Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Panduan SEO WordPress Terbaik untuk Pemula
WordPress

FOKUS WEBSITE – Apa itu SEO? Istilah SEO (Search Engine Optimization atau dalam bahasa Yunani Search Engine Optimization) pada dasarnya adalah semua prosedur optimasi untuk sebuah website. Dari kontennya hingga aspek teknis, semakin optimal sebuah situs web, semakin ramah bagi mesin pencari.

Tujuan setiap blog adalah untuk mendapatkan peringkat di posisi tertinggi dalam hasil pencarian sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjungnya secara kualitatif. Blog yang mendapatkan persentase lalu lintas terbesar dari mesin pencari sering dianggap lebih kualitatif, sementara mereka tidak “perlu” menarik lebih banyak orang dari jejaring sosial. Merek juga tertarik pada blog dengan orang-orang berkualitas dan SEO yang bagus, daripada blog yang “langsung” dari postingannya di berbagai jejaring sosial.

Blogger yang mendapatkan beberapa ribu hit setiap hari atau setiap bulan juga menghasilkan lebih banyak uang hanya dengan menambahkan backlink do-follow ke berbagai postingan mereka, karena pesaing tertarik untuk mengumpulkan sebanyak mungkin link do-follow dari blog lain. Namun, blog yang tidak dioptimalkan dengan baik tidak akan pernah menarik perusahaan seperti itu karena mereka hanya tertarik pada backlink dari blog berkualitas. Yang saya maksud dengan “kualitas” adalah blog yang tampil tinggi di hasil pencarian.

Manfaat SEO

Manfaat keseluruhan dari mengoptimalkan artikel dan halaman Anda dengan benar untuk mesin pencari jauh lebih banyak daripada yang akan Anda dapatkan jika Anda mempromosikan blog Anda secara eksklusif melalui jejaring sosial. Selain itu, penghasilan Anda akan berkurang secara signifikan, sementara perubahan sederhana dalam algoritme jejaring sosial dapat dengan mudah menghapus semua keberadaan halaman Anda. Contoh yang sama baiknya adalah Christina (The Balkan Princess) yang ajak bicara di episode keempat The Blogging Dispatch tentang bagaimana dia tiba-tiba kehilangan akun Facebooknya dan bagaimana dia memulai lagi dari awal.

Istilah SEO (Search Engine Optimization atau dalam bahasa Yunani Search Engine Optimization) pada dasarnya adalah semua prosedur optimasi untuk sebuah website. Dari kontennya hingga aspek teknis, semakin optimal sebuah situs web, semakin ramah bagi mesin pencari.

  • Apa itu On Site SEO?

    Dengan On Site SEO atau On Page SEO yang maksud adalah semua tindakan yang harus dilakukan dalam sebuah situs web. Ini termasuk kontennya, teknisnya, kodenya, dan lainnya .

  • Apa itu SEO Off Site?

    Yang maksud dengan SEO Off Site adalah semua tindakan yang harus dilakukan untuk meningkatkan SEO situs web , namun berkat situs web lain. Misalnya, backlink adalah Off Site SEO karena membantu mengoptimalkan situs web, tetapi dari situs web eksternal.

  • Seberapa penting kecepatan dalam SEO?

    Menurut artikel yang diposting oleh Google di blog resmi Google Developers pada 23-09-2019, “ Kecepatan sekarang menjadi faktor kunci untuk Google Search and Ads. ” Seperti yang Anda pahami, kecepatan memainkan peran penting bagi setiap blogger yang ingin mendapatkan skor SEO terbaik.

  • Seberapa penting peran backlink dalam SEO?

    Google telah mengatakan banyak hal selama bertahun-tahun tentang tautan do-follow. Meskipun tidak pernah mendapatkan jawaban yang jelas, hanya dapat berasumsi berdasarkan statistik beberapa situs web bahwa semakin banyak backlink do-follow yang diterimanya dari blog berkualitas lain, semakin tinggi muncul di hasil pencarian dan semakin sulit Anda bersaing dengannya. Namun, jangan pernah lupa bahwa “konten adalah raja”.

Apa itu On Site SEO dan bagaimana mengoptimalkan blog Anda

Agar situs web dioptimalkan untuk mesin telusur, perlu melakukan beberapa teknik penting. Ini adalah teknik paling dasar dan penting karena Google dan Bing memperhitungkannya sebelum memberi peringkat situs web.

Ramah Seluler

Situs web harus dapat diakses dari setiap perangkat (terutama melalui smartphone dan tablet modern) dan desainnya harus tersedia untuk setiap resolusi layar dan perangkat. Kita hidup di zaman di mana semua orang terhubung ke ponsel mereka, jadi memiliki situs web yang ramah seluler tidak diragukan lagi merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Untuk memeriksa apakah blog Anda ramah seluler, gunakan alat gratis Google .

Kecepatan

Kecepatan adalah salah satu faktor SEO terpenting. Semakin cepat situs web Anda, semakin tinggi tampilannya di hasil pencarian. Google menyatakan bahwa halaman web tidak boleh lebih dari 2 detik untuk dibuka. Untuk memeriksa kecepatan situs web Anda, gunakan alat Google PageSpeed ​​Insights .

Teknologi AMP

Teknologi AMP (Accelerate Mobile Pages) ditemukan oleh Google dan sangat ideal karena menyediakan desain situs web yang indah, sederhana, dan cepat untuk versi selulernya. Situs web yang menyediakan halaman AMP seringkali jauh lebih cepat sehingga mendapat manfaat dari Google dan berperingkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Untuk memeriksa apakah blog Anda berjalan di AMP, gunakan alat gratis Google .

SSL/HTTPS

Agar akses pembaca ke suatu situs web menjadi lebih aman dan pribadi, Google terutama lebih memilih situs web yang memiliki sertifikat SSL dan semua tautannya dalam HTTPS. Let ‘s Encrypt adalah sertifikat SSL gratis yang dapat Anda gunakan, sedangkan untuk sertifikat yang lebih profesional,.

Artikel bagus

Semakin panjang sebuah artikel, semakin baik peringkatnya dalam hasil pencarian. Ini, tentu saja, mengharuskan penulis untuk menambahkan informasi yang cukup ke artikelnya, baik untuk membahas topik secara lengkap, atau untuk menjawab pertanyaan. Anda dapat membaca di artikel sebelumnya tentang artikel panjang dan manfaat tersembunyinya , serta mengapa jumlah kata tidak selalu merupakan konten berkualitas .

Tag meta, Tag judul, dan deskripsi meta

Tag meta tidak diragukan lagi adalah salah satu cara tertua dan paling klasik untuk meningkatkan SEO blog Anda. Mereka tidak lagi menjadi faktor besar dalam skor SEO keseluruhan dari sebuah artikel atau halaman, tetapi mereka pasti memiliki persentase peringkat yang baik jika ditulis dan dioptimalkan dengan benar. Tag meta digunakan untuk menyediakan mesin pencari dengan lebih banyak informasi tentang suatu halaman. Untuk mencapai peringkat tinggi, diperlukan beberapa hal, tetapi di antaranya, tag meta juga ditemukan, yang akan meningkatkan rasio klik-tayang secara keseluruhan.

Pada dasarnya semua tag ada di judul, deskripsi, foto, judul, dan teks Anda. Semakin baik Anda menerapkan kata kunci, semakin tinggi peringkat artikel Anda dalam hasil pencarian.

Google, Bing, dan mesin pencari lainnya pertama-tama memeriksa kata kunci dalam sebuah artikel, lalu membandingkannya dengan konten lainnya.

Jika Anda bekerja dengan HTML, maka kodenya akan terlihat seperti ini:

<title>Everything You Need to Know About On-Page SEO</title>

Pengguna WordPress, bagaimanapun, memiliki plugin Yoast, yang pada dasarnya memungkinkan mereka untuk menghasilkan kata kunci dan kemudian memeriksa apakah mereka dioptimalkan dengan benar dalam teks mereka. Google juga baru-baru ini mengurangi ukuran judul artikel, jadi judul artikel tidak boleh lebih dari 70 karakter sebelum mulai menampilkan sapi dara.

Untuk blogger non-WordPress, mereka dapat menggunakan Pengoptimal Cuplikan untuk memeriksa apakah judul, deskripsi, dan tautan artikel mereka dioptimalkan dengan benar untuk mesin pencari.

Tautan Internal dan Tautan Keluar

Tautan internal adalah tautan di artikel dan halaman Anda yang mengarah ke artikel dan halaman lain di blog Anda. Pada dasarnya, tautan apa pun yang mengarah ke dalam blog Anda dianggap sebagai tautan balik internal. Tautan keluar adalah tautan yang mengarah ke situs web eksternal. Google membutuhkan keduanya.

Meskipun tautan internal dan tautan keluar sama pentingnya untuk peringkat artikel, pada kenyataannya penggunaannya sedikit lebih rumit. Jika Anda menulis sebuah artikel dan meletakkan di dalamnya banyak tautan berbeda ke artikel lain di blog Anda hanya untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa Anda telah membuat backlink internal untuk artikel itu, itu dianggap sebagai teknik yang salah. Hal yang sama berlaku untuk tautan keluar.

Google tidak hanya memeriksa teks Anda, tetapi juga memeriksa ke mana arah setiap tautan yang Anda masukkan ke dalam artikel Anda. Jika tautan internal mengarah ke artikel lain di blog Anda yang sangat mirip dengan apa yang Anda tulis sekarang dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca, maka Anda memiliki tautan balik internal yang bagus untuk artikel Anda dan mesin pencari akan memberi Anda imbalan untuk itu. Hal yang sama berlaku untuk tautan keluar, yang seharusnya hanya mengarah ke artikel serupa dan ke situs web yang cepat, ramah seluler, dan tentu saja berjalan di HTTPS.

Foto

Seiring berlalunya waktu, SEO foto menjadi semakin penting. Dengan semakin banyaknya orang yang mencari foto setiap saat, dan dengan Google telah menonaktifkan tampilan foto dari mesin pencarinya – artinya untuk melihat foto dalam ukuran penuh Anda harus mengunjungi situs web yang menampilkannya – penting untuk memberikan yang terbaik menunjuk ke foto yang Anda unggah di artikel Anda.

Pertama, setiap foto harus menyertakan judul, judul alternatif, dan deskripsi. Maka itu harus seringan mungkin. Semakin ringan, semakin cepat halaman dimuat, dan semakin tinggi peringkatnya. Saat ini, cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan foto Anda dan membuatnya cepat dan ringan adalah dengan mengonversinya ke format WebP .

Judul

Setiap halaman di blog Anda, antara artikel, halaman, dan halaman beranda, harus menyertakan banyak judul. Dari H1 ke H6, semakin banyak judul artikel, semakin baik peringkatnya di mesin pencari. Judul H1 awalnya yang paling penting, karena menjadi ciri judul artikel. Kemudian heading H2 mencirikan isi suatu artikel, sedangkan heading H3, H4, H5 dan H6 mencirikan semua bagian heading H2.

Ketika sebuah artikel menyertakan judul yang cukup, itu tidak hanya membantu meningkatkan peringkat SEO secara keseluruhan, tetapi kontennya cukup mudah untuk dinavigasi oleh pembaca, dengan mudah dan cepat menemukan informasi yang mereka cari dalam sebuah artikel.

Tautan Artikel dan Halaman (String URL)

Saat menangani tautan ke situs web, tautan tersebut harus pendek dan ditulis dengan baik, termasuk hanya bagian terpenting dari judul atau konten.

Saat menganalisis sejumlah besar tautan berbeda, Joshua Hardwick dari Ahrefs menemukan bahwa tautan pendek cenderung berperingkat lebih baik dalam hasil pencarian. Studi yang dia lakukan berfokus pada ukuran tautan dan folder. Mereka menghitung setiap root domain sebagai folder dan setiap backlash setelah setiap root sebagai folder yang berbeda.

  • https://domain.com (Folder = 1)
  • (Folder = 2)
  • (Folder = 3)

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa link dengan folder yang lebih sedikit juga cenderung memiliki peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Rand Fishkin dari Moz juga melaporkan:

Banyak folder dapat menciptakan persepsi “kedalaman” baik untuk mesin telusur maupun pengguna, membuat proses pemrosesan menjadi lebih sulit dan rumit.

Jika Anda adalah pengguna WordPress, maka Anda memiliki kemungkinan untuk mengubah semua tautan Anda secara massal dan membuatnya lebih SEO-friendly. Dengan pergi ke menu sebelah kiri, pergi ke Settings -> Permalinks dan dari sana pastikan semua link ada di “Article Name”. Anda juga memiliki kemungkinan untuk mengedit setiap tautan dari setiap artikel yang Anda tulis, baik dari menu kanan Gutenberg , atau melalui Yoast SEO.

Skema markup

Secara teknis, skema pada dasarnya adalah sepotong informasi kecil yang ditambahkan ke HTML laman web Anda untuk membantu mesin telusur memahami teks Anda dengan lebih baik dan, pada akhirnya, memeringkatnya lebih tinggi dalam hasil penelusuran.

Menurut Moz:

Schema.org adalah hasil kerjasama antara Google, Bing, Yandex dan Yahoo! untuk membantu Anda memberikan semua informasi yang diperlukan agar mesin pencari mereka memberikan hasil yang lebih baik. Menambahkan markup Skema ke HTML meningkatkan cara halaman [dan artikel] muncul di hasil penelusuran dan memperkaya cuplikan kaya yang muncul di bawah judul.

Moz

Saat Anda mencari berbagai produk atau ulasan di Google, Anda akan sering memperhatikan bahwa beberapa hasil muncul dengan beberapa bintang di bawah. Ini berarti bahwa situs web tertentu menggunakan markup Skema dengan benar sehingga mesin telusur memahami bahwa itu adalah halaman yang menyertakan produk yang memiliki ulasan, atau ulasan yang menyertakan ulasan yang diberikan oleh pengguna atau editor.

Untuk menampilkan tanda bintang di hasil produk Anda, atau di ulasan Anda, kode HTML artikel Anda harus terlihat seperti ini:

<div itemprop="aggregateRating" itemscope itemtype="https://schema.org/AggregateRating">
  <span itemprop="ratingValue">[Aggregate rating given]</span> stars – 
  <span itemprop="reviewCount">[Number of reviews]</span> reviews
</div>

Cuplikan kaya ini juga dapat muncul untuk hasil terkait resep makanan, hotel, toko lokal, dan lainnya.

SEO video

Seperti halnya artikel, video dapat dioptimalkan untuk mesin pencari, serta meningkatkan skor akhir SEO artikel Anda. Tentu saja, video dapat muncul di hasil pencarian, tetapi hanya jika dioptimalkan dengan benar.

Masalah dengan video adalah mesin pencari tidak dapat memahaminya sebaik artikel. Karena itu, Anda harus menjelaskan kepada mesin pencari video apa yang ada di dalam artikel Anda.

Agar video mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian, Anda harus memastikan video tersebut mencakup hal-hal berikut:

  • Judul – Sama seperti artikel, video harus menyertakan judul pendek yang menyertakan kata kunci yang tepat.
  • Deskripsi – Sekali lagi, seperti artikel , video juga harus menyertakan deskripsi mendetail yang menyertakan kata kunci yang tepat. Namun, beberapa kalimat tidak akan berhasil, karena Anda harus menulis seluruh paragraf.
  • Thumbnail – Pastikan thumbnail [gambar] yang Anda pilih cocok dengan video dan menyertakan alt-tag yang benar dengan kata kunci.
  • Pastikan video relevan dengan artikel – Saat menambahkan video ke artikel Anda, pastikan video tersebut relevan dengan artikel dan bukan di luar topik. Atau, itu tidak akan muncul di hasil pencarian.
  • Gunakan subtitle (jika Anda bisa) – Sering kali, video ditonton tanpa suara, jadi subtitle tidak hanya akan membantu pembaca Anda, tetapi juga akan dihargai oleh mesin pencari.
  • HTML 5 Player – Pastikan Anda menggunakan pemutar yang tepat yang dapat dipahami oleh mesin pencari. Saat ini, pemutar HTML 5 adalah yang terbaik dan paling standar (HTML 5 juga merupakan pemutar YouTube, tetapi juga WordPress).

Menjawab pertanyaan spesifik (FAQ)

Tidak ada yang lebih “menarik” mesin telusur selain FAQ. Artikel yang menjawab pertanyaan seringkali adalah artikel yang muncul pertama kali di hasil pencarian.

Tetapi untuk dapat menunjukkan kepada mesin pencari bahwa Anda benar-benar menjawab pertanyaan pengguna, pastikan Anda telah menempatkan tajuk yang tepat di artikel Anda. Letakkan judul H2 di judul pertanyaan dan judul H3 di jawaban yang Anda berikan.

Apa itu SEO Off-Site dan bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya

Berbeda dengan SEO On-Site, SEO Off-Site memerlukan teknik tertentu yang tidak termasuk pekerjaan yang dilakukan di dalam blog kita. Biasanya, SEO Off-Site adalah segala hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peringkat SEO kita, tetapi dari situs web eksternal.

Google Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda mengakses informasi penting tentang blog Anda dan pengguna yang mengunjunginya. Anda dapat menggunakannya untuk melihat berapa banyak pengguna yang mengunjunginya dan bagaimana mereka menemukannya, apakah mereka pengguna seluler atau pengguna desktop, dan halaman mana dari blog Anda yang paling populer. Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan peta situs blog Anda, melihat kesalahan apa pun, dan membuat atau memeriksa file robots.txt Anda.

Guest Blog

Mari kita mulai dari dasar: Istilah ” Guest Blog atau Blogging tamu ” berarti Anda menulis dan menerbitkan artikel di blog atau situs web lain, gratis. Ya, Anda membacanya dengan benar, Anda menghabiskan waktu berkualitas di blog lain untuk menulis dan menerbitkan artikel untuk mereka tanpa imbalan – saat saya mengatakan imbalan, maksud saya uang. Saya memberikan opsi yang sama di Inkstory untuk penulis tamu.

Menurut Google dan beberapa blogger sukses, dalam hal SEO, blogging tamu lima kali lebih berharga daripada menerbitkan artikel di blog Anda sendiri. Selama ada backlink aktif yang mengarah ke blog Anda di dalam artikel tamu yang telah Anda publikasikan, nilai blog Anda akan meningkat seiring waktu di mesin pencari (termasuk Google, Yahoo, dan Bing).

Baca lebih lanjut tentang blog tamu:

Tautan Balik Eksternal

Tautan eksternal atau tautan balik pada dasarnya adalah tautan ke blog lain yang mengarah ke blog Anda. Misalnya, jika Inkstory menyebutkan blog Anda di suatu tempat dan menautkannya, maka Anda akan mendapatkan backlink eksternal. Anda hanya bisa mendapatkan satu backlink eksternal dari setiap nama domain. Misalnya, jika Anda telah menulis empat artikel tamu yang berbeda di sebuah blog, maka hanya satu yang dihitung dan bukan sisanya – setidaknya tidak dalam total nama domain yang mengirimi Anda tautan balik.

Semakin banyak backlink eksternal do-follow yang Anda miliki, semakin tinggi skor SEO blog Anda secara keseluruhan. Untuk melihat semua tautan balik eksternal yang dimiliki blog Anda, buka Google Search Console, buka bagian “Tautan” atau “Tautan” dan dari sana lihat situs tautan teratas.

Media sosial

Meskipun jejaring sosial tidak membantu peringkat blog Anda dan skor SEO keseluruhan, beberapa merupakan bagian dari SEO Off-Site dan merupakan bagian dari strategi apa pun. Dalam strategi ini, Twitter, Reddit, dan Tumblr adalah pilihan terbaik. Ketiga jejaring sosial tersebut muncul di hasil pencarian Google, dengan Reddit sebagai yang pertama dan terpenting, jadi memiliki beragam postingan yang ditautkan ke blog Anda merupakan nilai tambah yang besar.

Twitter dan Tumblr akan memberi Anda ping sosial yang hebat, sementara Reddit memberi Anda SEO Off-Site ekstra. Anda masih dapat mengembangkan SEO Off-Site Anda dengan menulis artikel di LinkedIn dan mengunggah banyak gambar ke Pinterest. Artikel LinkedIn memiliki SEO yang bagus dan muncul di hasil pencarian Google dan Bing, dan Anda dapat menggunakan Pinterest untuk memperluas SEO Off-Site dari foto Anda.

Cara meningkatkan SEO suatu situs

Pada tulisan ini, berikut ini adalah cara terbaik untuk memastikan SEO situs web Anda tinggi.

  1. Berinvestasi di perusahaan Web Hosting yang andal

    Karena kecepatan setiap situs web merupakan faktor kunci untuk pencarian Google dan juga untuk Iklan Google, Anda harus menggunakan paket hosting web yang bagus yang cepat dan stabil. Saat ini, server lambat yang lambat memuat halaman hanya dapat membawa hasil negatif.

  2. Gunakan plugin SEO seperti Rank Math

    Hanya dengan menggunakan plugin Anda dapat meningkatkan SEO website WordPress Anda hanya dalam hitungan menit. Rank Math adalah pilihan yang bagus karena versi gratisnya menyediakan lebih banyak fitur dan kemampuan daripada versi premium dari plugin pesaing lainnya. Oleh karena itu, ini menjadi ideal untuk hampir semua situs web yang dapat Anda bayangkan.

    Dengan Rank Math Anda akan langsung membuat Peta Situs, file Robots.txt, Anda akan dapat memperbaiki tautan yang rusak, langsung menghubungkan Rank Math dengan Google dan Bing, serta mengoptimalkan artikel dan halaman Anda dengan kuat.

  3. Memperbaiki semua bug di Google Search Console dan Bing Webmaster Tools

    Setiap situs web harus ditautkan dan dimasukkan ke Google Search Console dan Alat Webmaster Bing. Kedua alat ini sangat penting bagi mereka yang ingin memiliki kendali penuh atas blognya dan melacak setiap masalah/kesalahan yang terjadi. Mengetahui dan memahami cara kerja alat-alat ini tidak hanya akan memberi Anda hasil [positif] yang besar dalam skor SEO situs web Anda, tetapi juga akan membantu Anda memahami bagaimana mereka menemukan Anda.

    Agar website menjadi “sehat”, Anda harus memastikan bahwa tidak ada masalah/bug yang belum terselesaikan di kedua tools ini. Apa pun yang muncul harus diperbaiki sesegera mungkin untuk terus menjaga “perilaku situs web yang baik” untuk Google.

  4. Investasikan dalam tema premium

    Meskipun tema gratis bagus untuk memulai blog, mereka tidak menyediakan kode kualitas yang sama dan fitur serta kemampuan penting yang mungkin dibutuhkan sebagian besar blogger. Tema premium yang bagus dan andal akan memberi Anda semua fitur, opsi pemformatan dan fungsionalitas, serta fitur yang Anda perlukan untuk memiliki desain yang dirancang dengan baik. Tema premium juga dioptimalkan dengan lebih baik untuk mesin pencari dan seringkali dapat dilakukan lebih cepat dengan beberapa langkah sederhana.

  5. Gunakan alat SEO untuk pemeriksaan tambahan

    Meskipun sebagian besar alat SEO cukup “robot” dengan hasilnya, mereka pasti akan membantu Anda menyelesaikan beberapa hal dasar yang akan menguntungkan SEO. Skor Anda tidak perlu mencapai 100%, selama melewati 80% berarti berada pada level yang sangat baik.

    Alat tersebut adalah Ubersuggest , Seobility , SEO Site Checkup dan SiteChecker .

  6. Gunakan layanan CDN

    Tidak diragukan lagi bahwa penggunaan layanan CDN saat ini adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Bagi mereka yang tidak ingin berinvestasi dalam layanan tambahan, mereka dapat menggunakan paket gratis CloudFlare . Jika Anda masih tertarik untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi dan kecepatan yang lebih baik, maka layanan premium seperti Gumlet dan BunnyCDN adalah pilihan yang ideal.

    Layanan CDN akan menyediakan semua file yang diperlukan (di antara HTML, CSS, JavaScript, dan foto / video) dari berbagai server (server) tergantung pada area masing-masing pengunjung. Misalnya, jika seseorang mengunjungi blog Anda dari Jerman, file akan dimuat dari server Jerman sehingga lebih cepat dibuka. Jika seseorang mengunjungi blog Anda dari Amerika, file akan dimuat dari server Amerika, dll.

  7. Optimalkan foto

    Foto memainkan peran yang sama pentingnya dalam SEO. Coba pikirkan berapa banyak orang yang mencari gambar di Google setiap hari dan kemudian mengunjungi situs web yang menyediakannya. Foto Google adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas tambahan dari mesin pencari.

    Pastikan Anda telah menyiapkan Rank Math untuk secara otomatis menambahkan judul, deskripsi, dan deskripsi alt ke foto Anda, atau Anda telah menambahkan semua ini secara manual ke setiap foto yang telah Anda unggah ke blog Anda. Lagi pula, agar mesin pencari lebih memahami foto apa yang “dilihatnya”, Anda juga harus memberikan informasi yang diperlukan.

  8. Gunakan kata kunci yang diperlukan

    Kata kunci penting baik untuk artikel yang tulis maupun untuk halaman dan kategori yang buat. Pastikan Anda mengoptimalkan artikel Anda dengan benar dengan memasukkan kata kunci di judul, di paragraf pertama artikel, di judul artikel, di deskripsi foto, dan setidaknya beberapa kali di teks Anda.

    Alat SEO seperti Rank Math dan Yoast SEO dapat banyak membantu Anda dengan memberi Anda informasi tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan artikel, halaman, atau kategori dengan lebih baik. Alat yang sama juga dapat digunakan di toko online yang berjalan di WooCommerce.

    Anda juga dapat menggunakan alat seperti Perencana Kata Kunci Google untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk topik yang Anda tulis. Google Trends dan Twitter Explore juga merupakan alat hebat untuk melihat apa yang dicari kebanyakan orang.

  9. Berikan dasar pada struktur konten Anda

    Jika struktur artikel tidak benar, maka tidak akan pernah mendapatkan hasil yang diinginkan. Dengan menyusun artikel yang saya maksud adalah bagaimana Anda menulisnya dan apa yang Anda gunakan di dalamnya untuk menyampaikan informasi dan teks dengan sebaik-baiknya. Misalnya, tahukah Anda bahwa hal berikut memainkan peran penting dalam menentukan peringkat artikel di hasil penelusuran?

    1. Judul (H1 yang merupakan judul, H2, H3, H4, H5, H6)
    2. Tabel
    3. Daftar
    4. Video
    5. Foto beresolusi tinggi dengan deskripsi dan judul
    6. Tautan ke artikel lain dan halaman blog Anda

    Pastikan untuk selalu membagi konten Anda menjadi beberapa bagian dengan meletakkan judul sebanyak mungkin, dari yang terbesar hingga yang terkecil, dan gunakan Tabel atau Daftar tambahan untuk memberikan informasi tertentu dengan cara yang lebih tepat. Foto beresolusi tinggi juga penting untuk membuat Google tertarik dan memeringkat Anda di Google Discover , dan juga muncul di hasil penelusuran. Video juga muncul di hasil , jadi pastikan itu milik Anda untuk lebih meningkatkan lalu lintas. Tautan balik internal juga penting, jadi pastikan saat Anda menulis artikel serupa yang Anda tautkan bersama.

Saya akan terus memperbarui artikel setiap kali ada sesuatu yang baru atau perubahan yang dilakukan pada algoritma mesin pencari. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang SEO situs web Anda, jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di akhir artikel dan saya akan dengan senang hati membantu Anda.

Baca Juga:  Subdomain vs Subdirectory Mana yang Lebih Baik untuk SEO?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *