20 Soal dan Kunci Jawaban Post Assessment Guru Belajar PKH

20 Soal Beserta Kunci Jawaban Post Assessment Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) Versi PMM Kurikulum Merdeka

Dalam rangka mendukung Guru Penggerak di seluruh Indonesia, FOKUS telah merangkum 20 soal beserta kunci jawaban Post Assessment Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) versi PMM Kurikulum Merdeka. Artikel ini bertujuan membantu para guru memahami konsep-konsep penting dalam pembelajaran Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) yang relevan untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Baca juga: Kunci Jawaban Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pos Test Kurikulum Merdeka Modul 2, Mendidik dan Mengajar

Mari kita simak dengan seksama soal dan kunci jawaban Post Assessment Guru Belajar Seri PKH Kurikulum Merdeka yang bisa menjadi referensi bagi Guru Penggerak.

Apa Itu Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)?

Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) adalah program pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan sehari-hari. Melalui PKH, siswa dibekali dengan keterampilan praktis seperti pengelolaan emosi, berkomunikasi, menghadapi konflik, hingga memahami kesehatan reproduksi.

Dalam Kurikulum Merdeka, PKH menjadi salah satu elemen penting yang membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi realitas kehidupan yang kompleks, tidak hanya dari segi akademik tetapi juga aspek sosial, emosional, dan fisik. Dengan memfokuskan pada pengembangan keterampilan hidup, siswa dapat tumbuh menjadi individu yang lebih resilien, mandiri, dan memiliki kemampuan beradaptasi.

Baca juga: Cara Agar Kinerja di PMM Menjadi 100 Persen, Panduan Praktis

Manfaat Post Assessment PKH

Melalui Post Assessment PKH, Guru Penggerak diharapkan mampu:

  • Mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
  • Menguji keterampilan praktis yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengidentifikasi area yang memerlukan pengembangan lebih lanjut dalam pembelajaran PKH.

Berikut ini adalah 20 soal beserta kunci jawabannya yang diambil dari Post Assessment Guru Belajar Seri PKH Kurikulum Merdeka.

1. Cara Menyelesaikan Konflik

Soal:
Ada berapa cara untuk menyelesaikan konflik, salah satunya yaitu meminta seseorang dari posisi yang lebih tinggi, misalnya guru, untuk menyelesaikan konflik antar siswa-siswinya. Disebut dengan istilah apakah cara tersebut?

Pilihan Jawaban:

  • A. Agresi
  • B. Otoritas
  • C. Kompromi
  • D. Negosiasi

Jawaban: D. Negosiasi

Pembahasan:
Dalam konteks penyelesaian konflik, negosiasi adalah cara di mana pihak-pihak yang berselisih duduk bersama dan mencoba mencapai kesepakatan. Guru dapat berperan sebagai fasilitator untuk membantu menyelesaikan konflik antar siswa dengan metode ini.

2. Konsep 4R dalam Mengurangi Limbah

Soal:
Salah satu cara yang dapat kita lakukan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan adalah dengan mengurangi jumlah limbah yang kita produksi dengan “empat R”. Dibawah ini yang bukan merupakan konsep 4R adalah?

Pilihan Jawaban:

  • A. Reduce
  • B. Relocate
  • C. Reuse
  • D. Recycle

Jawaban: B. Relocate

Pembahasan:
Konsep 4R adalah Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan Recover (memulihkan). Relocate tidak termasuk dalam konsep 4R karena tidak relevan dengan manajemen limbah.

3. Memberikan Pujian yang Tepat

Soal:
Memberikan pujian merupakan perilaku untuk menunjukkan apresiasi (penghargaan). Bagaimana bentuk pujian yang memiliki dampak terbesar pada seseorang?

Pilihan Jawaban:

  • A. Menekankan pada proses yang dialami oleh seseorang
  • B. Menekankan pada hasil akhir dari perbuatan/perilaku seseorang
  • C. Menekankan pada niat awal yang dimiliki seorang
  • D. Menekankan pada kemampuan yang dimiliki seseorang

Jawaban: A. Menekankan pada proses yang dialami oleh seseorang

Pembahasan:
Pujian yang paling efektif adalah yang menekankan proses atau usaha yang telah dilakukan seseorang. Hal ini membantu seseorang merasa dihargai atas upayanya, bukan hanya hasil akhirnya.

Baca juga: 7 Soal dan Jawaban Post Test Modul 6: Implementasi Pembelajaran Efektif di PMM

4. Perbedaan PKH dengan Mata Pelajaran Lain

Soal:
Ada empat alasan utama yang membedakan PKH dengan mata pelajaran lainnya. Apakah satu diantaranya?

Pilihan Jawaban:

  • A. Sebelum mengikuti pelajaran PKH, anda harus mengerti dahulu tentang bimbingan konseling siswa-siswi
  • B. Di PKH diajarkan sejarah tentang berbagai budaya di Indonesia
  • C. Di PKH membahas kehidupan dan isu yang terjadi sehari-hari
  • D. Hanya wali kelas saja yang dapat mengajarkan PKH

Jawaban: C. Di PKH membahas kehidupan dan isu yang terjadi sehari-hari

Pembahasan:
PKH membedakan diri dari mata pelajaran lain dengan fokusnya pada kehidupan sehari-hari dan keterampilan praktis yang relevan, seperti mengelola emosi, beradaptasi dengan perubahan sosial, serta menjaga kesehatan fisik dan mental.

5. Keterampilan Hidup: Resilien

Soal:
Ada 13 keterampilan hidup, salah satunya adalah mampu untuk bangkit kembali setelah melewati pengalaman yang sulit. Keterampilan hidup apakah yang dimaksud?

BACA JUGA :  Kunci Jawaban Post Test Modul 1 & 2 PBD di Satuan Pendidikan Platform Merdeka

Pilihan Jawaban:

  • A. Berkomunikasi
  • B. Mengelola stres dan perasaan
  • C. Berempati
  • D. Resilien (Ketahanan)

Jawaban: D. Resilien (Ketahanan)

Pembahasan:
Resilien adalah kemampuan untuk bangkit kembali setelah menghadapi kesulitan atau tekanan. Ini adalah salah satu keterampilan hidup yang penting untuk diajarkan dalam PKH.

6. Strategi Mendukung Pembelajaran Modul 1

Soal:
Pembelajaran pada modul 1 adalah tentang identitas diri, mengekspresikan perasaan, pubertas, dan pencitraan tubuh yang positif. Manakah strategi yang disarankan untuk mendukung siswa-siswi dalam menyelesaikan modul 1?

Pilihan Jawaban:

  • A. Meminta siswa-siswi membagikan informasi pribadinya sebagai contoh pembelajaran
  • B. Meminta tenaga ahli untuk mendukung anda dalam memfasilitasi pertemuan yang menurut anda sulit dan sensitif
  • C. Sampaikanlah materi pembelajaran tanpa mempersilakan siswa-siswi anda bertanya apa pun terutama pada pertemuan dengan materi yang sensitif
  • D. Jika ada tema yang dirasa canggung, lewatkan

Jawaban: A. Meminta siswa-siswi membagikan informasi pribadinya sebagai contoh pembelajaran

Pembahasan:
Dalam modul yang membahas identitas diri dan pubertas, melibatkan siswa dalam membagikan pengalaman atau informasi pribadinya adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat pembelajaran lebih relevan dan bermakna.

7. Pengertian Identitas Diri

Soal:
Manakah pernyataan yang tepat tentang identitas diri?

Pilihan Jawaban:

  • A. Identitas diri tidak hanya mengacu pada karakteristik fisik kita, tetapi hal-hal yang terlihat yang membuat kita unik seperti sikap dan kualitas diri kita
  • B. Identitas diri hanya mengacu pada jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, warna kulit, dan silsilah keluarga
  • C. Identitas diri adalah cerminan yang bukan berasal dari keluarga, gender, budaya, etnis, dan proses sosialisasi
  • D. Identitas diri adalah apa yang orang lain katakan tentang diri kita dari sisi sikap dan keterampilan yang kita miliki

Jawaban: A. Identitas diri tidak hanya mengacu pada karakteristik fisik kita, tetapi hal-hal yang terlihat yang membuat kita unik seperti sikap dan kualitas diri kita

Pembahasan:
Identitas diri meliputi karakteristik fisik dan non-fisik, seperti kepribadian, sikap, dan nilai-nilai pribadi yang membuat seseorang unik.

8. Cara Mengelola Perasaan Negatif

Soal:
Memiliki pikiran dan perasaan negatif boleh saja terjadi, tetapi cobalah untuk memikirkan cara yang lebih positif untuk mengungkapkannya. Apakah salah satu cara untuk mengelola perasaan negatif?

Pilihan Jawaban:

  • A. Bayangkanlah hal-hal yang tidak menyenangkan
  • B. Bisikkan kata-kata positif ke dalam diri sendiri
  • C. Mengurung diri sendiri di kamar
  • D. Lakukan aktivitas yang sama meskipun membosankan

Jawaban: B. Bisikkan kata-kata positif ke dalam diri sendiri

Pembahasan:
Salah satu teknik untuk mengelola perasaan negatif adalah dengan membisikkan kata-kata positif kepada diri sendiri, yang dapat membantu mengubah pola pikir menjadi lebih optimis.

9. Menangani Perasaan Cemas

Soal:
Ketika siswa merasa cemas, sangat penting untuk memberikan waktu dan ruang agar mereka bisa memproses perasaannya. Manakah dari pilihan berikut yang merupakan salah satu strategi untuk membantu siswa menangani kecemasan?

Pilihan Jawaban:

  • A. Biarkan siswa menyendiri hingga mereka tenang
  • B. Ajarkan siswa untuk fokus pada hal-hal yang dapat mereka kendalikan
  • C. Arahkan siswa untuk selalu menghindari situasi yang memicu kecemasan
  • D. Abaikan perasaan cemas siswa, fokus pada akademik

Jawaban: B. Ajarkan siswa untuk fokus pada hal-hal yang dapat mereka kendalikan

Pembahasan:
Strategi yang efektif untuk membantu siswa menangani kecemasan adalah dengan mengajarkan mereka untuk fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali mereka. Ini membantu siswa merasa lebih berdaya dan mengurangi perasaan cemas yang berlebihan.

10. Dampak Positif Menerima Perubahan

Soal:
Mengapa penting bagi siswa untuk menerima perubahan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari?

Pilihan Jawaban:

  • A. Agar siswa bisa menghindari situasi yang tidak diinginkan
  • B. Agar siswa dapat beradaptasi dengan lebih baik dan melihat peluang di balik perubahan
  • C. Supaya siswa tidak perlu berusaha keras menghadapi tantangan
  • D. Supaya siswa bisa selalu berada dalam zona nyaman

Jawaban: B. Agar siswa dapat beradaptasi dengan lebih baik dan melihat peluang di balik perubahan

Pembahasan:
Menerima perubahan sebagai bagian dari kehidupan penting untuk meningkatkan kemampuan adaptasi siswa. Hal ini juga membantu mereka melihat peluang yang mungkin muncul di tengah perubahan, sehingga mereka lebih fleksibel dalam menghadapi situasi baru.

Baca juga: Bagaimana Asesmen Dapat Dikaitkan dengan Pembelajaran Menurut Kurikulum Merdeka?

11. Kesehatan Mental dan Fisik

Soal:
Mengapa penting untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya keseimbangan antara kesehatan mental dan fisik?

Pilihan Jawaban:

  • A. Karena kesehatan mental lebih penting daripada kesehatan fisik
  • B. Karena keduanya saling mempengaruhi dan mendukung kualitas hidup seseorang
  • C. Karena kesehatan fisik bisa diperbaiki kapan saja
  • D. Karena kesehatan mental hanya penting untuk orang dewasa
BACA JUGA :  Adakah Budaya/Adat/Tradisi yang Khas di Sekolah Ibu/Bapak? Seperti Apakah Itu?

Jawaban: B. Karena keduanya saling mempengaruhi dan mendukung kualitas hidup seseorang

Pembahasan:
Kesehatan mental dan fisik memiliki hubungan timbal balik. Keseimbangan antara keduanya sangat penting untuk mendukung kualitas hidup yang optimal, karena kesehatan mental yang buruk dapat mempengaruhi fisik, begitu juga sebaliknya.

12. Keterampilan Mengelola Stres

Soal:
Salah satu keterampilan hidup yang penting adalah kemampuan mengelola stres. Manakah cara yang paling efektif untuk membantu siswa mengelola stres?

Pilihan Jawaban:

  • A. Menghindari tantangan yang sulit
  • B. Berolahraga secara rutin dan menjaga pola tidur yang baik
  • C. Terus bekerja tanpa henti agar bisa menyelesaikan semua tugas
  • D. Mengabaikan stres karena akan hilang dengan sendirinya

Jawaban: B. Berolahraga secara rutin dan menjaga pola tidur yang baik

Pembahasan:
Olahraga rutin dan tidur yang cukup adalah strategi yang sangat efektif untuk mengelola stres. Keduanya dapat meningkatkan kondisi fisik dan mental, serta membantu tubuh dan pikiran menghadapi tekanan dengan lebih baik.

13. Menghadapi Konflik dengan Pendekatan Kolaboratif

Soal:
Dalam menyelesaikan konflik, pendekatan kolaboratif adalah salah satu yang direkomendasikan. Apa yang dimaksud dengan pendekatan kolaboratif?

Pilihan Jawaban:

  • A. Setiap pihak harus mengikuti aturan yang ada
  • B. Setiap pihak bekerja sama untuk mencari solusi yang menguntungkan semua pihak
  • C. Salah satu pihak harus mengalah
  • D. Pihak yang lebih kuat akan mengambil keputusan akhir

Jawaban: B. Setiap pihak bekerja sama untuk mencari solusi yang menguntungkan semua pihak

Pembahasan:
Pendekatan kolaboratif melibatkan setiap pihak dalam konflik untuk bekerja sama dan menemukan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak. Ini menciptakan hasil yang saling menguntungkan dan memperkuat hubungan antar individu.

14. Pentingnya Pemahaman Diri

Soal:
Mengapa penting bagi siswa untuk memiliki pemahaman diri yang baik?

Pilihan Jawaban:

  • A. Supaya mereka bisa menghindari interaksi sosial
  • B. Agar siswa dapat mengenali kekuatan dan kelemahannya serta bagaimana cara berkembang
  • C. Supaya mereka bisa membandingkan diri dengan teman-temannya
  • D. Agar mereka bisa lebih mudah berkompetisi dalam akademik

Jawaban: B. Agar siswa dapat mengenali kekuatan dan kelemahannya serta bagaimana cara berkembang

Pembahasan:
Pemahaman diri membantu siswa mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, sehingga mereka dapat mengambil langkah yang tepat untuk berkembang dan mencapai potensi maksimal dalam berbagai aspek kehidupan.

15. Pentingnya Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)

Soal:
Mengapa Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) penting untuk diajarkan di sekolah?

Pilihan Jawaban:

  • A. Karena PKH hanya berfokus pada keterampilan akademik
  • B. Karena PKH membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan sehari-hari
  • C. Karena PKH membantu siswa menguasai keterampilan matematika dan sains
  • D. Karena PKH memudahkan siswa dalam menghadapi ujian

Jawaban: B. Karena PKH membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan sehari-hari

Pembahasan:
PKH membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari dengan mengajarkan keterampilan seperti pengelolaan emosi, komunikasi yang efektif, dan bagaimana beradaptasi dengan perubahan sosial.

16. Ciri-Ciri Pertemanan yang Sehat

Soal:
Manakah salah satu ciri dari pertemanan yang baik?

Pilihan Jawaban:

  • A. Suportif
  • B. Obsesif
  • C. Posesif
  • D. Picik

Jawaban: A. Suportif

Pembahasan:
Pertemanan yang baik dan sehat ditandai dengan sifat suportif, di mana teman saling mendukung dalam berbagai aspek kehidupan. Mereka mendorong satu sama lain untuk tumbuh, belajar, dan menjadi lebih baik tanpa menuntut kontrol berlebihan atau perilaku yang negatif. Teman yang baik akan memberikan dorongan dan bantuan ketika dibutuhkan, bukan malah menjadi sumber tekanan.

Baca juga: Kunci Jawaban Modul 3 Self-Regulated Learning pada Platform Merdeka Mengajar (PMM)

17. Contoh Perundungan atau Bullying

Soal:
Manakah salah satu contoh dari perundungan atau bullying?

Pilihan Jawaban:

  • A. Membantu teman meningkatkan kepercayaan dirinya
  • B. Memuji teman yang berprestasi
  • C. Menyebarkan berita hoaks/palsu
  • D. Mengancam dengan cara membuat seseorang merasa takut atau terintimidasi

Jawaban: D. Mengancam dengan cara membuat seseorang merasa takut atau terintimidasi

Pembahasan:
Bullying adalah tindakan yang bertujuan untuk membuat seseorang merasa takut, tertekan, atau terintimidasi. Salah satu bentuk perundungan adalah melalui ancaman yang menciptakan ketakutan dalam diri orang lain. Perundungan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk secara verbal, fisik, atau bahkan secara online melalui media sosial (cyberbullying).

18. Fakta tentang HIV

Soal:
Manakah di bawah ini yang termasuk fakta tentang HIV?

Pilihan Jawaban:

  • A. HIV hanya menular pada orang gay (homoseksual)
  • B. Kamu tidak akan tertular IMS atau HIV jika kamu sudah menikah
  • C. Orang-orang yang hidup dengan HIV dapat menjalani hidup yang panjang dan bahagia
  • D. HIV dapat menular melalui gigitan nyamuk
BACA JUGA :  Salah Satu Keterampilan Utama dalam Coaching Adalah Keterampilan Mendengarkan dengan Aktif atau Sering

Jawaban: C. Orang-orang yang hidup dengan HIV dapat menjalani hidup yang panjang dan bahagia

Pembahasan:
Fakta yang benar tentang HIV adalah bahwa orang-orang yang hidup dengan HIV dapat menjalani hidup yang panjang dan berkualitas, asalkan mereka mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. Dengan adanya terapi antiretroviral (ARV) yang efektif, mereka dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang baik dan mengurangi risiko penularan HIV kepada orang lain. Banyak mitos tentang HIV, seperti penularan melalui gigitan nyamuk atau hanya terjadi pada kelompok tertentu, yang harus diluruskan.

19. Contoh Hak Sosial

Soal:
Manakah salah satu contoh hak sosial?

Pilihan Jawaban:

  • A. Hak untuk memilih saat pemilihan umum
  • B. Hak atas pendidikan
  • C. Hak untuk meyakini budaya tertentu
  • D. Hak atas kepemilikan pribadi

Jawaban: B. Hak atas pendidikan

Pembahasan:
Hak sosial mencakup hak-hak dasar yang diperlukan untuk partisipasi penuh dalam masyarakat, seperti hak atas pendidikan. Pendidikan adalah hak fundamental yang membantu seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan untuk menjadi anggota masyarakat yang produktif. Hak sosial juga meliputi akses terhadap pelayanan kesehatan, pekerjaan yang layak, dan perlindungan sosial lainnya.

20. Pengertian Gender

Soal:
Manakah yang merupakan pengertian gender?

Pilihan Jawaban:

  • A. Konsep hukum dan normatif yang menyatakan bahwa setiap manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya
  • B. Sebuah gagasan kebebasan dan kebahagiaan bagi seluruh negara dan/atau bangsa
  • C. Konsep budaya, norma, dan sosial terhadap standar perilaku, peran, dan tugas seorang manusia yang ditentukan berdasarkan jenis kelaminnya
  • D. Bentuk pertentangan alamiah yang dihasilkan oleh individu atau kelompok karena pihak yang terlibat berbeda sikap, kepercayaan, nilai, dan kebutuhannya

Jawaban: C. Konsep budaya, norma, dan sosial terhadap standar perilaku, peran, dan tugas seorang manusia yang ditentukan berdasarkan jenis kelaminnya

Pembahasan:
Gender adalah konsep yang merujuk pada peran, perilaku, dan norma sosial yang dianggap sesuai untuk pria dan wanita dalam suatu masyarakat. Ini berbeda dengan jenis kelamin yang bersifat biologis. Gender lebih mengacu pada konstruksi sosial dan budaya yang memengaruhi harapan masyarakat terhadap seseorang berdasarkan jenis kelaminnya. Pemahaman tentang gender penting untuk menghindari stereotip dan diskriminasi berbasis gender.

Baca juga: Pertanyaan Platform Merdeka Mengajar Modul 7: Setelah Belajar di Tahap Mahir Part 2


Penutup

Demikianlah ulasan lengkap mengenai 20 soal beserta kunci jawaban Post Assessment Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) versi PMM Kurikulum Merdeka. FOKUS berharap artikel ini dapat membantu para Guru Penggerak di seluruh Indonesia dalam memahami materi PKH dengan lebih baik dan memberikan panduan yang jelas dalam mengerjakan post-assessment.

Pendidikan Keterampilan Hidup adalah bagian penting dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan praktis dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Mulai dari keterampilan mengelola stres, berkomunikasi dengan efektif, hingga memahami konsep gender dan hak sosial, semua ini memainkan peran vital dalam membentuk generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan.

Jika Anda adalah seorang Guru Penggerak yang tengah mendalami materi PKH, FOKUS berharap artikel ini dapat membantu Anda dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa-siswa Anda. Jangan ragu untuk terus mencari informasi lebih lanjut dan memperkaya pengetahuan Anda tentang Pendidikan Keterampilan Hidup untuk mendukung siswa-siswa Anda menjadi individu yang lebih kuat dan mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *