Mengembangkan Tema-tema dalam Pembelajaran IPS di Sekolah

fokus edukasi
Pendidikan

Apakah Anda tertarik dengan cara-cara efektif untuk mengembangkan tema-tema dalam pembelajaran IPS di sekolah? Jika ya, mari diskusikan terkait pembahasan tersebut dan bagaimana pengalaman Anda mengembangkan tema-tema dalam pembelajaran IPS di sekolah. Artikel ini akan memberikan pandangan menyeluruh tentang pendekatan pembelajaran terpadu atau interdisipliner, yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu untuk membahas topik atau tema tertentu secara holistik dan autentik.

Pendekatan pembelajaran terpadu memungkinkan peserta didik untuk memahami kompleksitas dan keterkaitan antar disiplin ilmu. Selain itu, artikel ini akan membahas bagaimana peserta didik dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pengalaman langsung dan kegiatan yang beragam. Pengalaman ini membantu mereka mengingat dan memahami materi dengan lebih baik, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.

Kami juga akan mengulas langkah-langkah praktis dalam mengembangkan tema-tema pembelajaran IPS di sekolah, mulai dari pemilihan tema yang relevan hingga penyusunan aktivitas pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat pembelajaran IPS menjadi lebih menarik dan efektif bagi peserta didik. Jadi, mari kita mulai dengan diskusi terkait pembahasan tersebut dan bagaimana pengalaman Anda mengembangkan tema-tema dalam pembelajaran IPS di sekolah.

Mengembangkan tema-tema dalam pembelajaran IPS di sekolah adalah topik yang menarik untuk dibahas. Pembelajaran terpadu dalam IPS sering disebut dengan pendekatan interdisipliner, memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep secara holistik dan autentik. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai pengembangan tema-tema dalam pembelajaran IPS dan bagaimana pengalaman menerapkannya di sekolah.

BACA JUGA :  Indonesia Eksportir Karet, Australia Eksportir Gandum: Perdagangan Berbasis Sumber Daya Alam

Soal Lengkap

Pendekatan pembelajaran terpadu dalam IPS sering disebut dengan pendekatan interdisipliner.

Model pembelajaran terpadu pada hakikatnya meru-pakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 2016).

Salah satu di antaranya adalah memadukan Kompetensi Dasar.

Melalui pembelajaran terpadu peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksi kesankesan tentang hal-hal yang dipelajarinya.

Dengan demikian, peserta didik terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari.Pada pendekatan pembelajaran terpadu, program pembelajaran disusun dari berbagai cabang ilmu dalam rumpun ilmu sosial.

Pengembangan pembelajaran terpadu, dalam hal ini, dapat mengambil suatu topik dari suatu cabang ilmu tertentu, kemudian dilengkapi, dibahas, diperluas, dan diperdalam dengan cabang-cabang ilmu yang lain.

Topik/tema dapat dikembangkan dari isu, peristiwa, dan permasalahan yang berkembang, selanjutnya membentuk permasalahan yang dapat dilihat dan dipecahkan dari berbagai disiplin atau sudut pandang, contohnya banjir, pemukiman kumuh, potensi pariwisata, IPTEK, mobilitas sosial, modernisasi, revolusi yang dibahas dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial.

Diskusikan terkait pembahasan tersebut dan bagaimana pengalaman Anda mengembangkan tema-tema dalam pembelajaran IPS di sekolah

Contoh Jawaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *