Memasuki dunia coaching adalah sebuah perjalanan yang memerlukan keterampilan dan pemahaman mendalam tentang berbagai kompetensi yang diperlukan. Salah satu langkah penting dalam perjalanan ini adalah menguasai Kunci Jawaban Soal Post test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching. Artikel ini dirancang untuk membantu Anda tidak hanya memahami jawaban dari soal-soal post test modul tersebut, tetapi juga untuk mengaplikasikan kompetensi-kompetensi tersebut dalam praktik coaching sehari-hari.
Daftar Isi:
Dengan semangat “Yuk Berlatih Bersama”, kita akan menyelami lebih dalam bagaimana kompetensi-kompetensi ini dapat membentuk sesi coaching yang efektif dan memberikan dampak positif bagi coachee. Dari kehadiran utuh hingga mendengarkan aktif, setiap aspek akan kita bahas untuk memastikan bahwa Anda siap menjadi coach yang tidak hanya kompeten tetapi juga inspiratif.
Mari kita mulai perjalanan ini dengan memahami pentingnya setiap kompetensi yang diuji dalam Soal Post test Modul 2. Kita akan belajar bagaimana menerapkannya dalam situasi nyata, sehingga Anda dapat berlatih bersama dan tumbuh bersama coachee Anda. Ini bukan hanya tentang menemukan jawaban yang benar, tetapi juga tentang proses reflektif yang membawa kita ke pemahaman yang lebih mendalam tentang diri kita sebagai coach.
Jadi, apakah Anda siap untuk berlatih kompetensi coaching dan membuka pintu baru dalam karir coaching Anda? Ayo kita jelajahi bersama melalui artikel berikut!
Soal Post Test
Soal 1
Contoh praktik yang tepat dalam mendengarkan rekan pendidik lain secara aktif adalah:
- A. Memerhatikan kata kunci dari cerita rekan pendidik dan melakukan parafrasa untuk menyamakan pemahaman
- B. Memberikan nasihat dan saran berdasarkan pengalaman
- C. Memberikan solusi yang sesuai dengan permasalahan rekan pendidik
- D. Memberikan kesimpulan tentang cerita rekan pendidik ketika sudah mengetahui arah pembicaraan
Jawaban: A. Memerhatikan kata kunci dari cerita rekan pendidik dan melakukan parafrasa untuk menyamakan pemahaman
Penjelasan: Dalam praktik mendengarkan aktif, penting untuk fokus pada kata kunci dari cerita yang disampaikan. Dengan melakukan parafrasa, kita memastikan bahwa kita benar-benar memahami apa yang rekan pendidik maksudkan. Ini membantu menciptakan komunikasi yang jelas dan mengurangi kesalahpahaman.
Soal 2
Berikut adalah manfaat yang coach peroleh, ketika mendengarkan rekan pendidik lainnya secara aktif, kecuali:
- A. Dengan memahami pengalaman atau situasi dari sudut pandang rekan pendidik lainnya
- B. Memperoleh informasi tentang potensi yang rekan pendidik miliki
- C. Memperoleh asumsi dari pengalaman rekan pendidik yang telah diceritakan
- D. Mengetahui atau memahami tujuan yang ingin dicapai rekan pendidik
Jawaban: C. Memperoleh asumsi dari pengalaman rekan pendidik yang telah diceritakan
Penjelasan: Mendengarkan aktif bertujuan untuk memahami secara mendalam dan mendapatkan informasi nyata, bukan hanya asumsi. Asumsi bisa menyesatkan karena tidak berdasarkan fakta yang lengkap atau pemahaman yang sebenarnya.
Soal 3
Yang bukan merupakan tiga kompetensi utama coaching adalah:
- A. Mendengarkan aktif
- B. Mengarahkan tujuan
- C. Mengajukan pertanyaan berbobot
- D. Hadir secara utuh
Jawaban: B. Mengarahkan tujuan
Penjelasan: Tiga kompetensi utama coaching adalah mendengarkan aktif, mengajukan pertanyaan berbobot, dan hadir secara utuh. Mengarahkan tujuan bukan bagian dari kompetensi utama karena coaching lebih menekankan pada mendukung coachee untuk menemukan dan mencapai tujuannya sendiri.
Soal 4
Dalam coaching kita perlu memberikan serta memaksakan pendapat kita, supaya anak bisa terbantu dalam berpikir untuk menentukan masa depannya, maka pernyataan tersebut:
- A. Benar
- B. Salah
Jawaban: B. Salah
Penjelasan: Coaching yang baik adalah tentang membimbing tanpa memaksakan. Memberikan pendapat bisa membantu, tapi memaksakan pendapat kita bisa menghambat proses berpikir mandiri dan pengembangan diri anak.
Soal 5
Sebutkan kata tanya yang dapat kita gunakan dalam pertanyaan berbobot:
- A. Kenapa
- B. Apa
- C. Mengapa
- D. Ya atau Tidak
Jawaban: B. Apa
Penjelasan: Kata tanya “Apa” membantu membuka percakapan yang lebih luas dan mendalam tanpa menimbulkan perasaan dihakimi atau defensif, yang sering terjadi dengan pertanyaan “Kenapa” atau “Mengapa”.
Soal 6
Kompetensi adalah kemampuan untuk dapat hadir utuh bagi murid baik secara badan, pikiran, serta hati supaya selaras dengan murid ketika sedang melakukan percakapan. Kemampuan ini adalah salah satu dari kemampuan inti coaching yaitu…
- A. Mengajukan pertanyaan berbobot
- B. Kehadiran penuh /presence
- C. Kemampuan berbicara aktif
- D. Mendengarkan aktif/ menyimak
Jawaban: B. Kehadiran penuh /presence
Penjelasan: Kehadiran penuh berarti benar-benar hadir secara fisik, mental, dan emosional dalam setiap interaksi. Ini membantu membangun hubungan yang kuat dan mendukung proses coaching yang efektif.
Soal 7
Pada saat menjadi coach, apa yang harus guru atau pendidik lakukan? Jawaban di bawah ini semua betul, kecuali:
- A. Guru mendengarkan guna memahami kondisi siswa-siswi
- B. Guru berasumsi menjawab semua keinginan murid
- C. Guru mengajukan pertanyaan supaya murid memperoleh kesadaran baru akan situasi yang sedang dihadapi serta situasi yang ia inginkan di masa depan
- D. Memaksimalkan potensi diri
Jawaban: B. Guru berasumsi menjawab semua keinginan murid
Penjelasan: Sebagai coach, penting untuk tidak berasumsi tentang keinginan atau kebutuhan murid. Fokuslah pada mendengarkan dan bertanya untuk membantu murid menemukan jawabannya sendiri.
Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif
A. Kompetensi Berlatih Hadir Utuh
Latihan Pemahaman
- Kompetensi hadir utuh membantu kita untuk …
Jawaban: Kompetensi ini dapat menjadikan kita agar bisa lebih sabar.
Cerita Reflektif
- Apa rencana Anda untuk melatih kehadiran utuh dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Untuk melatih kehadiran utuh sehari-hari, saya akan melakukan meditasi, mempraktikkan kesadaran diri saat melakukan tugas-tugas rutin, dan mengambil waktu untuk bersantai tanpa gangguan teknologi.
B. Kompetensi Mendengarkan Aktif
Latihan Pemahaman
- Mengapa kemampuan mendengarkan aktif dalam coaching menjadi hal yang penting?
Jawaban: Saat coach mendengar aktif, coachee akan merasa dihargai dan memiliki ruang untuk tumbuh dan mengekspresikan pikiran serta perasaannya.
Cerita Reflektif
- Apa rencana Anda untuk melatih kehadiran utuh dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Untuk melatih kehadiran utuh sehari-hari, saya akan melakukan meditasi, mempraktikkan kesadaran diri saat melakukan tugas-tugas rutin, dan mengambil waktu untuk bersantai tanpa gangguan teknologi.
C. Kompetensi Mengajukan Pertanyaan Berbobot
Latihan Pemahaman
- Yang menyebabkan kepala sekolah TIDAK boleh menggunakan kata tanya mengapa dan kenapa dalam percakapan coaching adalah …
Jawaban: Hal tersebut dapat membuat guru merasa dihakimi.
Cerita Reflektif
- Apa rencana Anda untuk melatih kehadiran utuh dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Rencana saya adalah fokus pada kehadiran penuh dalam semua aktivitas sehari-hari, dengan kesadaran penuh terhadap pikiran dan perasaan yang terlibat dalam setiap tindakan fisik yang dilakukan.
Itulah kunci jawaban soal post test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching yang bisa kalian pelajari. Ingat, jawaban ini bisa dieksplorasi lebih lanjut untuk pemahaman yang lebih dalam. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!
Disclaimer: Jawaban di atas tidak mutlak benar. Jawaban tersebut bersifat terbuka untuk dieksplorasi lebih lanjut.
Sekian pembahasan kita tentang Kunci Jawaban Soal Post test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching. Semoga dengan ulasan ini, kalian bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan siap untuk mengaplikasikan ilmu coaching dalam kehidupan sehari-hari. Yuk Berlatih Bersama! 🌟