catatan kaki Sebelumnya untuk menavigasi catatan kaki di dokumen Anda—pintasan yang berguna jika Anda mengoreksi, misalnya.

Juga, jika kursor Anda ditempatkan pada teks yang direferensikan dengan catatan kaki, perintah Perlihatkan catatan kaki akan membawa Anda langsung ke teks catatan kaki, yang dapat membantu menghemat waktu dalam dokumen berat referensi.

Ringkasan

Catatan kaki di Microsoft Word berguna jika Anda mencari cara terstruktur dan efisien untuk mengatur referensi dalam dokumen Anda. Menyisipkan catatan kaki baru tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa detik baik Anda menggunakan tab Referensi atau pintasan keyboard. Opsi pemformatan teks tersedia melalui alat Gaya, sementara pengaturan struktural, termasuk lokasi catatan kaki dan penomoran, tersedia di Referensi.

BACA JUGA:  Mempelajari Ilmu Ekonomi, Kita Mengenal Pendekatan Ekonomi Positif dan Ekonomi Normatif

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *