Edukasi

Pelajari Modul PMM Mengenal Rapor Pendidikan dalam Struktur Profil Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen

×

Pelajari Modul PMM Mengenal Rapor Pendidikan dalam Struktur Profil Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen

Sebarkan artikel ini
Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pelajari yuk Modul PMM Mengenal Rapor Pendidikan dalam Struktur Profil Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen berikut ini.

Dimensi Rapor Pendidikan yang terdapat di jenjang pendidikan dasar dan menengah dapat diartikan sebagai hasil evaluasi terhadap satuan pendidikan.

Hadirnya Rapor Pendidikan yang memiliki ciri khas masing-masing di setiap jenjang pendidikan sangat penting untuk ibu dan bapak kenali dan pelajari.

Kehadiran Rapor Pendidikan Pendidikan ini diharapkan bisa meningkatkan dan memajukan kualitas pendidikan di masing-masing satuan pendidikan.

Berikut ini struktur profil dimensi rapor pendidikan untuk jenjang dikdasmen:

Struktur Profil Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen

1. Output

Komponen output pada satuan pendidikan berkaitan dengan kualitas Capaian Pembelajaran peserta didik.

Berikut ini pembagian dimensi pada komponen output:

  • Dimensi A: Mutu dan relevansi hasil belajar murid.
  • Dimensi B: Pemerataan pendidikan yang bermutu (Dimensi ini hanya relevan bagi pemerintah daerah).

2. Proses

Komponen proses pada satuan pendidikan terkait dengan kualitas proses belajar siswa.

  • Kualitas Proses Belajar Siswa.
    • Di dalam komponen ini terdapat Dimensi D yaitu Mutu dan relevansi pembelajaran.

3. Input

Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sekolah.

  • Dimensi C: Kompetensi dan kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  • Dimensi E: Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Dari kelima dimensi tadi, terdapat dimensi yang tidak menjadi kewenangan satuan pendidikan, yaitu Dimensi B. Dimensi B adalah kewenangan dan urusan pemerintah daerah.

Silahkan pelajari lebih lanjut mengenai struktur profil Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen dalam pelatihan PMM.

Rinci dan Mendetail: Pemahaman Mendalam tentang Struktur Profil Dimensi Rapor Pendidikan

Dimensi Output

Dimensi A: Mutu dan Relevansi Hasil Belajar Murid

Mutu dan relevansi hasil belajar murid merupakan indikator utama dalam menilai efektivitas pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah. Kriteria ini menilai sejauh mana capaian pembelajaran yang diperoleh siswa sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:  Berikan Penjelasan, Metode Apa yang Tepat Digunakan untuk Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang?

Faktor yang mempengaruhi:

  • Kurikulum yang Relevan: Seberapa baik kurikulum yang diterapkan dapat memenuhi kebutuhan siswa dan tuntutan zaman.
  • Metode Pembelajaran: Efektivitas metode yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi.
  • Evaluasi dan Ujian: Kualitas dan relevansi sistem evaluasi yang digunakan untuk menilai pencapaian siswa.

Dimensi B: Pemerataan Pendidikan yang Bermutu

Pemerataan pendidikan yang bermutu adalah dimensi yang difokuskan pada upaya pemerintah daerah untuk memastikan setiap anak memiliki akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas. Dimensi ini tidak menjadi tanggung jawab langsung satuan pendidikan, melainkan lebih pada kebijakan dan pengaturan oleh pemerintah daerah.

Faktor yang mempengaruhi:

  • Ketersediaan Sarana dan Prasarana: Infrastruktur pendidikan yang memadai di seluruh daerah.
  • Distribusi Tenaga Pendidik: Pemerataan jumlah dan kualitas guru di berbagai daerah.
  • Kebijakan Pemerintah: Program dan kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pemerataan pendidikan.

Dimensi Proses

Dimensi D: Mutu dan Relevansi Pembelajaran

Mutu dan relevansi pembelajaran mencakup berbagai aspek yang menentukan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Dimensi ini mengukur bagaimana proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Faktor yang mempengaruhi:

  • Strategi Pembelajaran: Metode dan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi.
  • Keterlibatan Siswa: Tingkat partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses belajar.
  • Lingkungan Belajar: Suasana kelas dan sekolah yang mendukung proses pembelajaran yang efektif.

Dimensi Input

Dimensi C: Kompetensi dan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan faktor krusial dalam menentukan kualitas pendidikan. Dimensi ini menilai kemampuan, keterampilan, dan profesionalisme guru serta staf pendidikan lainnya.

Faktor yang mempengaruhi:

  • Kualifikasi dan Sertifikasi Guru: Tingkat pendidikan dan sertifikasi yang dimiliki oleh guru.
  • Pengembangan Profesional: Program pelatihan dan pengembangan yang disediakan untuk meningkatkan kompetensi guru.
  • Kinerja dan Evaluasi: Sistem penilaian kinerja guru dan tenaga kependidikan.
BACA JUGA:  Peran Pers Sebagai Pilar Keempat Demokrasi

Dimensi E: Pengelolaan Sekolah yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel

Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel menilai bagaimana sekolah dikelola dengan melibatkan semua pihak terkait dan menjalankan prinsip-prinsip tata kelola yang baik.

Faktor yang mempengaruhi:

  • Partisipasi Komunitas: Keterlibatan orang tua, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya dalam pengelolaan sekolah.
  • Transparansi: Keterbukaan dalam pengelolaan keuangan dan sumber daya sekolah.
  • Akuntabilitas: Pertanggungjawaban atas kebijakan dan keputusan yang diambil oleh manajemen sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *